in

Serunya Wisata Balon Udara di 4 Negara Luar Biasa

Bagaimana rasanya mengapung di udara dan melihat pemandangan dari angkasa? Tentu memberikan pengalaman yang berbeda dari biasanya. Niscaya hal tersebut memang bisa dilakukan. Bukan lewat pesawat yang kelewat cepat atau helikopter yang eksklusif untuk kalangan tertentu, tetapi dengan menumpang balon udara.

Baca juga : 5 Kota Paling Nyaman Untuk Tempat Tinggal Dan Bikin Panjang Umur

Beberapa wisata dan festival balon udara dengan kaliber internasional memang banyak ditemukan di berbagai belahan dunia. Mulai dari benua Eropa sampai Afrika, bahkan Kutub Utara, berikut adalah 4 negara yang menawarkan wisata balon udara:

 Austria

Apa yang menarik dari wisata balon udara di Austria adalah pemandangan yang ditawarkan. Bukan sekadar pemandangan biasa, melainkan lereng-lereng gunung bersepuh salju yang biasa digunakan untuk arena ski.

Internasional Chateau d’Oex
Internasional Chateau d’Oex [Image Source]
Wisatawan bisa mengikuti wisata balon udara dalam kompetisi tahunan yang diselenggarakan di Filzmoos. Setiap bulan Januari pilot-pilot berpengalaman akan menerbangkan wisatawan ke atas gunung-gunung salju. Kalau wisata balon udara di Austria terlewatkan, masih ada festival balon udara internasional Chateau d’Oex yang digelar di negara tetangga, Swiss.

Tanzania

Kalau Austria dan Swiss menawarkan pemandangan gunung salju, wisata balon udara di Tanzania justru memiliki daya pikat yang lebih magis. Saat wisatawan mengarungi angkasa di atas balon udara, tepat di bawahnya ada lebih dari 2.000.000 wildebeest atau gnu dan 250.000 zebra yang berlarian.

Serengeti National Park
Serengeti National Park [Image Source]
Selain itu, wisatawan juga bisa menonton rusa, macan tutul, singa, kuda nil, jerapah, dan berbagai satwa liar yang ada di Serengeti National Park dari ketinggian. Mengingat Tanzania selalu dianugerahi iklim yang bersahabat, wisata balon udara di sini bisa dilakukan sepanjang tahun, dengan Maret dan Mei sebagai bulan terbaiknya, saat satwa liar bermigrasi.

Turki

Tidak perlu jauh-jauh ke bulan karena di Cappadocia, Turki, wisatawan bisa menonton topografi moonscape yang diklaim mirip dengan bulan dari atas balon udara. Selain itu, wisata yang terletak di wilayah Anatolia ini juga menawarkan pemandangan bebatuan ajaib yang disebut fairy chimney.

Cappadocia
Cappadocia [Image Source]
Pada musim dingin, fairy chimney akan semakin ajaib karena disalut salju. Sementara itu, pada musim panas, kebun-kebun anggur yang terletak di sela-sela bebatuan seolah menyeruak, meminta untuk diperhatikan. Itulah sebabnya wisata balon udara di Cappadocia paling banyak dikunjungi pada bulan April-Mei dan September-Oktober saat suhu belum terlalu dingin.

Kutub Utara

Kutub Utara memang tidak bisa disebut negara. Tapi kalau ada tempat yang layak diberi predikat paling luar biasa untuk wisata balon udara, tidak lain itu adalah Kutub Utara. Diselenggarakan oleh perusahaan Quark Expeditions, wisata balon udara bertajuk Arctic hot air balloon ride biasa dilakukan di Kutub Utara selama musim panas.

Arctic hot air baloon ride
Arctic hot air baloon ride [Image Source]
Quark Expeditions sendiri mengklaim sebagai satu-satunya perusahaan yang berani menyediakan plesiran balon udara ke Kutub Utara. Meskipun demikian, mengingat cuaca a la kutub yang sering kali berubah-ubah, ketinggian balon udara pun harus disesuaikan dengan keadaan. Biar ekstrem tetap selamat, mungkin itulah jargon yang diusung oleh perusahaan.

Selain empat negara di atas, wisata balon udara juga bisa ditemukan di Australia, Yordania, Kosta Rika, Inggris, dan berbagai negara lainnya. Tertarik mencobanya? Selamat mengapung di angkasa! Next

ramadan

Written by andi

andi

Begini Pemandangan Dari Puncak Gunung yang Lagi Hits di Pacitan

Jumlah Turis yang Berkunjung di 10 Negara ini Lebih Banyak Ketimbang Jumlah Penduduknya