in , , ,

5 Hutan Pinus di Bogor, Buat Liburanmu Lebih Menyenangkan!

Rilekskan Diri dengan Berwisata ke Deretan Hutan Pinus di Bogor

Hutan Pinus menjadi destinasi yang kerap digandrungi bila hari libur tiba. Bogor menjadi salah satu kota yang banyak menawarkan wisata Hutan Pinus yang begitu memanjakan. Hawa sejuk dan rindanganya pepohonan menjadi daya tarik utama wisatawan setelah letih bekerja. Ragam destinasi Hutan Pinus di Bogor ini dapat menjadi tujuan berlibur yang sempurna. Dimana saja sih tempatnya? Simak ulasan berikut ini yuk.

Baca juga : Atoom Theater Citeurup, Bioskop Terseram di Indonesia!

1. Hutan Pinus Gunung Pancar

Hutan Pinus Gunung Pancar via Instagram @verarumampouw

Wisata Hutan Pinus Gunung Pancar menjadi salah satu destinasi wisata yang paling kerap dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki spot unik seperti sarang burung, rumah kayu hingga ayunan yang disuguhkan untuk wisatawan. Destinasi ini buka 24 jam sehingga Teman Traveler dapat camping di sini. Teman Traveler cukup membayar Rp15.000 untuk tiket masuk.

2. Catang Malang

Catang Malang via Instagram @tigajamdarijakarta

Hutan Pinus berikutnya terletak di Desa Sukawangi dan Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Salah satu keunggulan dari Cantang Malang adalah letaknya yang berada pada ketinggian 1.000 sampai 1.200 mdpl sehingga menghasilkan udara yang begitu sejuk. Tidak hanya menyuguhkan Hutan Pinus, Cantang Malang juga dikenal terdapat pohon lainnya seperti Jati.

3. Hutan Pinus Loji

Hutan Pinus Loji via Instagram @chiviaalga

Hutan Pinus berikutnya terletak di Desa Pasir Jaya, Bogor yang masih dalam satu area dengan Suaka Elang Loji, Taman Nasional Halimun Salak. Loji menyediakan tempat camping bagi Teman Traveler yang memutuskan untuk diam lebih lama di sini. Jika berangkat dari Jakarta, Teman Traveler membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1 hingga 1,5 jam perjalanan. Tiket masuk ke Hutan Pinus Loji dibanderol sekitar Rp10.000 per orang.

4. Hutan Pinus Cibeureum

Hutan Pinus Cibeureum via Instagram @elzfajar

Cibeureum merupakan salah satu Hutan Pinus yang dapat Teman Traveler temukan di tidak jauh dari pusat konservasi satwa yakni Taman Safari Indah tepatnya kurang lebih 800 meter dari Jalan Raya Jakarta-Puncak. Walaupun demikian, suasana hening ala hutan tidak bergeser sedikitpun. Tidak hanya itu, Hutan Pinus ini bahkan menyediakan tempat makan hingg villa jika Teman Traveler ingin tinggal lebih lama.

5. Hutan Pinus Puncak Jahim Ciamis

Hutan Pinus Puncak Jahim Ciamis via Instagram @kr_yanuar

Tidak seperti kebanyakan tempat wisata yang telah dibahasa, Hutan Pinus Puncak Jahim Ciamis biasanya hanya digunakan sebagai rest area sehingga tidak ada tarif maupun tiket masuk bagi pengunjungnya. Banyak keluarga bahkan membawa bekal untuk dimakan bersama ketika berkunjung ke sini. Udara yang sejuk membuat banyak warga bahkan sengaja mampir untuk melepaskan penat setelah melalui perjalanan yang jauh.

Itulah beberapa hutan pinus yang ada di Bogor. Semoga dapat menjadi referensi akhir pekan dan liburan dengan keluarga. Hawa sejuk hutan dapat menjadi penghilang stres dan penat yang ampuh untuk Teman Traveler. Jangan lupa untuk tetap menjaga alam dengan tidak membuang sampah sembarangan ya. Stay safe! Next

ramadan

Deretan Kuliner Indonesia Sesuai Zodiak, Kamu Dapat Apa?

Taman Fathan Hambalang, Spot Lautan Awan hingga Sunset Menawan Kota Hujan