in , ,

Menikmati Kesegaran Alami di Kali Lahar Blitar

Kali Lahar
Kali Lahar

Bagi sobat traveler yang pernah berolahraga ekstrim rafting, maka pasti tahu akan keindahan alam sungai yang satu ini. Bebatuan hasil pijaran magma ini selalu menjadi incaran para penikmat fotografi, baik untuk spot foto prewedding atau sekedar swafoto berlatar batuan cadas nan indah ini.

Baca juga : Mulai Minggu Depan! Penumpang KRL Wajib Kenakan Baju Lengan Panjang

Jernih air pada aliran air kali lahar (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Bagi teman traveler yang tidak berani akan olahraga ekstrim rafting nya namun ingin merasakan kenidahan alam sungai dangkal sembari memercikkan kedua kaki di aliran airnya nan jernih ini, maka di kab Blitar banyak menyediakan aliran air Kall Lahar yang sangat memanjakan mata.

Spot seperti ini banyak dijumpai di Blitar (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Peruntukan aliran Kali Lahar sendiri sebenarnya memang difungsikan sebagai jalan Lahar ketika Gunung Kelud meletus hebat pada tahun 1991 serta juga untuk sedikit meredam dan melokalisir  perjalanan wedus gembel ( awan dan debu panas). Lahar yang melewati jalur yang disediakan itu kemudian berubah menjadi bebatuan padat nan keras ketika terkena hawa dingin permukaan. Nah bebatuan yang terbentuk dengan besaran yang variatif ini lambat laun dialiri air pegunungan karena jalurnya yang memang lebih rendah dari permukaan tanah yang lain.

Guratan alami pada permukaan yang cantik (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Ternyata Kali Lahar banyak mendatangkan manfaat seiring berjalannya waktu seperti batu kalinya untuk campuran bahan bungunan, pasir berkualitas baik di sepanjang area aliran sungai, sebagai area Rafting yang sangat menantang karena kelokan air nya atau tempat foto yang berlatar batuan keras dengan aliran air dikedua sisinya.

Sesekali membasuh pada air yang ternyata dingin menggigil (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Lokasi Kali Lahar di kabupaten Blitar sebelah utara  dan timur memang banyak ditemui khususnya area yang deka dengan terdampak letusan Gunung Kelud seperti kecamatan Nglegok, Talun, Wlingi hingga Kesamben.

Riakan air dari kaki sungguh menyenangkan (c) Mei Indriani/Travelingyuk

Kali Lahar banyak menghubungkan desa yang terputus akses penghubungnya namun justru menjadi pemandangan menarik bagi para pengguna jalan ketika akses jembatan atau penghubung telah dapat digunakan.

Next

ramadan
Candi Jawi

Menelusuri Jejak Kerajaan Singhasari Di Candi Jawi

wisata Blitar Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakerjo, Wisata Blitar dengan Pasir Pantai yang Indah