in , , ,

Spot Terbaik Menikmati Pemandangan di Puncak Gunung Panderman Batu

Kota Batu memang menyimpan segudang wisata alam yang menakjubkan. Mulai dari wisata taman, kebun, hutan, air terjun, hingga deretan perbukitan dan gunung yang tergolong tinggi. Salah satunya adalah gunung Panderman. Memang tak setinggi gunung gunung disekitarnya, namun panorama yang disuguhkan sungguh menawan.

Baca juga : Mengintip Kompleks Pemandian Para Istri Raja di Taman Sari, Yogyakarta

Baca Juga : Download Aplikasi Penjualan

Panormana di puncak gunung Panderman. Foto via http://fauziahikrar.it.student.pens.ac.id

Gunung Panderman terletak di Wilayah Desa Tirtomoyo, Pesanggrahan, Batu. Sekitar 22 km atau sekitar 40 menit perjalanan dari pusat kota Malang. Ketinggiannya hanya 2000 mdpl, dengan waktu tempuh perjalanan yang tergolong singkat. Bagi pendaki pemula perjalanan hanya membutuhkan waktu 3 sampai 4 jam menuju puncak. Jalur pendakian pun tergolong mudah, meski terdapat beberapa tanjakan tetapi hal tersebut tak begitu ekstrim.

Watu Gede sebagai pos 2 Panderman. Foto vi

Basecamp Gunung Panderman menjadi satu dengan gunung Buthak. Jadi untuk mendaki ke gunung Panderman, diharapkan untuk lebih fokus ke arah percabangan, agar tak salah jalur menuju gunung Buthak. Terdapat 2 pos sebagai tempat peristirahatan pendaki menuju puncak. Pos 1 berada di oro-oro ombo dengan ketinggian 1.300 mdpl. Tanah lapang yang dapat memuat 5-10 tenda ini dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari basecamp.

Tak terhenti disitu, menuju pos 2 jalanan mulai menanjak dengan pepohonan perdu menemani selama perjalanan. Bongkahan batu besar menandakan telah sampai di pos 2 dengan sebutan Watu Gede. Perjalanan sesungguhnya adalah pos 2 menuju puncak. Tanjakan demi tanjakan dengan curamnya jurang membuat adrenalin pendaki semakin besar. Dan sampailah di puncak gunung dengan pepohonan rindang memberikan keteduhan para pendaki.

Spot jurang menjadi spot terbaik di puncak Panderman. Foto via instagram @arif_f5

Bagi kamu yang ingin camp di puncak, pilihlah tempat terbaik di tanah lapang paling ujung mendekati jurang. Saat pagi menjelang, poin sunrise berada disisi timur namun sedikit terhalangi oleh pepohonan. Namun keindahan tetap menakjubkan dengan gagahnya gunung Semeru diufuk timur. Sisi seberang terlihat begitu menawan gunung Arjuno dan Welirang dengan asap indah menuruni lereng gunung.

Spot terbaik tak hanya berada dipuncak gunung. Saat perjalanan pulang, banyak sekali spot foto yang menakjubkan. Banyak sekali Namun tetaplah berhati hati saat mengabadikan momen karena posisi berada tepat didepan jurang yang cukup dalam.

Next

ramadan

Spot Olahraga di Lingkungan Universitas Indonesia, Sangat Asri

Gunung Lawu

Misteri Keindahan Alam Gunung Lawu yang Menakjubkan