in ,

Bandar Lampung Punya Pulau Pasaran yang Tidak Pasaran

Pulau Pasaran, via instagram

Liburan ke sebuah pulau umumnya diisi dengan kegiatan air seperti snorkeling, diving atau sekedar swimming. Tapi kalau traveler liburan ke Pulau Pasaran di Lampung, banyak ilmu yang bisa dibawa untuk oleh-oleh pulang sebab di pulau ini pengunjung bisa belajar cara pembuatan ikan asin.

Baca juga : Bukan Sulap Bukan Sihir, Ada Gurun Pasir Penuh Laguna di Brasil

Baca Juga :Ke Malang? Singgahi 7 Tempat Wisata Paling Oke Berikut Ini

Ibukota provinsi Lampung yakni kota Bandar Lampung bukan hanya menawarkan paket liburan belanja atau pun city viewing saja. Kota di pesisir Teluk Lampung ini memiliki banyak pilihan tempat wisata mulai dari sejarah, wisata alam hingga wisata edukasi. Nah, untuk yang satu ini adalah gabungan dari wisata alam dan edukasi, berkunjung ke Pulau Pasaran.

Pulau Pasaran, via instagram
Pulau Pasaran, via instagram

Tidak seperti pulau kebanyakan yang hanya menawarkan aktivitas air semata, di pulau ini pengunjung mempunyai banyak pilihan aktivitas seru. Pulau seluas tak lebih dari 8 hektar ini adalah pusat pembuatan ikan asin di Lampung. Pulau ini terletak di Teluk Lampung yang terpisah dari daratan utama sejauh 100 meter.

Pulau Pasaran dihuni oleh sekitar 140 kepala keluarga dan untuk mobilitas warga dan pengunjung lainnya dibangun jembatan penghubung yang terbuat dari kayu dan bisa dilalui kendaraan roda dua. Secara administratif pulau ini masuk ke dalam wilayah kecamatan Teluk Batung Barat, kota Bandar Lampung.

Jembatan Pulau Pasaran, via instagram
Jembatan Pulau Pasaran, via instagram

Traveler pecinta fotografi dengan tema human insterest bisa berkunjung ke pulau ini untuk mendapatkan foto-foto yang keren. Sebagian besar penduduk pulau ini bekerja sebagai nelayan. Hasil tangkapannya langsung diolah menjadi ikan asin. Pengunjung yang datang ke Pulau Pasaran bisa melihat proses pembuatannya mulai dari menangkap ikan hingga proses pengolahan ikan menjadi ikan asin.

Buat yang mau mengabadikan pemandangan alam bisa berkunjung ke Pulau Pasaran saat pagi atau petang. Dari pulau ini pemandangan matahari terbit dan tenggelam begitu cantik. Spot lainnya yang tak kalah keren untuk background foto adalah jembatan kayu penghubung Pulau Pasaran dengan daratan utama Bandar Lampung. Di sekitar jembatan tersebut banyak ditumbuhi pohon bakau.

Dermaga Pulau Pasaran, via instagram
Kawasan Pulau Pasaran, via instagram

Buat traveler yang masih bingung cara mengakses Pulau Pasaran bisa mengikuti petunjuk berikut: Ambil jalan menuju ke pasar Teluk Betung, kemudian lanjutkan ke arah Pasar Cimeng. Setelah itu tanya warga jalan menuju ke Pulau Pasaran sebab jalan berikutnya tidak terlalu besar dan hanya bisa dilalui kendaraan bermotor saja. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Jumlah Turis yang Berkunjung di 10 Negara ini Lebih Banyak Ketimbang Jumlah Penduduknya

4 Pesona Alam Chile yang Bikin Siapa Saja Jatuh Hati