in , ,

Situs Gentong Growah, Istana ‘Tak Kasat Mata’ di Gunung Arjuno

Menjelajah Sisi Historis Gunung Arjuno

Kawasan Istana Gentong
Kawasan Istana Gentong (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang menggemari wisata sejarah, Jawa Timur bisa jadi provinsi menarik untuk dijelajahi. Mampirlah ke Kecamatan Bumiaji di Batu untuk melihat uniknya sisa-sisa reruntuhan Istana Gentong Growah, sebuah situs sejarah yang masih jarang diekspos. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga : Bunga Terlalu Biasa, Buket Cemilan Dijamin Lebih Disuka

13 Jam Jalan Kaki

whatsapp_image_2019_12_27_at_10_Ldu.jpeg
Jalan menuju Istana Gentong Growah (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Ada alasan mengapa situs Istana Gentong Growah jarang diekspos. Menuju kawasan ini, Teman Traveler memang harus melakukan perjalanan lumayan panjang dan melelahkan. Kalian wajib berjalan kaki tak kurang dari 13 jam sebelum bisa sampai di lokasi.

Teman Traveler bakal melintasi jalur cukup menantang, sebelum kemudian sampai di tujuan utama yang berada di ketinggian 3.298 mdpl. Kawasan ini masuk wilayah Gunung Arjuno, gunung tertinggi kedua di Jawa Timur. Medannya sediri cukup terjal dan lumayan susah didaki.

Lewat Jalur Sumbergondo

whatsapp_image_2019_12_28_at_17_cJp.jpeg
Situs Istana Gentong Growah (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Meski berada di kawasan Gunung Arjuno, Teman Traveler hanya bisa melihat situs Istana Gentong Growah jika melintas lewat jalur pendakian Sumbergondo. Sayangnya, hingga tulisan ini dibuat jalur ini masih belum diresmikan. Jadi sebaiknya kalian harus berangkat bersama orang yang benar-benar ahli dan mengenal medan ya.

whatsapp_image_2019_12_28_at_17_9kV.jpeg
Halaman Istana Gentong yang digunakan untuk berkemah (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Melakukan pendakian di sini, Teman Traveler wajib mengurus izin khusus. Selain itu kalian juga harus menggunakan jasa guide penduduk setempat. Sebenarnya situs ini masih bisa dilihat jika melalui jalur lain, namun kalian harus melakukan perjalanan turun lebih dulu.

Baru Ditemukan

whatsapp_image_2019_12_28_at_17_Udi.jpeg
Pemberitahuan tanggal ditemukan (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Situs Istana Gentong Growah sendiri berbentuk menyerupai kompleks kerajaan luas dengan tangga luas. Di ujungnya Teman Traveler akan menemukan sebuah singgasana. Kawasan ini sebenarnya relatif baru dan baru selesai diekstraksi pada 23 Agustus 2018. Sementara tangga jalan menuju atas baru rampung dipoles pada 10 Oktober 2018. Tak heran jika banyak orang masih asing dengan keberadaan situs ini.

Kerajaan Tak Kasat Mata

whatsapp_image_2019_12_28_at_17_80b.jpeg
Ujung istana yang menyerupai singgasana (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Entah benar atau tidak, orang yang memiliki ‘kelebihan’ akan bisa melihat kerajaan tak kasat mata di situs ini. Dengan kata lain, terdapat sebuah kehidupan yang masih eksis hingga sekarang, hanya saja berada di dimensi lain. Bagaimana menurut kalian Teman Traveler?

Itulah sedikit ulasan mengenai situs Istana Gentong Growah, sebuah peninggalan bersejarah yang berada di sekitaran Gunung Arjuno. Jika ada di antara Teman Traveler yang berencana habiskan liburan di Batu dalam waktu dekat, jangan lupa mampir ke sini ya. Next

ramadan
Tips Skincare Penerbangan Jarak Jauh

8 Tips Skincare Buat Penerbangan Jarak Jauh, Turun Pesawat Muka Kinclong

Salah satu sudut Kebun Rojo

Kebun Rojo Blitar, Solusi Liburan Murah Ramah Anak