in , , , , ,

Jurang Gandul Ponorogo, Pesona Air Terjun Memukau Ditengah Hutan Ngrayun

Siapa yang tak kenal dengan satu kota di Jawa Timur ini dengan sebutan kota Reog. Ponorogo memang terkenal dengan budaya kesenian Reog yang begitu keren. Kesenian Reog ini menjadi andalan Kota Ponorogo yang dapat dinikmati hingga ujung dunia. Namun Ponorogo tak hanya menyuguhkan kesenian yang mendunia namun juga menyimpan banyak destinasi alam yang begitu menawan. Menariknya banyak wisata alam yang tersembunyi atau belum terjamah oleh banyak pengunjung. Salah satunya air terjun Jurang Gandul.

Baca juga : Tempat-Tempat Menarik di Kabupaten Sragen, Bumi Sukowati Yang Selalu Meluluhkan Hati

Air terjun Jurang Gandul yang menakjubkan. Foto via instagram @@muhtarsa

Air Terjun Jurang Gandul Kab Ponorogo terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya di Ngagotirto, Baosan Lor, Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Air terjun ini sangat cocok bagi traveler untuk menenagkan diri dari rutinitas kantor dan sibuknya pekerjaan lainnya. Memang masih tahap pengelolaan swadaya oleh masyarakat, sehingga akses jalan menuju lokasi terbilang sulit. Namun jangan heran dengan suasan alam dan hutan yang dapat memanjakan mata dan menyejukkan pikiran.

Jangan khawatir, meskipun fasilitas pengunjung jurang Gandul sangat terbatas, namun masyarakat sekitar sangat terbuka. Kamu dapat menjadikan tempat parkir kendaraan mu di rumah rumah warga tepat berada diatas air terjun. Cukup dengan 20 menit jalan kaki menuju air terjun Jurang Gandul dengan menuruni jalan setapak kadang juga melewati bebatuan terjal yang harus ekstra hati hati.

Keunikan Jurang Gandul adalah bebatuan yang menjadikan air sungai tertampung seperti kolam kecil kecil. Foto via instagram @faisal_henghong

Di Jurang Gandul terdapat batu-batu besar dengab airnya yang jernih yang sangat cocok buat berfoto ria. Namun akses menuju lokasi air terjun cukup ekstrim karena disisi jalan menuju air terjun terdapat jurang yang curam. Kecuraman jurang ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Maklum, pengunjung yang datang kelokasi mayoritas kalangan muda mudi yang doyan petualang.

jernihnya air terjun membuat pengunjung betah bermain air. Foto via twitter.com

Tapi perlu diingat, kalau kita melihat ikan sidat disana sangat dilarang mengambil gambarnya. Karena sudah jadi pantangan tersendiri, apalagi diambil dan memancing. Tak lupa jangan membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan tidak alaminya lagi wisata tersebut. Jangan khawatir dengan tarif tiket masuk ke Jurang Gandul ini. Cukup Rp. 3.000 kamu sudah menikmati hawa sejuk dan jernihnya air sungai. Meski parkir dipelataran rumah warga, Siapkanlah uang Rp. 3.000 untuks egala jenis kendaraan. Next

ramadan
fi sungai tersempit

Sungai Hualai di China, Sungai Tersempit di Dunia Hanya 15 Sentimeter

Watu Semaur Ponorogo, Tebing Kokoh Dengan Asal Usul Gema Yang Unik