in

Gua Batu Cermin, Destinasi Wisata Cantik di Tanah Nusa Tenggara

Liburan Seru Bareng Sahabat
Liburan Seru Bareng Sahabat

Tanah Nusa Tenggara memang terkenal akan kecantikannya. Tidak kalah dengan Bali, Nusa Tengara Timur juga memiliki ribuan destinasi eksotis yang wajib untuk didatangi. Salah satunya adalah Gua Batu Cermin yang terletak di Manggarai, Flores. Wah, seperti apa sih keindahan objek wisata satu ini!

Baca juga : Laguna Pantai Bopong, Wisata Kekinian di Kebumen

1. Ada Gua Cermin di Flores, objek wisata satu ini terletak di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Tidak hanya eksotis, namun pesonanya bikin berdecak kagum, loh.

Batu Cermin Cave
Batu Cermin Cave [image source]

2. Menempati area seluas 19 hektar yang disebut bukit batu oleh masyarakat setempat. Sementara itu, tingginya mencapai 75 meter. Wah, cocok nih bagi penyuka tantangan.

Batu Cermin Labuan Bajo
Batu Cermin Labuan Bajo [image source]

3. Lalu, di manakah letak cerminnya? Ternyata yang dimaksud adalah dinding gua. Bagian ini bisa memantulkan cahaya matahari sehingga terlihat seperti cermin.

Batu Cermin NTT
Batu Cermin NTT [image source]

4. Lorong di sekitar batu cermin ini akan sangat gelap ketika malam hari atau cuaca di sana tengah mendung. Namun, saat cerah, cahaya matahari akan membuatnya terang benderang.

Goa Batu Cantik
Goa Batu Cantik [image source]

5. Dinding serta langit gua yang terdiri dari stalaktit dan stalagmit nampak berkilauan saat disinari cahaya senter atau matahari. Kilauan tersebut disebabkan oleh kandungan garam dalam air yang mengalir saat hujan turun.

Gua Batu Cermin
Gua Batu Cermin [image source]

6. Tidak banyak yang tahu jika gua ini sudah ditemukan sejak tahun 1951 oleh seorang arkeolog bernama Theodore Verhoven.

Liburan Seru Bareng Sahabat
Liburan Seru Bareng Sahabat [image source]

7. Dari temuan tersebut, Theodore Verhoven berpendapat jika Pulau Flores dulunya adalah dasar laut. Pernyataan tersebut berdasarkan temuan koral serta fosil satwa laut yang menempel di dinding gua.

Destinasi Wisata di Laboan Bajo
Destinasi Wisata di Laboan Bajo [image source]

8. Tidak hanya keeksotisan tempatnya, gua ini menyediakan sejumlah anak tangga yang bisa dinaiki untuk masuk ke lebih dalam.

Objek Wisata NTT
Objek Wisata NTT [image source]

9. Untuk keselamatan saat berlibur dalam gua, pengelola dan juga pemandu wisata meminta para wisatawan untuk memakai helm dan membawa senter. Tidak perlu khawatir, peralatan tersebut sudah tersedia kok.

Goa Batu Cermin
Goa Batu Cermin [image source]

10. Sebelum masuk ke Batu Cermin, cukup melewati loket pembayaran. Lalu, berjalan kaki melewati hutan bambu hingga sampai ke mulut gua.

Pintu Masuk Goa Cermin
Pintu Masuk Goa Cermin [image source]
Nama : Gua Batu Cermin
Alamat : Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Wah, sayang kan jika liburan ke tempat wisata Flores tidak mampir ke Gua Batu Cermin. Selain memiliki panorama yang tidak ada duanya, tetangga Lombok ini juga sangat menawan. Hanya butuh waktu 20 hingga 30 menit dari Laboan Bajo. Next

ramadan

5 Hal yang Jangan Dilakukan Saat Mendaki Agar Terhindar Sambaran Petir

Jendela, Villa di Bali Serasa Punya Taman Pribadi