in , ,

Jejamuran Jogja, Bikin Tergiur dengan Serba Jamur

Bersantap Nikmat nan Unik di Jejamuran Jogja

Jejamuran Jogja
Jejamuran Jogja (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Ngomongin kuliner Jogja memang gak ada habisnya Teman Traveler. Kota Pelajar miliki sejumlah sajian nikmat yang pantang dilewatkan. Namun jika kalian bosan dengan masakan berbau daging, boleh coba mampir ke Resto Jejamuran. Sesuai namanya, tempat makan ini sajikan aneka hidangan nikmat berbahan jamur. Yuk intip seperti apa uniknya.

Baca juga : Ingin Jalan ke Kebun Raya Tapi Takut Hujan? Rumah Kaca Instagenic dengan Bermacam Tumbuhan Bisa Jadi Pilihan!

Hidangan Serba Jamur

img_20190723_wa0042_dtj.jpg
Sate Jamur (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Sesuai nama restonya, di Jejamuran tersedia beragam hidangan utama berbahan dasar jamur. Semuanya hadir dengan tampilan dan rasa menggoda. Jamur yang umumnya hanya jadi elemen pelengkap dalam makanan, disulap jadi hidangan lezat dengan aneka bumbu rempah. Teman Traveler bisa mencicipi nikmatnya sate jamur, gulai jamur, pepes jamur, rendang jamur, tongseng jamur, dan olahan lainnya.

img_20190724_090938_XSc.jpg
Aneka menu olahan jamur (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Saya sendiri sempat mencoba sate, tumis jamur, dan jamur bakar pedas di sini. Dari segi tampilan, aroma, dan rasa, semuanya benar-benar seperti bukan jamur, apalagi dimasak dengan sentuhan bumbu rempah sedap.

Bagi yang sedang tak ingin makan jamur, jangan khawatir. Di sini Teman Traveler juga bisa pesan beberapa menu lain seperti ayam dan tempe goreng.

Soal harga, sajian di sini terbilang murah. Seporsi sate jamur dibanderol Rp19.000 saja, begitu pula dengan jamur bakar pedas. Sementara untuk makanan secara keseluruhan, dipatok antara Rp10.000 hingga Rp30.000 saja.

Budidaya Aneka Jenis Jamur

img_20190723_wa0035_P7G.jpg
Budidaya aneka jenis jamur (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Semua jamur yang disajikan di sini merupakan hasil budidaya sendiri. Semuanya memiliki kualitas baik, dipanen dan diolah menjadi hidangan super lezat. Jadi Teman Traveler tak perlu khawatir akan kualitas karena bahan baku yang digunakan dijamin masih segar.

img_20190723_wa0029_iVn.jpg
Budidaya jamur yang bisa dilihat pengunjung (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Jejamuran membudidayakan beragam jenis jamur, mulai dari merang, tiram, kuping, kancing, shitake, lingzhe, dan masih banyak lagi. Beberapa di antaranya sengaja dipajang di salah satu ruangan restoran, hingga menjadi semacam museum. Sembari makan, Teman Traveler bisa sedikit belajar soal cara budidaya tanaman spora ini.

img_20190723_wa0025_XRO.jpg
Spot foto menarik bagi pengunjung Jejamuran (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Semua jamur tersebut ditata sedemikian rupa hingga cukup menarik untuk dijadikan spot foto. Para pengunjung biasanya cukup antusias mengabadikan momen di sekitar sini.

Buat Teman Traveler yang ingin membeli jamur sebagai oleh-oleh, kalian bisa membawa pulang aneka keripik jamur di sini. Harganya bervariasi, tergantung jenis jamur yang digunakan. Dipatok antara Rp30.000 hingga Rp50.000.

Tempat Nyaman dengan Fasilitas Lengkap

jejamuran
Suasana asri di dalam resto (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Restoran dengan hidangan lezat dan fasilitas lengkap selalu memancing minat pengunjung untuk singgah, begitu pula di Jejamuran. Selain suguhkan hidangan lezat, resto ini juga menyediakan fasilitas lengkap lho. Selain toilet dan mushola, mereka juga punya parkiran luas, meeting room, dan area makan indoor serta outdoor luas.

jejamuran
Sangkar burung dan kolam koi (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Suasana di sini terasa begitu asri dan segar. Ada banyak tanaman hias di sekitarnya. Selain itu, Teman Traveler juga bisa melihat penangkaran burung dan kolam koi. Gemericik air di sini seolah makin menambah segar suasana.

Teman Traveler juga bisa temukan beberapa ikan kecil untuk terapi di sini. Kalian bebas mencobanya secara gratis. Seru ya!

Ramah Orang Tua dan Difabel

jejamuran
Kursi roda yang disiapkan untuk pengunjung (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Hal lain yang menarik perhatian saya adalah deretan kursi roda di pintu masuk restoran. Fasilitas ini disediakan untuk memudahkan pengunjung lanjut usia dan difabel. Saya sangat mengapresiasi hal ini karena tidak semua resto mau menyediakan layanan serupa.

Teman Traveler yang ingin mengunjungi Jejamuran bisa langsung datang ke Jalan Pandowoharjo Niron, Sleman. Resto ini buka tiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 21.00. Jangan lupa mampir jika sedang liburan di Jogja ya. Next

ramadan

5 Bangunan Bersejarah dan Ikonik di Bhutan

perayaan kematian

Selain Halloween, Ada 5 Perayaan Kematian yang Tak Kalah Mewah