in ,

Kenali Jenis-jenis Sushi, Kuliner Jepang yang jadi Idola

Jenis-jenis sushi yang sering ditemui di restoran Jepang, sudah pernah coba semua?

Jenis-jenis Sushi
Jenis-jenis Sushi

Kepopuleran Sushi sebagai kuliner Jepang banyak memikat wisatawan dari berbagai negara. Keunikan dan ciri khas yang dimilikinya membuat banyak orang khususnya masyarakat Indonesia yang menyukainya. Nggak sulit untuk menemukan hidangan ini karena sebagian besar restoran Jepang menyajikannya. Sebelum memesan, berikut jenis-jenis sushi yang harus Teman Traveler ketahui.

Baca juga : Akomodasi Bogor dengan Pemandangan Sawah, Bikin Betah Seharian!

Nigiri

Jenis-jenis sushi
Bentuk Nigiri via Shutterstock

Walau memiliki nama yang mirip dengan Onigiri, Nigirizushi jelas berbeda. Dalam bahasa Jepang nama Nigirizushi berarti “sushi yang ditekan dengan tangan”. Santapan ini terdiri dari gumpalan nasi yang telah ditekan dengan tangan si koki dan dibentuk menyerupai bola kecil berbentuk sedikit oval.

Nasi tersebut diberi topping macam-macam jenis ikan seperti salmon, tuna, dan seafood lain. Biasanya disajikan dengan wasabi. Terkadang Nigiri juga disajikan bersama lembaran rumput laut yang tipis di tengahnya agar ikan tetap menempel dengan nasi.

Gunkan

Gunkan
Gunkan via Shutterstock

Memiliki sebutan lain Gunkanmaki, hidangan ini masih termasuk ke dalam jenis Nigiri. Perbedaannya terletak pada tampilannya saja. Karena sisinya diselimuti lembaran rumput laut yang berukuran cukup besar.

Isinya juga bermacam-macam mulai dari taburan telur ikan, natto (kacang kedelai khas Jepang), tiram, uni, jagung yang diberi mayones, remis, dan telur puyuh. Gunkan-maki pertama kali diciptakan di sebuah restoran Jepang bernama Ginza Kyubey pada tahun 1941.

Norimaki

Norimaki
Norimaki via Shutterstock

Selanjutnya ada Norimaki atau sushi gulung. Bahan-bahannya terdiri dari nasi cuka yang diletakkan di atas rumput laut dan diberi labu kering serut atau timun di atasnya. Sentuhan akhir digulung menggunakan Makisu (alat penggulung sushi dari bambu). Variasinya beragam seperti Hosomaki, Chumaki, dan Futomaki. Setiap jenis memiliki ketebalan yang berbeda-beda.

Chirashizushi

Jenis-jenis sushi
Cirashizushi via Shutterstock

Mungkin jenis sushi satu ini masih asing ditelinga Teman Traveler. Chirashizushi memiliki tampilan berbeda dari sushi kebanyakan. Hidangan ini terbuat dari nasi sushi yang disajikan dengan topping bervariasi.

Biasanya Chirashizushi hadir di sejumlah perayaan khusus seperti Hina Matsuri (mendoakan pertumbuhan anak perempuan) yang selalu dilaksanakan setiap tanggal 3 Maret. Dalam bahasa Jepang, kata Chirashizushi berarti suhsi yang berantakan.

Temakizushi

Temakizushi yang berbentuk kerucut
Temakizushi yang berbentuk kerucut via Shutterstock

Dalam bahasa Jepang, Temakizushi berarti sushi yang dibungkus dalam nori (rumput laut). Namun bentuknya sedikit berbeda. Jika biasanya sushi identik dengan bentuk bulat, Temaki ini malah berbentuk kerucut yang menyerupai cone es krim. Isiannya serupa dengan Makizushi yakni terdiri dari nasi yang telah dibentuk, lauk, dan sayuran.

Nah, setelah menyimak jenis-jenis sushi tadi, jadi tau kan kalau mereka punya sebutan khusus? Kira-kira mana yang jadi favoritmu? Next

ramadan

Best Hotels in Toraja, a Unique Land on South Sulawesi

Exploring the Most Interesting Spots in Pagaralam