in

Frost Flower, Fenomena Udara Membeku Berbentuk Es Cantik yang Pernah Terjadi di Indonesia

Fenomena Frost Flower

Banyak fenomena-fenomena unik di dunia ini dan salah satunya adalah frost flower atau yang dikenal dengan bunga es. Jangan membayangkan bahwa bunga es ini dibuat dari es batu yang dibentuk menjadi bunga ya.

Baca juga : Nimati Pesona Bukit Jajar Gunung Kinayun Bogor

Tapi fenomena dari alam yang terjadi karena situasi yang mendukung dan berkaitan dengan suhu dingin. Fenomena langka ini juga pernah terjadi di Indonesia lho. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Berikut informasi selengkapnya.

Pembentukan Frost Flower

Frost flower terbentuk ketika suhu udara membeku, namun tanah belum berada pada titik beku. Biasanya waktu yang tepat untuk pembentukan bunga es ini adalah pada saat awal musim dingin dan akhir musim gugur. Bunga es ini dapat dijumpai pada tanaman dan kayu. Dinamakan dengan bunga es lantaran es tipis terdorong keluar dari tanaman atau kayu sehingga membuat sebuah pola lengkungan yang mirip dengan bunga.

Foto via Bobo.id

Karena pada saat suhu berada pada titik beku, getah pada tanaman akan mengembang sehingga menyebabkan rongga tipis yang terbentuk di sepanjang batang. Saat itulah air didorong keluar dari celah tersebut oleh kapiler dan membeku saat bertemu dengan udara. Sehingga terciptalah lapisan tipis es yang terdorong menjauh dari batang dan membuat pola melengkung berbentuk bunga.

Frost es di Ranupani

Pembentukan bunga es tersebut juga dapat terjadi pada kayu dan pagar. Fenomena unik ini juga biasa dijuluki dengan ice blossoms, ice castle bahkan crystallofolia. Hal mengejutkan lagi fenomena frost flower ini pernah terjadi di Indonesia. Tepatnya terjadi di Ranupani, Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur. Hal itu pernah terjadi pada saat suhu di Ranupani mencapai 4 derajat celcius pada 28 Juli 2021 lalu.

Foto via Lumajang Satu

Namun, bunga es yang terjadi di Ranupani bukanlah bunga es yang memiliki lengkungan layaknya bunga. Tapi air embun yang berubah menjadi es dan menyelimuti seluruh tanaman serta berkilauan layaknya permata. Dataran yang semula berwarna hijau berubah menjadi putih karena diselimuti dengan es. Setelah matahari terbit, es tersebut akhirnya mencair dan menghilang dari rerumputan dan dedaunan.

Fenomena embun es Dieng

Hal serupa juga pernah terjadi  di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Embun es ini muncul ketika musim kemarau tiba. Fenomena unik tersebut dapat ditemui pada kisaran bulan Juni, Juli, dan Agustus. Embun es setebal 0,5 cm pernah terjadi pada bulan Juni 2019 silam. Dikutip Detik.com, suhu di Dieng bisa mencapai 0 derajat celcius.

Foto via Suara Jateng

Fenomena unik tersebut banyak mengundang rasa penasaran wisatawan untuk meliat embun es secara langsung.  Hal itu dikarenakan Indonesa tidak memiliki musim dingin oleh karena itu fenomena tersebut cukup mengundang rasa penasaran banyak orang. Untuk dapat melihat frost flower yang mirip bunga itu, kamu harus pergi ke luar negeri yang memiliki musim dingin ya.

Fenomena unik tersebut cukup menyita banyak perhatian masyarakat, namun disayangkan ternyata frost flower yang ada di luar negeri dan di dalam negeri sedikit berbeda. Bila kamu ingin melihat frost flower yang mirip bunga tersebut, tak ada salahnya mencoba untuk berlibur ke negara lain saat sedang musim dingin. Next

ramadan
Allo Bank Food Festival Jakarta

Deretan Menu Favorit Pengunjung Di AlloBank Food Festival 2022

Gosong Senggora, Surganya Bahari Di Tanah Kotawaringin Barat