in , , , ,

Hutan Kucur Ponorogo, Wisata Hutan Jati Yang Menyejukkan

Berbicara mengenai kota Ponorogo memang tak jauh dari kesenian Reog Ponorogonya. Seni tradisi masyarakat Ponorogo memang dikenal hingga mancanegara sejak tahun 1980 an. Namun jangan disangka Ponorogo tak seindah kota lainnya akan hamparan alam yang indah. Hijaunya hutan dan pegunungan yang berjejer rapih memberikan kenikmatan tersendiri bagi para traveler yang singgah di kota tersebut. Salah satu wisata yang kian hijau nan subur dengan lebatnya pepohonan kayu jati yang indah dan rapih adalah Hutan Kucur Ponorogo.

Baca juga : Gaya Liburan Astira Intan Vernadeina, Wakil Indonesia di Miss Eco International 2018

Wisata Hutan Kucur Ponorogo yang menyejukkan mata. Foto via direktoripariwisata.id

Wisata Hutan Wisata Kucur adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Binting, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo. Tempat ini menjadi serbuan masyarakat dan muda mudi kota Ponorogo untuk pelepas penat dari hiruk piruknya perkotaan. Kesejukan dan keasrian akan pengunjung dapatkan sepanjang jalan setapak yang dibuat membelah hutan jati yang menyejukkan.

Cukup satu jam perjalanan dari pusat kota Ponorogo ke arah barat daya. Akses ke arah Desa Binting tergolong bagus, selesainya perbaikan jalan oleh pemerintah membuat jalan tampak mulus hingga desa tujuan. Sesampai di pelataran hutan Kucur, kamu hanya dikenakan tarif parkir sejumlah Rp. 2.000 per kendaraan roda dua dan Rp. 3.000 untuk roda empat. Menariknya, tidak tersedianya loket tarif masuk wisata alias gratis.

Rindangnya hutan Kucur Ponorogo. Foto via cendananews.com

Saat masuk pintu gerbang hutan jati, kamu bakal disambut pepohonan jati yang amat besar dengan umurlebih dari 50 tahun, dengan diameter lebih dari 1,5 meter menghiasi jalan setapak hingga tengah hutan. Jalan setapak yang sudah di paving meliuk indah seakan akan tanpa ujung. Saat sampai tengah hutan, kamu bakal menemukan sumber air yang jernih dan bisa langsung kamu minum jika tidak membawa bekal air minum.

lebatnya hutan jati Kucur Ponorogo yang menyejukkan pengunjung. Foto via ihategreenjello.com

Selain sebagai wisata Kucur, hutan jati ini berfungsi sebagai taman nasional dan tempat bumi perkemahan. Meski tergolong wisata gratis, namun jangan salah sangka dulu, berbagai fasilitas yang disediakan sungguh lengkap. Mulai dari toilet di berbagai titik lokasi, mushola, tempat cuci tangan, warung warung diarea pelataran parkir, dan kamu juga bisa membeli bebrapa cideramata dan makanan khas Ponorogo yang lezat. Next

ramadan
fi tips road trip

Tips Road Trip Dengan Mobil yang Aman dan Nyaman

Kuil indah di Thailand

Parade Pemandangan Kuil di Thailand Paling Epic, Mana Favoritmu?