in , ,

Tak Perlu Takut, 6 Gunung yang Cocok Buat Para Pendaki Pemula

Pilihan Gunung untuk Pendaki Pemula, Persiapan ke yang Lebih Menantang

Via Instagram ismirosdiana
Via Instagram ismirosdiana

Mendaki gunung termasuk salah satu kegiatan outdoor yang mengasyikkan tapi juga ekstrem untuk sebagian traveler. Bagi mereka yang sudah sering naik turun gunung sih, semua gunung tentunya sama saja, tapi tidak bagi pendaki pemula atau yang belum pernah naik gunung. Tapi, jangan khawatir, di Indonesia ada banyak gunung yang tidak terlalu tinggi. Berikut ada enam gunung untuk pendaki pemula yang bisa dicoba, rekomendasi dari Nazilah Septiana, kontributor lepas Travelingyuk.

Baca juga : Rumah Elang di Uruguay Kembaran Gereja Ayam di Magelang

1. Gunung Nglanggeran, Gunungkidul Yogyakarta

Gunung Nglanggeran, Via website/Maioloo.com
Gunung Nglanggeran, Via website/Maioloo.com

Tujuan pertama yang perlu ada di list kamu adalah Gunung Nglanggeran. Medannya sangat landai dengan ketinggian hanya 700 mdpl saja. Akan sangat menyenangkan jika pemula belajar mendaki sekaligus camping di area gunung ini, dengan waktu satu jam saja kamu sudah bisa dipastikan sampai puncak.

Destinasi ini sebenarnya merupakan gunung api purba yang terbentuk dari susunan karst yang menjadi ciri daerah Gunung Kidul, jadi di beberapa titik kamu tetap harus  hati-hati karena terdapat bebatuan karang. Walaupun sangat landai tetap utamakan keselamatan ya!

2. Pegunungan Ijen, Banyuwangi

Gunung Ijen, Via Instagram/buang.waktu
Gunung Ijen, Via Instagram/buang.waktu

Bagi kamu yang ngebet banget naik gunung, tapi masih takut ketinggian,  Ijen perlu masuk ke dalam listmu nih. Selain treknya yang landai, ketinggiannya pun hanya 2.443 mdpl. Ijen tidak hanya mudah di akses, keindahannya pun sangat terkenal karena gunung ini memiliki kawah belerang dengan kemiringan 60 derajat.

Pesona indah Blue Fire yang hanya ada dua di dunia membuat pegunungan di Banyuwangi ini paling sering diburu oleh para pendaki. Nah, jika kamu perah menyaksikan film ‘Jilbab Traveller’, Gunung Ijen merupakan salah satu wisata Indonesia yang ada di dalam film tersebut.

3. Negeri di Atas Awan, Puncak B29

Puncak B29, Via website/KSMTour.com
Puncak B29, Via website/KSMTour.com

Puncak B29 adalah puncak tertinggi yang berada di lautan pasir Bromo, Lumajang. Nama 29 sendiri diambil karena ketinggian puncak gunung ini 2900 mdpl. Puncak ini terkenal dengan pesona wisata atas awan karena arak-arakan awan akan terlihat sangat dekat dengan kita. Selain dikenal dengan wisata atas awan, B29 terkenal karena pesona sunset dan sunrise yang membuat siapapun jatuh hati.

Meskipun berada di ketinggian 2900 mdpl, jalan menuju puncak cukup landai
dan cocok untuk pendaki pemula loh sahabat. Tidak terlalu banyak tanjakan dan jalan akses yang berupa tanah kuning sangat lebar dan bersih. Selain itu, B29 dipastikan aman karena tidak memasuki area hutan, sehingga kamu tidak akan mungkin tersesat.

4. Gunung Papandayan, Garut

Gunung Papandayan, Via Instagram/afarisah
Gunung Papandayan, Via Instagram/afarisah

Gunung yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat ini memiliki ketinggian 2.665 mdpl. Mengapa direkomendasikan untuk pemula? Dengan trekking yang cenderung landai dan pemandangan luar biasa, kamu akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Para pendaki bisa mendirikan tenda di Pondok Salada dan Tegal Alun.

Pondok Salada ini berupa tanah lapang dan padang edelweis yang luas. Wow banget kan? Dari sini, kamu juga bisa melihat langsung Hutan Mati yang dipenuhi pohon-pohon tanpa daun. Sedangkan Tegal Alun adalah spot yang lebih mirip Alun-alun Suryakencana di Gunung Gede, tanahnya berupa lapangan luas yang dipenuhi bunga edelweiss saat musim hujan tiba. Untuk mencapai Pondok Salada dan Tegal Alun, para traveler hanya perlu trekking selama sekitar 2 atau 3 jam saja.

5. Gunung Andong, Magelang

Gunung Andong, Via Instagram/dewidelis
Gunung Andong, Via Instagram/dewidelis

Gunung Andong berlokasi tak jauh dari Kota Yogyakarta, tepatnya di Magelang. Jika kamu sedang belajar naik gunung, maka Andong adalah pilihan tepat, apalagi dengan ketinggian hanya sekitar 1.726 mdpl. Andong menawarkan pemandangan indah di puncaknya dengan medan pendakian yang sangat cocok untuk para newbie.

Jalur pendakiannya jelas dan trekking yang mudah, belum lagi papan penunjuk akan semakin membuat pendaki tak bingung untuk bisa sampai puncak. Pendakian menaklukkan Andong hanya butuh waktu sehari saja tanpa harus bermalam kok. Tetapi jika kamu ingin melihat indahnya sunrise di pagi hari, membuat camp lebih disarankan.

6. Gunung Putri, Bandung

Pesona Gunung Putri, Via Instagram/ivanciuss
Pesona Gunung Putri, Via Instagram/ivanciuss

Sudah tak heran lagi jika Bandung memang terkenal dengan suasana sejuk karena banyak memiliki perbukitan. Nah, salah satu wisata yang pas untuk pendaki pemula adalah Gunung Putri.  Berlokasi di Cihideung, Bandung, Gunung Putri sangat cocok untuk para beginner yang ingin mencari pemandangan hijau segar sambil berkemah bersama teman-teman.

Saat trekking ke Gunung Putri, traveler akan disuguhkan pemandangan hamparan luas perkebunan teh dan juga curug yang masih asri. Buat kamu para pendaki pemula, direkomdasikan membawa peralatan yang cukup, dari persediaan makanan, minuman, hingga jaket karena cuaca di pegunungan akan sangat dingin.

Nah, tak salah lagi jika di Indonesia dijuluki sebagai potongan surga yang jatuh ke bumi. Gunung di atas bisa dijadikan media belajar, agar saat mendaki puncak yang lebih tinggi dan menantang kamu sudah tidak kaget lagi. Namun, harus tetap dicatat ya, seberapapun landainya medan yang akan dilalui, kamu harus memiliki peralatan lengkap dan persiapan yang matang. Safe travel! Next

ramadan

Written by Nazilah Septiana

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Via Instagram hijaberphotography.id

Watu Goyang di Bantul, Destinasi Wisata Instagenic di Atas Bukit Mangunan

4 Pasar Tradisional di Jogja, Surganya Kuliner khas Nusantara