in , ,

Nikmatnya Ayam Goreng Sari Manis Suniaratu, Cita Rasa Bumbu Manis Menggugah Selera

Ayam Goreng Sari Manis Suniaratu
Ayam Goreng Sari Manis Suniaratu

Bandung memang tak diragukan lagi dengan panorama alam yang begitu menyejukkan. Banyak traveler sengaja memilih kota besar Jawa Barat ini lantaran mudahnya menemukan tempat healing serta aneka ragam kuliner yang sangat menggugah selera. Mulai dari kuliner western, japanesse hingga tradisional dapat kamu temukan di kota kembang ini. Hawa dingin saat malam hari sangat cocok untuk menyantap makanan dengan cita rasa yang pedas.

Baca juga : Makanan Korea yang Cocok jadi Menu Buka Puasa, Bisa Ditemui di Indonesia!

Ayam Goreng Sari Manis Suniaratu
Ayam Goreng Sari Manis Suniaratu memiliki sebutan ayam goreng Oli. Foto via nyamnyami.com

Salah satu tempat kuliner yang rekomendasi adalah Warung makan Ayam Goreng Sari Manis Suniaratu. Begitu panjang ya namanya, meski belum tenar terdengar di telinga para traveler, namun jangan salah lagi, pengunjung warung ini bakal bejibun ketika siang dan malam hari. Pastinya menhjadi tempat favorit untuk kamu yang penyuka masakan manis. Jangan khawatir, pilihan rasa pedas pun tersedia juga disini.

Olahan Ayam Khas Bumbu Manis

Pastinya berbeda dong dengan warung ayam pada umumnya, warung Ayam Goreng Sari Manis Suniaratu ini memiliki cara pengolahan ayam yang begitu khas. Ayam yang dimasak berawal dari cara direbus dengan bumbu khas rempah-rempah nusantara hingga 4 jam lamanya. Uniknya bumbu menggunakan keluwak sehingga terlihat hitam dan meresap hingga dalam daging ayam.

Proses memasak ayam goreng hitam ini direbus bersama dengan bumbu hitam
Proses memasak ayam goreng hitam ini direbus bersama dengan bumbu hitam. Foto via xresep.co

Tidak hanya bumbu hitamnya saja yang bikin rasa semakin ngangenin, namun penggorengan ayam ini membuat minyak goreng menjadi bewarna hitam pekat. Memang terlihat hitam namun jangan dikira minyak sudah tidak bisa digunakan ya. Hitamnya minya goreng ini akibat terkena lunturan dari warna bumbu hitam pekat.

Jam Operasional Warung Ayam Goreng

Warung yang berdiri sejak 20 tahun lamanya ini tengah dikembangkan hingga generasi ketiga. Pantas saja jika menu sudah habis meski jam tutup belum pada waktunya. Racikan bumbu yang tergolong konsisten sehingga cita rasa tidak pernah berubah meski saat ini tengah dilanjutkan oleh cucunya.

Berbagai menu olahan ayam dengan warna hitam pekat, pun juga sambalnya
Berbagai menu olahan ayam dengan warna hitam pekat, pun juga sambalnya. Foto via wisato.id

Warung Makan Ayam Goreng Sari Manis Suniaratu ini berlokasi di Jalan Pecinan Lama No. 36 Gang Suniraja Otto Iskandardinata Bandung. Jangan lupa untuk kamu yang penasaran ingin mencicipi ayam bumbu hitam ini datanglah ke lokasi mulai diantara pukul 17.00 hingga pukul 22.00 WIB. Mohon bersabar menunggu ketika kamu datang di jam makan malam, kondisi pengunjung biasanya membeludak hingga mulai tersedia waiting list.

Ayam Oli menjadi sebutan Akrab Sang Warung

Banyak pengunjung menjuluki warung ayam ini sebagai nama ayam oli. Karena segala sesuatu menu yang disuguhkan bewarna hitam. Tidak hanya ayam saja menjadi menu lauk utama namun tersedia juga menu lainnya seperti sate usus, sate ampela, sate kulit, tahu, tempe, kol goreng, hingga telur. Tak lupa beberapa menu lalapan menjadi pendamping nasi.

Warung Ayam Sari Manis Suniaratu dengan tampilan minyak hitam akibat lunturan bumbu khas hitamnya
Warung Ayam Sari Manis Suniaratu dengan tampilan minyak hitam akibat lunturan bumbu khas hitamnya. Foto via youtube.com

Ketika menyantap masakan ayam oli ini jangan lupa dicocolkan dengan sambal dengan tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan. Sambal ini dipadukan dengan kecap sehingga tampilannya menjadi hitam dengan cita rasa yang pedas dan manis. Untuk harga sangat terjangkau, menu ayam goreng dipatok dengan harga Rp. 18.000, untuk sate kulit Rp. 18.000 per porsi sebanyak 10 tusuk. Next

ramadan
Keindahan gunung gede keteka pagi hari dengan sajian matahari terbit yang sungguh menawan

Ndaki Gunung Gede Via Putri, Dada Ngos-Ngosan Namun Bikin Nagih

Pantai Al Thakhira Qatar

Pantai Al Thakhira, Menyusuri Hutan Bakau sampai Jalan-Jalan Nikmati Matahari Tenggelam