in , , , , ,

Sungai Hualai di China, Sungai Tersempit di Dunia Hanya 15 Sentimeter

fi sungai tersempit

Jika Sungai Nil adalah terpanjang di dunia dan di Indonesia ada sungai terpendek Tamborasi di Sulawesi Tenggara. Kemudian ada Sungai Hualai di China menjadi sungai tersempit di dunia, memiliki lebar hanya 15 sentimeter. Penasaran? Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Lagoa de Araraquara di Brasil, Seperti Lautan Coca Cola

Sungai Tersempit

sungai tersempit
Ilustrasi via [source image]

Sungai Hualai berada di dataran Mongolia tepatnya China bagian utara, menjadi sungai tersempit di dunia. Dilansir dari Oddity Central, lebar sungai rata-rata hanya 15 sentimeter pada titik terlebar dan titik tersempitnya 4 sentimeter dengan panjang mencapai 17 kilometer dan kedalamnya hingga 50 sentimeter.

Menuai Perdebatan

menuai perdebatan
Ilustrasi via [source image]

Kemudian karena terlihat seperti sebuah saluran air atau parit, sungai ini menuai perdebatan. Banyak pihak yang tidak setuju Hualai disebut sebagai sungai sebab terlalu sempit. Namun, aliran air terus mengalir sepanjang tahun, selain itu Hualai juga memiliki elemen menjadikannya sungai. Terdapat cekungan yang jelas, padang rumput dan beberapa faktor lainnya.

Mengalir Ribuan Tahun

mengalir ribuan tahun
Ilustrasi via [source image]

Selanjutnya para peneliti dari China mengatakan bahwa sungai ini telah mengalir sejak 10.000 tahun melalui Padang Rumput Gongger. Aliran air berasal dari mata air bawah tanah dan mengalir ke Danau Dalai Nur di Cagar Alam Hexigten Grasslands.

Sungai Jembatan Buku

sungai jembatan buku
Ilustrasi via [source image]

Sungai ini juga dikenal dengan Sungai Jembatan Buku, sebutan ini tak lepas dari cerita rakyat yang mengisahkan seorang anak laki-laki tersandung saat mencoba menyeberangi sungai lalu ia menjatuhkan buku tepat di salah satu bagian tersempit Hualai. Semenjak itu buku anak laki-laki tersebut menjadi jembatan yang berguna bagi semut untuk menyeberang. Sehingga nama Sungai Jembatan Buku sangat melekat.

Demikian ulasan Sungai Hualai di China menjadi Sungai Tersempit di Dunia, ingin pergi ke sana Teman Traveler? Next

ramadan
fi ubud kota wisata terbaik

Keren! Ubud Kota Wisata Terbaik Ke-4 di Dunia, Mengalahkan Seoul dan Kyoto

Jurang Gandul Ponorogo, Pesona Air Terjun Memukau Ditengah Hutan Ngrayun