in

Sunyaragi Bukan Gua Biasa, di Sinilah Mitos Enteng dan Sulit Jodoh Berada

Gua SUnyaragi wajib traveler singgahi di Cirebon, via instagram

Umumnya satu destinasi wisata hanya memiliki satu mitos saja. Tapi tidak buat Gua Sunyaragi di Cirebon. Tempat ini memiliki dua mitos yang saling bertolak belakang dalam satu destinasi wisata. Di mana traveler yang berkunjung bisa enteng jodohnya, namun di sisi lain juga bisa bikin sulit dapat jodoh. Lho kog bisa?

Baca juga : Point Nemo, Lokasi yang Paling Sulit Dikunjungi Manusia Bumi

Ada satu tempat di Cirebon yang wajib traveler kunjungi karena memiliki sejarah panjang serta banyak mitos mengenai jodoh. Adalah Gua Sunyaragi, gua ini bukanlah gua biasa yang terbentuk dari fenomena alam yang terjadi di kawasan karst. Gua unik ini terbentuk dari susunan batu dan memang terlihat mirip dengan gua batu alami padahal gua ini adalah hasil karya tangan manusia.

Gua Sunyaragi, via instagram
Gua Sunyaragi, via instagram

Gua Sunyaragi yang pembuatannya diprakarsai oleh Pangeran Emas Zaenul Arifin atau Panembahan Ratu Pertama ini dibuat selama tiga periode di awal abad ke-18. Dahulu gua ini dipercaya sebagai tempat Sultan Cirebon dan keluarganya mencari ketenangan. Ada pula yang mengatakan gua ini sebagai tempat penggemblengan tentara kesultanan Cirebon.

Ada hal yang lebih unik mengenai Gua Sunyaragi, yaitu tentang mitos yang menyelubunginya. Dalam satu kompleks tempat terdapat dua mitos yang saling berseberangan. Mitos pertama berada di Gua Peteng, salah satu bagian Gua Sunyaragi. Di bagian depan pintu masuknya terdapat patung batu yang disebut Perawan Sunti. Konon siapa saja yang memegang batu ini maka akan mengalami sulit jodoh. Oleh sebab itu setiap pengunjung disarankan menggunakan pemandu agar tidak salah pegang batu.

Gua Sunyaragi punya banyak mitos, via instagram
Gua Sunyaragi punya banyak mitos, via instagram

Sedangkan mitos kedua ada di bagian lain gua, tepatnya di Gua Kelanggengan yang berada tidak jauh dari gua pertama tadi. Di sinilah setiap traveler yang masuk ke dalam gua dipercaya akan mendapatkan enteng jodoh. Mungkin bagi siapa saja yang tidak sengaja terlanjur memegang batu Perawan Sunti bisa mematahkan mitos dengan masuk ke Gua Kelanggengan.

Gua SUnyaragi wajib traveler singgahi di Cirebon, via instagram
Gua SUnyaragi wajib traveler singgahi di Cirebon, via instagram

Nah, buat traveler mau percaya atau tidak dengan mitos-mitos yang ada di kompleks gua Sunyaragi, yang pasti pesona gua di desa Sunyaragi, kecamatan Kesambi, kota Cirebon ini memang menarik untuk dikunjungi. Kamu kapan mau ke sini? Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Menguak Keindahan dan Keistimewaan Danau Purba Matano di Sulawesi Selatan

Terpikat Kecantikan Pantai Pikatan di Pacitan