in , ,

Terpikat Kecantikan Pantai Pikatan di Pacitan

Pantai Pikatan dengan kapal tanker yang kandas , via instagram/Donk Diadon

Pantai Pikatan. Sebelumnya tidak banyak traveler yang tahu nama pantai ini karena lokasinya yang memang tersembunyi. Hingga akhirnya pada suatu hari sebuah kapal tanker kandas di pantai ini dan menjadi tontonan warga. Foto-foto yang beredar di dunia maya menjadi viral dan membuat banyak traveler penasaran untuk datang ke lokasi.

Baca juga : 4 Spot Wisata Paralayang di Indonesia, Wajib Masuk List Liburan Setelah PPKM

Baca Juga : 10 Pantai Paling Hits di Pacitan, Kamu Musti Ke Sini!

Pacitan dikenal dengan julukan Kota 1001 Gua, namun belakangan malah pantai-pantainya yang kian berjaya. Mulai pertengahan tahun lalu, Pantai Pangasan muncul sebagai pendatang baru yang langsung mengambil hati pecinta traveling. Pantai ini terletak di desa Kalipelus, kecamatan Kebonagung yang mana lokasinya masih tersembunyi.

Pantai Pikatan dengan kapal tanker yang kandas , via instagram/Donk Diadon
Pantai Pikatan dengan kapal tanker yang kandas , via instagram/Donk Diadon

Belum reda euforia tentang keindahan Pantai Pangasan, menjelang akhir tahun 2015 muncul lagi satu nama yaitu Pantai Pikatan. Lokasi pantai ini berada di sisi barat pantai Pangasan, dengan melewati beberapa bukit, maka nampaklah pantai yang dimaksud. Terkuaknya keindahan pantai ini lantaran terdapat kapal tanker bernama Alisa XVII tujuan Cilacap yang terdampar di antara tebing Pantai Pikatan.

Pantai Pikatan sendiri bukanlah pantai dengan karakteristik seperti pantai kebanyakan. Pantai ini tidak memiliki pasir, sehingga salah satu cara menikmatinya adalah lewat atas bukit. Atau turun bukit ke kawasan berbatu yang cukup riskan untuk dikunjungi lantaran posisinya langsung berhadapan dengan Samudera Hindia yang punya ombak dahsyat.

Pantai Pikatan di Pacitan, via facebook/Frendi Setiawan
Pantai Pikatan di Pacitan, via facebook/Frendi Setiawan

Pernah suatu hari Travelingyuk berencana ke pantai ini. Namun kemudianmengurungkan niat karena larangan dari warga setempat yang mengatakan medannya terjal, hingga akhirnya kami mengalihkan tujuan ke Pantai Pandan Anom yang terletak di sebelah baratnya Pantai Pikatan. Artikelnya bisa kamu baca di sini.

Dari Pandan Anom sebenarnya tebing pantai Pikatan terlihat dengan jelas seperti nampak pada gambar di atas. Waktu itu kami pun cukup kagum dengan keindahan formasi bukit karang yang ada di kejauhan yang ternyata tidak lain adalah Pantai Pikatan itu sendiri. Kami pun baru menyadari saat banyak foto kapal tanker kandas di sana dan mencocokkannya dengan foto yang kami punya.

Pantai Pandan Anom dengan latar belakang tebing Pantai Pikatan, Travelingyuk
Pantai Pandan Anom dengan latar belakang tebing Pantai Pikatan, Travelingyuk/@ardhaniaji

Baca Juga : 8 Destinasi Wisata di Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan Asing Sepanjang Tahun 2015

Jika kamu tertarik berkunjung ke Pantai Pikatan, kamu bisa mengambil rute lewat Jalur Lintas Selatan (JLS). Susuri jalan tersebut, hingga menemukan jembatan di atas JLS. Nah, kamu harus melewati jembatan tersebut. Setelah itu, ikuti jalan menuju desa Kalipelus. Jangan malu untuk bertanya pada warga sekitar, sebab lokasi pantai ini cukup tersembunyi dan di lokasi ini tidak ada sinyal, sehingga tidak bisa kamu track lewat GPS. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Sunyaragi Bukan Gua Biasa, di Sinilah Mitos Enteng dan Sulit Jodoh Berada

5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Memutuskan Liburan di Luar Negeri