in , , , ,

Kapulaga Indonesian Bistro: Dining dengan Atmosfer Menenangkan di Tengah Kota Bandung

Salah satu tempat makan nyaman di tengah Kota Bandung dengan atmosfir ruangan yang nyaman dan menenangkan

Ayam Sambal Matah
Ayam Sambal Matah

Salah satu daya tarik Kota Bandung adalah menjamurnya tempat-tempat nongkrong kekinian, termasuk Kapulaga Indonesian Bistro. Tempat makan ini terletak di Jalan Dayang Sumbi no. 3, posisi restoran ini seatap dengan Beehive Cafe & Eatery dan Beehive Boutique Hotel. Yuk simak ulasan berikut, Teman Traveler.

Baca juga : Tempat Menginap Murah Sekitar Alun Alun Kidul Solo, Jadi Kawasan Favorit Liburan Keluarga

Rindang dan Sejuk

dscf0949_ty_N02.jpg
Area Outdoor (c) Nydia Susanto/Travelingyuk

Kapulaga Indonesia Bistro merupakan tempat yang nyaman untuk bersantai bersama sahabat atau keluarga karena memiliki area outdoor dengan kebun yang luas dan pepohonan yang menyejukkan panca indera kamu. Hijaunya tanaman membuat Teman Traveler seolah lupa dengan keberadaan di tengah kota yang sarat keramaian dan kemacetan. Beruntungnya, kedatangan saya pada hari itu diiringi cuaca yang adem dengan angin sepoi-sepoi sehingga bikin betah nongkrong berlama-lama. Bagi yang membawa anak kecil, mereka dapat bermain di halaman sambil bermain perosotan untuk mengurangi kejenuhan.

dscf0955_ty_gvN.jpg
Area Outdoor (c) Nydia Susanto/Travelingyuk
dscf0953_ty_hIs.jpg
Permainan Anak-anak (c) Nydia Susanto/Travelingyuk
dscf0929_ty_uqn.jpg
Lantai Atas (c) Nydia Susanto/Travelingyuk

Hidangan Tradisional yang Mantap Jiwa

dscf0917_ty_HOa.jpg
Ayam Kapulaga (c) Nydia Susanto/Travelingyuk

Sesuai namanya, Kapulaga Indonesian Bistro menyajikan makanan dan minuman tradisional Indonesia, yang mayoritas makanan Sunda beserta beberapa daerah lain di Jawa dan Bali.

Awalnya, saya ingin mencoba gurame bakar kecap yang menjadi salah satu andalan Kapulaga. Namun karena habis untuk pesanan grup besar, akhirnya saya pesan ayam bakar Kapulaga yang juga menjadi favorit pengunjung. Rasa bumbu yang gurih santan dan sedikit manis membuatnya sangat cocok dimakan dengan nasi liwet yang gurihnya lebih ringan daripada nasi uduk.

dscf0923_ty_5XL.jpg
Nasi Liwet (c) Nydia Susanto/Travelingyuk

Ayam sambal matah pesanan teman saya ternyata tak kalah mantap karena gurih pedasnya lumayan nendang dengan bawang-bawangan, kemangi dan wangi sereh yang sedap. Sambal dadaknya, yang memang dibuatnya secara mendadak) pun recommended bagi yang suka rasa gurih pedas.

dscf0918_ty_DB6.jpg
Ayam Sambal Matah (c) Nydia Susanto/Travelingyuk
dscf0926_ty_tVq.jpg
Sambal Dadak (c) Nydia Susanto/Travelingyuk

Sebetulnya pada menu sayur tumis keciwis dan tahu cabai garam tidak tercantum lambang bunga, yang menandakan menu favorit. Tapi jangan salah, teman traveler. Justru tumisan sayurnya segar karena garing dan tidak lodoh. Tahu cabai garamnya benar-benar nikmat karena auran bubuk cabe dan daun-daunan irisnya pas banget asin gurihnya, jadi bikin ketagihan.

dscf0920_ty_buM.jpg
Tumis Keciwis (c) Nydia Susanto/Travelingyuk
dscf0915_ty_pm3.jpg
Tahu Cabai Garam (c) Nydia Susanto/Travelingyuk

Saya sangat puas dengan lemongrass squash-nya yang menyegarkan karena terasa asli rasa serehnya, bukan dari sirup. Kopi pada es cincau cappuccino-nya juga wangi dengan rasa bittersweet yang seimbang. 

dscf0906_ty_oqZ.jpg
Lemongrass Squash (c) Nydia Susanto/Travelingyuk
dscf0908_ty_LmD.jpg
Jus Sirsak (c) Nydia Susanto/Travelingyuk
dscf0958_ty_sEv.jpg
Es Cincau Cappuccino (c) Nydia Susanto/Travelingyuk

Tentunya masih ada daftar panjang menu lain yang tak kalah serunya bila kembali suatu hari, misalnya nasi timbel komplit, nasi sop pindang daging, nasi tutug oncom, es peuyeum, gula asem, gurame cabai garam, cireng seblak, bala-bala banjur dan banyak lagi. Bila ingin dessert bergaya western, terdapat panna cotta yang stoknya diambil dari Beehives Cafe and Eatery.

Paket Keluarga

dscf0928_ty_26v.jpg
Lantai Atas (c) Nydia Susanto/Travelingyuk

Luasnya area dining membuat Kapulaga sering menjadi lokasi pilihan untuk menampung rombongan besar untuk acara keluarga dan kantor, seperti perayaan ulang tahun, reuni dan banyak lagi. Kapulaga menyediakan 3 jenis paket keluarga (Family Package) untuk 4 orang, yakni Kapulaga 1 seharga Rp. 235.000++, Kapulaga 2 seharga Rp. 290.000++ dan Kapulaga 3 seharga Rp. 375.000++. Yang membuat harga 1 paket berbeda dengan paket lainnya adalah ragam menu yang ditawarkan. Misalnya, terdapat gurame goreng di paket Kapulaga 3 selain sate ayam, ayam goreng dan sayur asem, yang tidak tersedia di paket Kapulaga 1 dan 2. Semua paket sudah termasuk lalapan sambal, krupuk aci, teh, tahu goreng dan nasi putih atau nasi liwet.

dscf0948_ty_jPx.jpg
Area Indoor (c) Nydia Susanto/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang berkunjung dengan grup minimal 5 orang, Paket Botram bisa dijadikan pilihan yang terdiri dari nasi liwet, ayam goreng kremes, ikan asin, tahu, tempe, sambal terasi, lalapan, kerupuk aci dan teh tawar yang ditawarkan seharga Rp. 58.000++ per orang.

Harga Relatif Terjangkau

dscf0940_ty_8hY.jpg
Area Kasir dan Penerimaan Tamu (c) Nydia Susanto/Travelingyuk

Secara keseluruhan, kualitas produk di Kapulaga terbilang baik dan memuaskan. Kami menghabiskan sekitar Rp. 80.000 per orang dengan menu yang beragam, termasuk tidak kelewat mahal untuk restoran besar. Tentunya menu paket akan lebih murah lagi harga per orangnya, sekitar Rp. 60.000-an. Minuman-minuman yang bervariasi (tidak termasuk es teh), dari jus, aneka squash hingga kopi ditawarkan antara Rp. 23.000 sampai Rp. 30.000, juga relatif terjangkau.

Itulah salah satu tempat makan nyaman di tengah Kota Bandung yang diulas oleh Nydia Teresa Susanto (Kontributor Travelingyuk). Mau makan enak dengan atmosfir ruangan yang nyaman dan menenangkan di tengah kota? Kapulaga Indonesian Bistro bisa jadi wisata kuliner yang tepat bagi Teman Traveler. Selamat mencoba! Next

ramadan

Mie Ayam Unik di Jogja, Bukan Disajikan dengan Mangkuk Melainkan Alat Masak

Gratis hingga Februari, Serunya Menjajal Kereta Bandara Adi Soemarmo-Solo Balapan