in ,

Hangatkan Badan Bersama Sarabba, Minuman Khas Sulawesi

Indonesia dengan khas khatulistiwanya membuat aneka ragam sajian kuliner yang sungguh nikmat. Tak lupa dengan jenis minuman yang berjuta khasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah minuman Sarraba asli Sulawesi. Sebagian masyarakat khususnya masyarakat Kota Makassar mengonsumsi Sarabba untuk mengembalikannya stamina yang kurang fit atau lelah sehabis pulang kerja.

Baca juga : Fakta Menarik Tentang ‘Bolong’nya Donat, Sudah Tahu?

Minuman Sarabba penghangat tubuh. Foto via aboutsemarang.com

Selain itu Sarabba di percaya mampu mengusir flu, menghangatkan badan dan tenggorokan, serta meredakan masuk angin. Cocok sekali untuk darah yang notabane grafisnya tinggi rendah, yang membuat suhu daerah akan berbeda sesuai dengan kontur grafis. Uniknya Sarraba memiliki rasa yang sedikit pedas dan aroma yang khas akan rempah rempah Indonesia.

Hingga saat ini tidak ada yang tahu sejarah asal mula Sarabba ada di daerah ini. Ada yang mengatakan bahwa minuman ini berasal dari arab. Mungkin ada benarnya juga, dimana salah satu kebiasaan penduduk Mekah dimana setiap hari Kamis mereka membawa seluruh keluarganya masuk ke Kota Mekah. Di sana mereka menginap di hotel, beribadah di Masjid Haram dan berbuka puasa bersama dengan jamaah umrah.

ramuan penghangat tubuh sarabba khas Makassar. Foto via khicentofindoensia.com

Yang pasti minuman ini sudah ada sejak lama dan sudah turun temurun dan terkenal sampai ke pelosok desa. Sarabba mudah kita temui pada saat acara kumpul – kumpul di malam hari. Seperti persiapan melakukan pesta di suatu tempat ataupun yang lainnya. Sarabba berbeda dengan Bajigur minuman khas masyarakat Sunda Jawa Barat. Meskipun bahan dasarnya sama-sama terdiri dari santan dan gula aren, Bajigur juga diberi tambahan jahe, garam dan bubuk vanili.

Biasanya, masyarakat Makassar ataupun Kalimantan minum Sarabba untuk menghangatkan tubuh dan mengembalikan stamina setelah beraktivitas seharian. Karena terbuat dari bahan-bahan yang alami sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh bahkan bisa dikatakan tidak ada efek samping. Kandungan Jahe yang ada di dalam Sarabba dapat memperlancar peredaran darah, mengobati perut kembung, mengobati migrain.

minuman penghangat khas makassar. Foto via goodnewsfromindonesia.id

Sedangkan Gula Merah diketahui dapat mencegah Anemia dan meningkatkan daya tahan tubuh, sedangkan Santan Kelapa sangat kaya dengan zat besi serta mencegah penuaan dini. Setelah meminum Sarabba, biasanya tubuh akan mengeluarkan keringat sehingga penyakit seperti flu dan masuk angin dipercaya lebih cepat sembuh. Meski demikian tetaplah menjaga kesehatan agar terhindar dari paparan radikal bebas.

Tak perlu khawatir bagi teman traveler yang ingin mendapatkan kopi Sarraba ini. Penjual Sarabba di Makassar cukup banyak, seperti Warung 212 di Jalan Sultan Alauddin, Warkop Azzahra, di Ujung Jalan bandang atau di pantai Losari. Tetapi tempat yang paling favorit minum Sarabba adalah Sarabba Sungai Cerekang yang berlokasi di Jalan Sungai Cerekang Makassar. Ada banyak penjual Sarabba di sini, tetapi yang paling lama adalah Sarabba Daeng Hasna yang dikelolah oleh Haji Guni Daeng Bau, letaknya dekat jalan Bulussaraung tepatnya di depan Asrama Gorontalo. Next

ramadan

Nikmatnya Kopi Kawa Daun, Kopi Khas Sumatera Barat Yang Unik

Embung Dukun, Eksotisme Embung di Lereng Gunung Merapi