in , , ,

Ndaki Gunung Gede Via Putri, Dada Ngos-Ngosan Namun Bikin Nagih

Keindahan gunung gede keteka pagi hari dengan sajian matahari terbit yang sungguh menawan
Keindahan gunung gede keteka pagi hari dengan sajian matahari terbit yang sungguh menawan

Tren mendaki beberapa tahun terakhir memang menjadi aktivitas populer bagi muda mudi. Tak tanggung-tanggung mereka di usia SAekolah Menengah Pertama pun mulai menapakkan kaki untuk meneklukkan hingga puncak gunung. Alam memang menyimpan banyak panorama yang tak ternilai harganya. Rasanya juga bosan ketika menikmati riwehnya kota, segala hingar bingar membuat pikiran semakin terbebani. Dasar inilah banyak muda mudi mulai menikmati alam sebagai tempat untuk meneduhkan pikiran.

Baca juga : Pemandangan Magis Gunung Tambora Kabupaten Dompu yang Penuh Kejutan

Keindahan gunung gede keteka pagi hari dengan sajian matahari terbit yang sungguh menawan
Keindahan gunung gede keteka pagi hari dengan sajian matahari terbit yang sungguh menawan. Foto via superlive.id

Indonesia memang surganya para gunung dengan panorama yang begitu menakjubkan. Mulai dari ujung Barat Sumatera hingga Batas Timur Indonesia tak pernah lenggang dengan keberadaan gunung. Apalagi pulau Jawa, memiliki ratusan gunung yang bisa kamu taklukkan seluruhnya. Di sisi Barat Jawa, terdapat salah satu gunung paling populer yaitu gunung Gede Pangrango.

Letaknya yang berdekatan dengan kota megapolitan Jakarta maka gunung ini menjadi tempat healingnya bagi para muda mudi kawasan Jabodetabek. Gunung ini memiliki beberapa jalur menuju puncak yaitu jalur Cibodas, Jalur Putri dan jalur Selabintana. Meski berada di tiga sisi yang berbeda namun jalur putri menjadi jalur paling berat menuju puncak gunung Gede. Untuk kamu yang pemula, sebaiknya melewati jalur Cibodas yang kontur tanahnya cukup landai.

Jalur via putri memang paling berat menuju puncak gunung Gede
Jalur via putri memang paling berat menuju puncak gunung Gede. Foto via infopendaki.com

Namun bagi kamu yang suka memacu adrenalin, sebaiknya mencoba jalur Putri. Jalur ini menjadi jalur paling berat diantyara ketiga jalur menuju puncak gunung Gede. Meski berat namun banyak pendaki yang sengaja memilih jalur Putri karena berakhir menuju tempat camp di Surya Kencana. Salah satu titik camp terakhir di Jalur putri yang menyuguhkan padang sabana yang luas dengan indahnya hamparan bunga eidelwais yang bertebaran sepanjang alun alun surya kencana.

Keindahan Alun alun Surya Kencana ini menjadi salah satu spot paling ditunggu-tunggu oleh semua pendaki. Pemandangannya bikin mata terpana kagum sehingga rasa letih setelah melakukan perjalanan berat begitu sirna. Banyak pendaki mulai sumringah dan merasa puas ketika perjalanan telah sampai di camp ground Surya Kencana.

Alun alun surya kencana menjadi spot paling indah selain puncak Gede
Alun alun surya kencana menjadi spot paling indah selain puncak Gede. Foto via travelspromo.com

Memang perjalanan belumlah berakhir untuk sampai dititik tertinggi gunung Gede. Cobalah untuk beristirahat di camp ground Surya Kencana untuk memulihkan energi kembali. Biasanya para pendaki mulai mendirikan tenda diarea ini untuk bermalam sebelum esok harinya melakukan perjalanan kembali ke puncak. Dari camp ground menuju puncak tidaklah panjang. Jalur juga mulai mudah dilalui dan pastinya tidak membawa barang-barang pendakian hanya diwajibkan membawa air minum dan beberapa snack saja untuk mengantisipasi ketika perut lapar.

Alun alun Surya Kencana dilihat dari atas puncak Gede
Alun alun Surya Kencana dilihat dari atas puncak Gede. Foto via idntimes.com

Perjalanan cukup memakan waktu 30 menit saja hingga berakhir ke puncak Gede dengan sajian alun alun surya kencana yang begitu menawan. Tak hanya itu, kawah raksasa gunung Gede akan terlihat begitu menakjubkan dengan latar belakang gunung Pangrango yang begitu hijau dimana gunung ini selalu diselimuti hamparan hutan tropis yang begitu indah. Apalagi ketika lautan awan mulai terlihat dibawah perbukitan membuat pendaki mulai mengabadikan momen dengan memotret dan berselfie ria. Aktivitas ini akan menjadikan mu sebagai pengalaman yang tak terlupakan. Namun sebagai pendaki yang baik, untuk selalu membawa kembali turun sampah sampah, sehingga keasrian gunung Gede akan tetap terjaga. Next

ramadan
Bangunan layaknya rumah joglo menjadi desain dari gereja Ganjuran

Gereja Ganjuran, Gereja Katolik Bernuansa Jawa Pertama di Jogja

Ayam Goreng Sari Manis Suniaratu

Nikmatnya Ayam Goreng Sari Manis Suniaratu, Cita Rasa Bumbu Manis Menggugah Selera