in , , , , , ,

Lepas Penat Kala Pandemi di Hutan Lebak Damar Banten

Mungkin sudah tak asing lagi wisata ditengah kerindangan dan kesejukan hutan pinus. Memang salah satu terbaik untuk menikmati hutan selain hutan hujan tropis adalah hutan pinus. Disamping bentuk pohon dan daunnya yang unik, kebanyakan hutan pinus berada didataran tinggi, membuat suasana kesejukan yang begitu menenangkan hati dan pikiran. Namun kali ini berbeda dengan hutan yang berlokasi di Lebak Selatan, khususnya tempat bermukimnya masyarakat adat Kaolotan.

Baca juga : Eksotisnya Air Terjun Giwan dan Banyu Munyer di Jabung, Segarnya Tak Tanggung-tanggung

Rindangnya hutan damar Lebak Damar Banten. Foto via instagram @explore_lebakdamar

Lebak Damar merupakan wisata pohon Damar terletak di kawasan Gunung Halimun Salak yang tidak jauh dari wisata alam Kebun Teh Cikuya. Rute menuju wisata Lebak Damar searah dengan wisata alam Kebun Teh Cikuya. Nama Lebak Damar diambil dari tempat yang datar yang banyak ditumbuhi pohon damar di atas keseluruhan luas lahan yang mencapai sekitar 250 hektare.

Pohon damar dengan struktur yang lurus dang tinggi menjulang di Lebak Damar. Foto via udaindra.blogspot.com

Lebak Damar sejak dahulu dikenal sebagai tempat yang tepat untuk berlibur dan menghilangkan kepenatan rutinitas keseharian. Sebab, pesona keindahan alam serta kesejukan udaranya, seperti halnya Desa Hegarmanah di Kecamatan Cibeber. Akses menuju ke tempat ini dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat selama 4 jam. Dari kota Rangkasbitung, kamu bisa memacu kendaraan melalui rute Rangkasbitung menuju Kebun Teh Cikuya.

Tak hanya wisata kesejukan hutan damar saja, namun disekitar lokasi terdapat air terjun atau curug Ciporolak dan terdapat berbagai macam spot foto yang instagramable. Wisata Lebak Damar ini tidak menggunakan anggaran dari pemerintah melainkan dikelola swadaya oleh masyarakat dan para pemuda Lebak Picung. Sehingga tiket masuk dipatok seharga Rp. 15.000, pengunjung sudah bisa berfoto ria di spot foto manapun.

Salah satu spot terbaik di bagian Lebak Damar. Foto via instagram @rionaldi

Untuk para pecinta alam, Lebak Damar juga menyediakan lahan untuk berkamping ria. Namun biaya camping disini sebesar Rp. 150.000 sudah termasuk fasilitas tenda dan peralatan untuk masak ala outdoor. Namun jika pengunjung membawa tenda dan peralatan sendiri maka cukup dikenakan biaya Rp. 50.000. Benar-benar tempat camp yang sangat nyaman dan luar biasa. Malam hari kalian akan menikmati dinginnya udara Lebak Damar dimalam hari, menenangkan hati hanya ditemani riuhnya suara binatang malam. Next

ramadan
fiwisata desa sriharjo

Desa Sriharjo Bantul, Wisata Sejuk Pelepas Penat

Hutan Bambu Keputih, Kesejukan Ala Jepang di Tengah Kota Surabaya