in , , , ,

Gua Maria Air Sanih, Ziarah Umat Katolik di Pulau Dewata

Siapa yang tak mengenal pulau Bali, pulau dengan seribu pura, hingga ujun g nusantara pun semua orang mengenal Pulau Bali dengan sejuta Pura dimana mayoritas penduduknya menganut Hindu. Namun sisi lain tersempil juga tempat peziarah untuk umat khatolik. Namanya Gua Maria Air Sanih atau disingkat juga dengan nama Gomas. Terletak di wilayah Kecamatan Kubutambahan, sebagai tempat wisata religi, Gomas sering didatangi oleh masyarakat sekitar maupun yang bukan penganut Katolik.

Baca juga : Tradisi Natal Unik di Amerika, Ada Ornamen Acar di Pohon Natal

Goa Maria Air Sanih salah satu wisata ziarah umat khatolik di Pulau Bali. Foto via kintamani.id

Berawal dari sebuah gua dimana memiliki aliran air suci yang dikeramatkan oleh sebagian kecil masyarakat khatolik didaerah tersebut, kemudian salah satu pastor daerah setempat membeli tanah sekitar seluar 3 hektar untuk dijadikan tempat peziarah. Pembangunannya bertempat di Dusun Yeh Sanih (Yeh artinya air), sehingga Gua Maria itu diberi nama Gua Maria Air Sanih.

Letaknya yang berada sekitar 1 Km dari jalan raya utama, membuat tempat ini sangat sunyi dan tenang. Hal ini tentu sangat cocok untuk berdoa secara khusyuk mendekatkan diri dengan Tuhan sembari mencari ketenangan. Selain Goa Maria juga terdapat destinasi lainnya seperti wantilan atau pendopo di sekitar areal inti Gua Maria. Tersedia juga gazebo yang masih berada di dekat Gua Maria untuk sekadar duduk atau sebagai tempat untuk berdoa.

Pelataran Goa Maria Air Sanih yang luas. Foto via linetoday.com

Untuk mengenang kisah Yesus, ada area yang dilengkapi dengan empat belas gambaran perjuangan Yesus menebus dosa umat manusia atau disebut juga dengan jalan salib. Umat Katolik yang melakukan ziarah ke Gomas akan diberikan dua pilihan rute, ada rute jalan salib pendek dan jalan salib panjang. Kedua rute jalan salib itu akan berujung ke area inti Gua Maria, hanya saja jalan yang ditempuh akan berbeda.

Terdapat juga patung Celso Constantini, pendiri ordo CDD; sebagai penghormatan karena tempat ini didirikan dan dikelola oleh Romo yang berasal dari ordo CDD. Nah untuk peziarah yang ingin bermalam di area Goa Maria terdapat area kemah dan juga rumah joglo. Fasilitas lainnya speerti lahan parkir yang luas, toilet yang memadai, serta tersedia toko souvenir untuk kamu yang ingin membawa oleh oleh kerumah.

Para peziarah sedang menikamti rindangnya kawasan goa maria air sanih. Foto via gotravely.com

Gua Maria Air Sanih berada di wilayah Dusun Yeh Sanih, Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali, atau di Jalan Raya Singaraja-Amlapura/Jalan Raya Air Sanih. Dibuka untuk umum mulai dari jam 07.00 hingga jam 19.00 WITA. Next

ramadan

Jajanan Tradisional Entog-Entog, Si Bulat Imut Berbahan Jagung yang Enak dan Mengenyangkan

Tapian Rajo, Sensasi Makan di Tengah Sungai Lembah Ngarai Sianok