in , , ,

Kabar Gembira! Jalur Pendakian Rinjani Kembali Dibuka Juli Ini

Menanti Kabar Terbaru dari Gunung Rinjani? Ini Berita Gembira Untukmu!

Memasuki kenormalan baru, banyak tempat wisata yang kini sudah kembali menerima kunjungan, begitu pula dengan gunung. Tidak hanya di Pulau Jawa, Gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok juga sudah melakukan berbagai persiapan untuk membuka kembali Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) yang tentunya telah mendapat persetujuan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Baca juga : Sate Matang Yakin Rasa Banda Aceh, Yakin Banget Enaknya!

Pendakian Gunung Rinjani via Instagram @jerryhinargo_

Sebelum kembali menerima kunjungan, salah satu persiapan yang dilakukan oleh pemerintah daerah adalah memperbaiki enam jalur wisata pendakian yang tersebar di beberapa titik kabupaten yang meliputi Sembalun, Timbanuh, Torean, dan Propok yang berada di Kabupaten Lombok Timur. Tidak hanya itu, jalur pendakian Senaru, Lombok Utara dan Aik Berik Kabupaten Lombok Tengah tidak luput dari perhatian.

Pada tanggal 16 Maret 2020 lalu, sesuai dengan surat edaran KLHK serta keputusan bersama antara beberapa pihak penting seperti Bupati Lombok Timur, Bupati Lombok Tengah, Bupati Lombok Utara dan Gubernur NTB, Gunung Rinjani dan beberapa wisata non-pendakian yang berada dalam satu area yang sama yakni Taman Nasional ditutup sementara karena semakin meluasnya penyebaran Covid-19.

Gunung Baru Jari Ditengah Danau Segara Anak via Instagram @jerryhinargo_

Dedy Asriady selaku Kepala BTNGR mengatakan bahwa selain melakukan berbagai persiapan, pihaknya juga akan membahas berbagai finalisasi standar operasional prosedur (SOP) pendakian dan non pendakian bersama dengan beberapa pihak pada akhir Juni ini. Wiratno selaku Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menuturkan bahwa pembukaan ini diakukan secara bertahap.

Selain itu, Wakil Gubernut NTB yakni Rohmi Djalilah mengatakan bahwa walaupun memiliki risiko penularan yang rendah namun pendaki harus tetap berhati-hati dan selalu menerapkan serta mematuhi protokol Covid-19. Tidak hanya mengumumkan berbagai persiapan yang dilakukan, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat juga menargetkan jalur pendakian Gunung Rinjani akan siap menerima pengunjung kembali mulai 7 Juli 2020 mendatang. Next

ramadan

Mengenal Subak, Tradisi Bali yang Diperingati Google Doodles Hari Ini

Pulau Ayam Indonesia Dijual Online Rp215 M, Bupati Anambas Berikan Klarifikasi