in , , ,

Pulau Banyak, Pesonanya Bagai Serpihan Surga di Lautan Hindia

Pasir putih dan lembut menjadi ikon pulau banyak
Pasir putih dan lembut menjadi ikon pulau banyak

Negara Indonesia merupakan kawasan kepulauan yang lebih dari 15.000 gugusan pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Tak heran jika keindahan bahari bawah laut sangat memukau dan menjadi tujuan banyak turis mancanegara. Keindahan ini bisa kamu nikmati di salah satu pulau pesisir barat Aceh. Namanya Pulau Banyak, sekitar 20 mil dari kota Banda Aceh. Sebagai daerah kepulauan, pastinya memiliki pesona pantai yang sangat menakjubkan.

Baca juga : 7 Pelangi di Permukaan Bumi

Pasir putih dan lembut menjadi ikon pulau banyak
Pasir putih dan lembut menjadi ikon pulau banyak. Foto via kepulauanbanyak.com

Gugusan pulau Banyak ini ditempati oaleh dua kecamatan yang berbatasan laut dengan samudera hindia dan pastinya terbebas dari segala polusi industri dan lalulintas lautan. Menariknya, pulau Banyak memiliki potensi wisata bahari hampir disemua sudut. Jernihnya air laut dan putihnya pasir pantai membuat pemandangan kontras antara warna air laut yang hijau membiru dengan putihnya pasir.

Kejernihan air laut juga membuat dasar laut yang dipenuhi habitat terumbu karang terlihat sangat jelas dan indah. Di hiasi dengan ikan-ikan yang berwarna menarik, berenang secara bebas diantara terumbu karang. Namun bagi teman traveler yang berencana menikmati pulau ini selalu ingat untuk membawa sampah kembali agar perairan pulau Banyak tetap menjadi natural.

Pulau Bengkaru menjadi tempat penangkaran Penyu Hijau
Pulau Bangkaru menjadi tempat penangkaran Penyu Hijau. Foto via backpackerjakarta.com

Diantara banyak gugusan pulau Banyak ada satu pulau yang paling diminati para traveler yaitu pulau Panjang. Pulau panjang termasuk pulau yang istimewa, karena bentuknya yang unik. Memiliki bentuk yang memanjang dengan garis pantai yang sangat indah. Di pulau Panjang, pengunjung bisa menikmati sunrise dan sunset secara bersamaan karena lebar pulau yang tak kurang dari 50 meter.

Bagi kamu yang ingin snorkeling ataupun diving bisa mendatangi perairan Pulau Tailani. Kawasan ini menjadi pusat terumbu karang paling luas di area gugusan pulau Banyak. Bahkan saking jernihnya perairan pulau Tailani membuat pemandangan bawah laut cukup terlihat dari atas saja. Keindahan ini membuat para traveler tidak ingin cepat-cepat pulang.

Snorkeling dan diving menjadi pilihan terbaik ketika berkunjung ke pulau Banyak
Snorkeling dan diving menjadi pilihan terbaik ketika berkunjung ke pulau Banyak. Foto via disbudpar.com

Untuk traveler yang hobi selancar, pilihan tepat ketika kamu memilih pulau Banyak. Salah satu pulau yang dijadikan markas para peselancar adalah pulau Bangkaru. Di sana ombak laut bertinggi rata-rata 5-6 meter. Ombak seperti itu datang setiap satu menit sekali. Terutama saat musim angin barat antara bulan April-Agustus, banyak traveler mancanegara singgah untuk menikmati ombak.

Sunset indah di pulau Banyak
Sunset indah di pulau Banyak. Foto via pinterest.com

Pulau Bangkaru juga dijadikan sebagai konservasi penyu hijau dan ketika bulan-bulan tertentu kamu bisa menyaksikan penyu ini bertelur. Dan momen paling ditunggu banyak traveler adalah suasana sunrise dan sunset. Matahari yang bangun dan tertidur di sana berbentuk lingkaran penuh dengan warna kuning kemerah-merahan. Panorama langka ini menjadi momen yang tidak bisa tergantikan oleh keindahan lainnya.
Next

ramadan
Kampung Pande menjadi lokasi sejarah kerajaan Aceh

Sejarah Kampung Pande, Kampung Seribu Nisan

Penerbangan IPB

Rute Penerbangan Yang Paling Tidak Disukai Pramugari