in , , , , , ,

Kampung Organik Brejonk, Tawarkan Suasana Ala India di Tengah Mojokerto

Rasanya bak seperti di India

Kampung organik brejonk
asal mula

India memiliki industri perfilman yang sedang meroket di kancah internasional. Bahkan, seringkali film-film India muncul di layar kaca TV Tanah Air. Beberapa orang mungkin tertarik untuk mengunjungi India dan berbagai tempat menarik yang digunakan untuk lokasi syuting. Namun, teman traveler gak perlu jauh-jauh  menikmatinya, karena Kampung Organik Brejonk Mojokerto akan menawarkan suasana pedesaan ala India.

Baca juga : Asrinya Coban Siuk Malang Cocok untuk Piknik!

Asal Mula Kampung Brejonk

Via i/@kampung_organik_brejonk

Nama Brejonk berasal dari sumber mata air yang bernama Sumber Rejo di Desa Penanggungan. Warga sering menyebut sumber tersebut dengan nama Brejonk, bukan Sumber Rejo. Awalnya kampung ini merupakan kampung biasa pada umumnya yang memiliki nuansa pedesaan. Namun, seorang warga bernama Slamet berinisiatif untuk mendirikan sebuah kampung organik yang di setiap pekarangan rumahnya ditumbuhi berbagai aneka sayuran.

Karena tak ada satupun rumah yang kosong dari tumbuhan, maka disebutlah dengan nama kampung organik Brejonk, sekaligus untuk membranding kampung di Desa Penanggunggan ini. Total terdapat 200 KK yang tinggal di dusun ini, namun hanya 31 yang aktif menjadi perkumpulan Brejonk. Di perkumpulan tersebut, warga akan dilatih dan didampingi mendalami tentang pertanian organik, pinjaman RSO (Rumah Sayur Orgnik), suplai decomposer, rumah kemas hasil panen, hingga penjualan. Kampung Brejonk sendiri sebenarnya sudah ada sejak 12 tahun lalu, namun baru tersohor karena adanya Bunga Refugia yang baru saja ditanam setahun ini.

Pesona Alam Kampung Brejonk

Via ig/@kampung_organik_brejonk

Wisata desa Kampung Organik Brejonk ini berada tepat di lereng gunung dengan ketinggian 800 mdpl, dimana terdapat view landscape dan pemandangan dua gunung yakni Gunung Penanggungan dan Gunung Welireng. Yang menarik adalah pekarangan bunga Refugia berwarna kuning yang membentang luas. Jika dilihat sekilas, area ini seperti dalam lokasi syuting film Dilwale Dulhania Le Jayange yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan Kajol.  

Menurut Slamet, Bunga Refugia ini ditempatkan di satu petak lahan petani. Selain pesona hamparan Bunga Refugia, suasana pedesaan yang asri, pemandangan pegunungan, serta udara yang sejuk membuat para wisatawan serasa bebas dari segala beban dan hiruk pikuk kota.

Aktivitas di Kampung Brejonk

Via ig/@kampung_organik_brejonk

Kampung ini kini ramai sekali dikunjungi pada hari weekend. Pengunjung biasanya menghabiskan waktu untuk berswa foto atau sekedar menikmati udara segar pegunungan sambil menatap hamparan Bunga Refugia. Selain berwisaata alam, terdapat pula aneka makanan dan minuman organik yang dijajakan oleh warga sekitar.

Lokasi, Akses, dan Tiket Masuk

Via ig/@kampung_organik_brejonk

Kampung Brejonk berlokasi di Desa Penanggungan, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Karena letaknya di pelosok desa, pengunjung harus melwati area makadam dan meninggalkan kendaraan di parkiran yang jarakanya lumayan jauh. Namun, pemandangan di sekitar jalan menuju kampung bisa membuat setiap pengunjung lupa akan penatnya menyusuri jalan. Sementara, pengunjung hanya dikenai tarif Rp 5.000 untuk parkir kendaraan.

Rekomendasi Wisata Lain di Trawas, Mojokerto

Gunung Penanggunggan via ig/@mojokerto.seh

Nah, buat teman traveler yang belum puas dengan berwisata di Kampung Organik Brejonk, beberapa wisata alam lain di Trawas juga bisa dikunjungi seperti Bumi Perkemahan Dlundung, Air Terjun Dlundung, Duyung Trawas Hill, Gunung Penanggunggan, Air Tejun Watu Ondo, Puncak Jengger, Coban Canggu, dan masih banyak lagi yang bisa teman traveler explore.

Cukup menarik bukan? Hanya dengan tarif semurah itu teman traveler bisa menikmati suasana pedesaan ala India. Selain itu, beberapa wisata di Trawas bisa dikunjungi secara gratis loh. Next

ramadan

Written by dessy humairoh

Ibu rumah tangga yang hobi menulis dan bercerita. Menghabiskan waktu dengan anak sambil tetap produktif mengasah otak adalah hal yang menantang.

fi the westin

The Westin Surabaya, Akomodasi Wellness yang Memiliki Fasilitas Fantastis

fi cafe outdoor

Cafe Outdoor di Batu, Nongkrong Seru dengan View Keindahan Alam