in ,

Penampakan Indah Berbagai Jalur Pendakian, Langsung Bikin Kangen Gunung

Gunung Awu [via instagram]

Mendaki bukanlah soal menaklukkan puncak dan sampai di titik tertinggi adalah bonus. Yang terpenting adalah bagaimana kita mengalahkan diri sendiri dan terus menatap ke depan. Rasa lelah hingga tujuan yang tak kunjung terlihat bisa membuat seorang pendaki putus asa dan kalah dengan rasa egois seperti keinginan untuk berhenti dan pulang saja. Bukan hanya sekadar jalan-jalan, tapi bagaimana kita bersyukur telah diberi kesempatan menikmati keindahan yang mengagumkan. Berikut ini adalah beberapa penampakan keren di jalur pendakian gunung Indonesia, selamat menikmati!

Baca juga : Desa Selotapak di Mojokerto, Pemandangan Indah Seperti di Ubud

1. Semeru

Gunung Semeru [image source]
Para pencinta gunung pasti tahu tentang Semeru, yaitu titik tertinggi di Pulau Jawa. Sampai saat ini banyak pendaki yang datang ke sana untuk sampai di puncak Mahameru. Tidak hanya sekadar niat dan perbekalan, naik gunung juga membutuhkan tekad yang kuat. Perjalanan yang jauh akan membuat kamu mengeluarkan banyak tenaga. Tapi tenang saja, karena keindahan Semeru dengan Danau Ranu Kombolo akan menjadi obat mujarab untuk membayar rasa lelahmu.

Gunung Semeru [image source]
Lokasi : Pasrujambe,Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

2.  Rinjani

Rinjani [image source]
Rinjani [image source]
Rinjani wajib masuk ke dalam daftar gunung yang harus kamu taklukkan. Tentu saja karena kecantikan alamnya begitu mempesona. Setiap kamu melangkah, tidak ada yang akan kamu lihat selain keindahan. Secara administratif Gunung Rinjani terdapat di wilayah tiga kabupaten yaitu Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Ada kawah gunung yang akan menyambutmu jika datang ke sana. Dengan ketinggian 3.726 mdpl, Gunung Rijani menjadi gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia.

Rinjani [image source]
Lokasi : Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

3.  Arjuna

Lembah Kidang [image source]
Nama gunung ini mengingatkan kita pada tokoh pewayangan yaitu Arjuna. Tentu ada cerita di balik nama itu, namun kita tidak akan membahas itu sekarang. Keindahan Gunung dengan ketinggian 3.339 mdpl tersebut seolah menjadi magnet yang kuat bagi para pendaki. Ada beberapa jalur pendakian yang bisa kamu pilih. Salah satunya lewat Malang. Ada sebuah tempat berupa padang rumput begitu cantik yaitu Lembah Kijang. Di tempat inilah biasanya pendaki mendirikan tenda untuk bermalam sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak.

Lembah Kidang [image source]
Lokasi : Pecalukan, Prigen, Pasuruan

4. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu [image source]
Bukan hanya Jawa Timur yang memiliki banyak gunung, Jawa Tengah juga jadi tujuan para pendaki memburu keindahan. Selama perjalanan, kamu akan disuguhi banyak keindahan alam. Mulai dari hutan, hingga jalur berbatu di atas ketinggian. Gunung Merbabu terletak di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah bara, Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara. Sedangkan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan.

Gunung Merbabu [image source]
Lokasi : Suroteleng, Selo, Kabupaten Boyolali

5. Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede [image source]
Gunung identik dengan edelweis, sebuah tanaman yang begitu cantik. Ada yang bilang jika bunga tersebut adalah simbol keabadian. Banyak pendaki nakal yang sengaja memetik bunga itu untuk dibawa pulang. Padahal, hal itu dilarang demi kelestarian lingkungan gunung. Kamu akan menemukan lembah yang dipenuhi dengan edelweis ketika mendaki Gunung Gede. Jalur menuju ke sana juga cukup menantang tapi tidak luput memberikan keindahan. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 3000 mdpl itu berada di wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi.

Gunung Gede [image source]
Lokasi : Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat

6. Gunung Tambora

Gunung Tambora [image source]
Letak Gunung Tambora tidak begitu jauh dari Rinjani, karena masuk dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung berapi aktif tersebut juga banyak menerima kunjungan pendaki setiap tahunnya.  Bentang alam yang indah akan memanjakan mata siapa saja yang ke sana. Apalagi jika kamu bisa sampai ke puncak dan mengintip penampakan Pulau Sumbawa dari ketinggian. Gunung Tambora masuk dalam wilayah dua kabupaten yaitu  Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima.

Gunung Tambora [image source]
Lokasi : Kawinda Toi, Tambora, Bima, Nusa Tenggara Barat

7.  Gunung Agung

Gunung Agung [image source]
Bali adalah tempat yang menarik terutama untuk wisata. Ternyata, Pulau Dewata tersebut juga ramah untuk para pendaki. Bulatkan tekad untuk mendaki gunung tertinggi di Bali yaitu Gunung Agung. Ada beberapa jalur yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah lewat Besakih. Disarankan untuk menyewa pemandu agar lebih aman. Di pintu masuk, tepatnya di dekat Pura Pengubengan sudah ada pos yang menyediakan informasi seputar pemandu. Setelah sampai di puncak, kamu bisa menikmati awan yang bergerak seperti gelombang di lautan.

Gunung Agung [image source]
Lokasi : Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali,

8. Gunung Awu

Gunung Awu [image source]
Pernah meletus dan memakan ribuan korban, kini Gunung Awu menjadi sebuah penampakan alam yang eksotis dan cantik. Tidak terlalu tinggi, jadi pas untuk para pendaki pemula. Secara administratif Gunung Awu terletak di wilayah Kabupaten Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara. Nikmati jalur pendakian yang begitu asri dengan pepohonan rindang. Setelah sampai di puncak kamu bisa memandang daratan Sangihe yang begitu luas.

Gunung Awu [image source]
Lokasi : Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara

Itulah beberapa penampakan jalur pendakian gunung di Indonesia. Sebuah kecantikan alam yang akan membuat kita selalu kangen dengan gunung. Next

ramadan

Memanjakan Mata dan Lidah di Standing Stones Bali, Mantap Abis!

Air Terjun Kedung Kandang, Bak Tetesan Air dari Surga Saking Indahnya