in , , , ,

Rumah Kurcaci Tengah Hutan, Destinasi Unik Saat Weekend di Purbalingga

Berbagai Macam Rumah Kurcaci yang Jadi Spot Keren Mengabadikan Momen

Rumah Hobbit Berwarna Biru (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk
Rumah Hobbit Berwarna Biru (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler penggemar film Lord of The Rings dan film Sekuel The Hobbit pasti tidak akan asing dengan rumah-rumah imut yang tersembunyi di perbukitan hijau nan indah. Yup, rumah-rumah tersebut adalah gambaran dari tempat tinggal para Hobbit, makhluk fiksi berukuran kecil karangan J.R.R Tolkien. Saking menariknya, bahkan banyak pihak yang sengaja mengadopsi bentuk dan konsep rumah The Hobbit untuk dijadikan sebagai destinasi wisata yang kekinian dan tak kalah menarik dari objek wisata lainnya.

Baca juga : Festival Garis Imajiner, Cantiknya Jogja sebagai Kota Budaya

Berkunjung ke Rumah Hobbit

Rumah Hobbit Berpintu Merah (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk
Rumah Hobbit Berpintu Merah (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk

Di Indonesia sendiri sudah banyak destinasi wisata yang menawarkan nuansa perkampungan ala The Hobbit. Contoh destinasi wisata rumah Hobbit misalnya di Rumah Hobbit Rabbit Park di Blitar. Beberapa diantaranya adalah Lembah Semilir Karanganyar, kawasan Candi Gedong Songo Semarang, Bukit Grendeng Malang, area Coffe and Resto Glendmore Banyuwangi, Farm House Susu Bandung, Seribu Batu Songgo Langit Bantul, dan Taman Kelinci Malang.

Selain delapan destinasi wisata bertema The Hobbit yang sudah disebutkan, ada satu lagi destinasi wisata bertema The Hobbit yang bernama Kampung Kurcaci di Purbalingga, dengan ciri khas utamanya adalah rumah-rumah kecil yang tersembuyi di dalam gundukan tanah. Penasaran seperti apa The Hobbit versi Kampung Kurcaci Purbalingga? Ayo, simak ulasannya ya.

Spot Foto yang Instagenic

Rumah Panggung (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk
Rumah Panggung (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk

Sejak pertama kali dirintis pada tahun 2017 silam, kampung kurcaci memang sudah mulai viral. Banyak anak-anak hitz yang mulai memamerkan fotonya di Kampung Kurcaci ini. Destinasi ini memang memiliki daya pikatnya tersendiri dengan menghadirkan rumah-rumah mini dan rumah pohon yang unik.

Kawasan di Tengah Hutan (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk
Kawasan di Tengah Hutan (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk

Banyak spot-spot menarik yang instagenic abis di Kampung Kurcaci, seperti rumah mini ala The Hobbit yang terdiri dari 3 unit, rumah- rumah pohon, maupun nuansa hutan damar yang sangat asri dan eksotik yang tak kalah menarik untuk dijadikan lokasi utama berfoto. Selain itu, Teman Traveler juga bisa mengunjungi Curug Lawang yang tak kalah eksotik dari hutan damar. Lokasinya tak jauh dari Kampung Kurcaci, jika berjalan santai dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai di lokasi Curug Lawang.

Mulai Sepi Pengunjung

Tempat Pembelian Loket (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk
Tempat Pembelian Loket (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk

Pada tanggal 18 Juli 2019 lalu, nampak tak seorangpun wisatawan lain yang berkunjung. Penjaga loket pun mengakui jika Kampung Kurcaci sudah mulai sepi pengunjung apalagi di hari biasa, ada sedikit peningkatan jumlah pengunjung biasanya hanya saat hari Minggu atau saat liburan hari-hari besar tiba.

Berbeda dengan objek wisata lainnya seperti D’LAS, Rainbow Garden, dan Kutabawa Flower Garden yang tak jauh dari Kampung Kurcaci ini. Di waktu yang bersamaan nampak tak pernah sepi pengunjung kendati di hari-hari biasa. Barangkali wisatawan lebih tertarik dengan objek wisata yang lebih fress dan nampak ramai. Hadirnya destinasi-destinasi wisata baru yang mulai ramai dibicarakan orang, membuat Kampung Kurcaci nampak kurang menarik lagi di mata wisatawan.

Perlu Pembenahan dan Promosi

Rumah Hobbit Biru Merah (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk
Rumah Hobbit Biru Merah (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk

Semakin menurunnya jumlah pengunjung yang datang ke Kampung Kurcaci bukan tidak mungkin suatu saat nanti Kampung Kurcaci akan ditutup dan tidak lagi dijadikan sebagai objek wisata yang patut dibanggakan masyarakat Purbalingga.

Rumah Kurcaci (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk
Rumah Kurcaci (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk

Saat ini saja sudah ada beberapa fasilitas yang harus segera dilakukan pembenahan, seperti rumah-rumah kurcaci, bunga teratai yang sejatinya dapat mempermanis tampilan, dan perlengkapan outbond yang harus segera diperbaiki. Selain itu, perpustakaan mini yang awalnya ada di lokasi juga sudah tak ada lagi, padahal spot ini juga bisa dijadikan senjata yang menarik minat wisatawan.

Tempat Duduk di Dalam Rumah (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk
Tempat Duduk di Dalam Rumah (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk

Ketika awal-awal dibukanya Kampung Kurcaci, pengunjung bisa bertemu dengan Princess Snow White and Seven Dwarfs  ala dongeng Putri Salju. Bahkan mereka dapat diajak berfoto bersama, sayangnya, tidak dapat ditemui lagi di wisata ini. Hal ini juga bisa manjadi magnet bagi wisatawan.

Jembatan Kayu Gantung (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk
Jembatan Kayu Gantung (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk

Selain melakukan pembenahan ekstra, pengelola juga harus sering melakukan promosi untuk lebih menarik pengunjung. Padahal akun instagram milik Kampung Kurcaci sudah memiliki lebih dari 8.000 followers. Tidak ada salahnya sekali-kali mengadakan promo berupa tour murah atau paket wisata hemat yang melibatkan Kampung Kurcaci.

Tempat Duduk di Kampung Kurcaci (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk
Tempat Duduk di Kampung Kurcaci (c) Eva Oktavikasari/Travelingyuk

Jadi Teman Traveler, ayo kita sekali-kali berkunjung ke Kampung Kurcaci yang terletak di Desa Serang, Purbalingga ini, agar impian menciptakan perkampungan ala The Hobbit atau negeri dongeng Putri Salju tetap bisa jadi kenyataan. Next

ramadan

Nongkrong Asik Beralaskan Air di Tengah Hutan Belantara Malang

Depot Rame Rasa Cak To, Olahan Ikan dengan Sambal Spesial yang Bikin Ketagihan