in

Jumlah Turis yang Berkunjung di 10 Negara ini Lebih Banyak Ketimbang Jumlah Penduduknya

[image source]

Di saat traveling menjadi suatu gaya hidup seperti sekarang tentu membuat banyak traveler penasaran negara mana yang paling banyak dikunjungi wisatawan begitu juga sebaliknya. Apalagi masing-masing negara saat ini sedang berlomba-lomba untuk menggaet wisatawan asing sebanyak mungkin. Dan popularitas suatu negara tak jarang diukur dari banyak tidaknya wisatawan asing yang berkunjung ke wilayahnya.

Baca juga : Daftar Restoran Masakan Indonesia di Luar Negeri yang Lezat dari Inten Utari

Baru-baru ini situs ekonomi yang berbasis di Amerika Serikat, Priceonomics melakukan survei yang sangat unik. Mereka meneliti negara mana yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan namun bukan dengan menghitung jumlah wisatawannya saja. Menggunakan data dari Bank Dunia tahun 2014 mengenai jumlah kedatangan turis di setiap negara, situs ini membandingkan jumlah kunjungan turis dalam satu tahun dengan jumlah populasi negara tersebut.

Hasilnya adalah didapatkannya nama negara-negara yang jumlah wisatawannya lebih banyak ketimbang populasi penduduknya. Setidaknya ada 41 negara di dunia yang memiliki wisatawan lebih banyak ketimbang jumlah penduduknya, dan berikut sepuluh besar di antaranya.

1. Andorra

Andorra merupakan negara di peringkat pertama dimana jumlah turis yang berkunjung ke negara tersebut lebih banyak hingga 32 kali lipat ketimbang jumlah penduduknya. Negara kecil yang berada di antara Spanyol dan Prancis ini dikenal memiliki lanskap pegunungan yang indah sebagai spot olahraga ski.

Andorra [image source]
Andorra [image source]
Per tahun 2014 dari data Bank Dunia diketahui bahwa jumlah kunjungan wisata ke negara Andorra sebanyak 2.363.000. Bandingkan dengan jumlah populasi penduduknya yang hanya sekitar 73 ribu jiwa. Lantas tak heran jika negara ini mendapatkan pemasukan yang sangat besar dari sektor pariwisata dimana devisa negara 80% di dapat dari kunjungan para turis.

2. Aruba

Aruba berada di posisi kedua sebagai negara berjumlah wisatawan lebih banyak ketimbang penduduknya dengan rasio perbandingan 1:10. Angka tersebut merujuk pada jumlah kunjungan wisatawan ke Aruba di tahun 2014 sebanyak lebih dari 1 juta pengunjung sedangkan penduduk negara ini hanya berjumlah 103 ribu jiwa saja.

Aruba [image source]
Aruba [image source]
Buat yang belum tahu tentang Aruba berikut deskripsi singkatnya. Aruba adalah salah satu negara konstituen Kerajaan Belanda yang terletak di Laut Karibia. Negara pulau ini hanya mempunyai luas sekitar 193 kilometer persegi dan posisinya lebih dekat ke negara Venezuela ketimbang Belanda. Banyaknya turis yang datang ke negara tersebut lantaran negara ini memiliki iklim hangat yang terjadi hampir sepanjang tahun dibanding wilayah Kepulauan Karibia lainnya.

3. Monako

Monako tercatat sebagai negara kecil yang cukup kaya. Terbukti negara ini mampu menjadi tuan rumah salah satu seri kompetisi jet darat F1 yang paling bergengsi di dunia. Menurut data dari Bank Dunia, Monako dihuni sekitar 38 ribu jiwa yang menempati lahan seluas 2,02 kilometer persegi. Ukurannya sangat kecil memang karena status negara ini pun berupa negara kota.

Monako [image source]
Monako [image source]
Monako, negara yang memiliki bendera kebangsaan yang sama dengan Indonesia ini berada di Eropa Barat dan wilayahnya berbatasan dengan Prancis. Maka tak heran jika klub sepakbola mereka bernama Monaco bermain di liga Prancis. Di tahun 2014 jumlah wisatawan asing yang datang ke Monako sebesar 329.000 orang. Jumlah tersebut lebih banyak 8 kali lipat dibanding jumlah penduduknya.

4. Bahrain

Bahrain adalah negara kepulauan yang terletak di dalam Teluk Persia. Negara tetangganya adalah Arab Saudi dan juga Qatar. Luas wilayah negara ini sebelas dua belas dengan wilayah DKI Jakarta dengan jumlah penduduk mencapai 1,3 juta jiwa. Sebagai salah satu anggota negara Timur Tengah, negara ini sangat kaya akan minyak buminya dan dari sana pula pendapatan utama negara didapat.

Bahrain [image source]
Bahrain [image source]
Tetapi lebih mencolok lagi saat ditinjau dari bidang pariwisatanya. Negara yang hanya seluas 765 kilometer persegi ini setiap tahunnya mampu menggaet kunjungan wisatawan asing sebanyak lebih dari 10 juta orang. Bandingkan dengan jumlah penduduk negara tersebut, maka akan didapatkan rasio perbandingan 1 dibanding 7.

5. Palau

Negara berikutnya berada di utara Papua Barat, Indonesia namanya adalah Palau. Ini merupakan negara republik yang tergabung dalam polinesia atau sekumpulan negara pulau kecil yang berada di tengah Samudera Pasifik. Palau mendapatkan kemerdekaannya dari Amerika Serikat di tahun 1994.

Palau [image source]
Palau [image source]
Jika dibandingkan dengan negara maju, kunjungan wisatawan asing ke negara ini memang tidak ada apa-apanya sebab hanya sebanyak 141.000 turis asing saja yang berkunjung ke sana pada tahun 2014. Namun jumlah tersebut akan terlihat wow saat dibandingkan dengan jumlah penduduknya yang hanya sekitar 21 ribu jiwa saja.

6. Malta

Sebagai negara kepulauan di Eropa Selatan, Malta memiliki daya tarik sendiri di mata traveler dunia khususnya mereka yang suka dengan kehidupan pantai dan pulau-pulau eksotis. Hal tersebut terbukti dengan jumlah kunjungan wisatawan asing yang mencapai 1.690.000 orang per tahun 2014.

Malta [image source]
Malta [image source]
Dengan luas wilayah yang hanya separuh Kota Jakarta dan jumlah penduduk tidak lebih dari 427 ribu jiwa menjadikan Malta sebagai salah satu negara di dunia dimana jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke negaranya jauh lebih banyak ketimbang jumlah populasi penduduknya.

7. Hong Kong

Meski status resminya adalah bagian dari negara China namun Hong Kong memiliki pemerintahan sendiri termasuk bendera dan lagu kebangsaan. Salah satu pendapatan utama daerah ini bertopang pada sektor pariwisata dimana setiap tahun Hong Kong bisa mendatangkan hampir 28 juta wisatawan ke daerahnya.

Hong Kong [image source]
Hong Kong [image source]
Pemandangan kota modern dengan banyak gedung pencakar langit serta padatnya perkotaan belum tentu isinya warga lokal Hong Kong semua. Pasalnya penduduk asli negara ini hanya sejumlah 7.242.000. Jadi bisa dipastikan jika ramainya Hong Kong lantaran jumlah masive turis asing yang berkunjung ke sana.

8. Bahama

Bahama sering kali digunakan sebagai gambaran dream destinastion traveling banyak wisatawan dunia. Negara ini punya pulau-pulau tropis yang eksotis dan laut yang sejernih kaca. resor mewah pun berceceran di wilayahnya menawarkan liburan mewah yang tak biasa.

Bahama [image source]
Bahama [image source]
Negara Persemakmuran Bahama terdiri dari kurang lebih 700 pulau yang tersebar di kawasan Karibia, Florida, Amerika Serikat. Sebagai daerah kepulauan negara ini memiliki luas wilayah yang cukup luas sekitar 13.878 kilometer persegi yang dihuni oleh sekitar 383 ribu penduduk. Tapi jumlah wisatawan yang berkunjung ke sana jauh lebih banyak dari pada penduduknya yakni pada kisaran 1,4 jutaan.

9. Bermuda

Bermuda juga menjadi salah satu tujuan wisata populer di dunia. Sebanyak 224.000 wisatawan memilih berlibur ke negara yang berada di Samudera Atlantik bagian utara sekaligus berada di seberang laut Britania Raya ini.

Bermuda [image source]
Bermuda [image source]
Jumlah kunjungan wisata tersebut menjadi kian spesial mengingat negara ini hanya dihuni oleh sekitar 65 ribu jiwa saja. Dengan kata lain jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke sana ada tiga kali lipat dibanding jumlah keseluruhan penduduknya.

10. Islandia

Negara terakhir yang menyandang status sebagai negara paling banyak wisatawannya adalah Islandia. Negara dengan julukan Tanah es ini berada sangat dekat dengan Kutub Utara. Pun demikian alamnya yang indah membuat banyak orang bermimpi untuk bisa traveling ke sana.

Islandia [image source]
Islandia [image source]
Menurut data tahun 2014 negara Islandia dihuni oleh lebih dari 327.000 penduduk sedangkan jumlah wisatawan yang liburan ke sana per tahun bisa mencapai tiga kali lipat jumlah penduduknya yakni sekitar 998.000 wisatawan. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Serunya Wisata Balon Udara di 4 Negara Luar Biasa

Bandar Lampung Punya Pulau Pasaran yang Tidak Pasaran