in , ,

Penampakan Kawah 3 Gunung di Jawa Barat, Semuanya Memukau

Ada satu gunung yang punya banyak kawah nih

Sudah bukan hal yang asing lagi, kalau Indonesia mempunyai banyak gunung di dalamnya. Salah satunya seperti Jawa Barat yang punya beberapa gunung aktif dengan kawah-kawah menakjubkan di dalamnya. Nah, kali ini artikel akan menyajikan sejumlah kawah gunung yang ada di Jawa Barat. Berikut ulasannya.

Baca juga : Sosok Misterius dalam Lukisan di Hotel Tugu Malang Ternyata Seorang Ibu Negara

1. Gunung Gede

kawah gunung jawa barat
Kawah Gunung Gede (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Pertama, ada Gunung Gede yang berlokasi di dua wilayah, yaitu Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Gunung yang memiliki ketinggian 2958 mdpl ini mempunyai tiga kawah yang masih aktif hingga kini. Namanya adalah Lanang, Ratu dan Wadon. Sampai sekarang, ketiga kawah ini masih dicari-cari oleh para pendaki, lantaran pesonanya yang menakjubkan.

kawah gunung jawa barat
Berfoto di dekat kawah Gunung Gede (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

2. Gunung Ciremai

kawah gunung jawa barat
Pemandangan kawah Gunung Ciremai (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Selanjutnya, ada Gunung Ciremai yang memiliki kawah cantik. Berada di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, gunung ini memiliki kawah ganda. Untuk kawah barat beradius 400 m yang terpotong oleh kawah timur dengan radius 600 m.

whatsapp_image_2020_01_23_at_19_Y5w.jpeg
Berfoto di dekat kawah Gunung Ciremai (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

3. Gunung Papandayan

whatsapp_image_2020_01_23_at_19_feM.jpeg
Pemandangan sekitar kawah Gunung Papandayan (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Terakhir, ada Gunung Papandayan yang memiliki ketinggian sekitar 2665 meter. Gunung yang berlokasi di Kecamatan Cisurupan tersebut ternyata punya banyak kawah menakjubkan. Antara lain Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk.

whatsapp_image_2020_01_23_at_19_2JK.jpeg
Bebatuan sekitar kawah Gunung Papandayan (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

4. Tips untuk Melihat Kawah

whatsapp_image_2020_01_23_at_23_N9I.jpeg
Berfoto dengan tulisan Puncak Ciremai (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Meskipun pesona kawah yang disajikan gunung-gunung tersebut sangat menakjubkan namun tetap harus tetap hati-hati. Karena dari kawah biasanya terdapat hawa panas yang dikeluarkan dari perut bumi. Selain itu kawah juga biasanya mengeluarkan asap gas sulfur yang berbau tajam, sehingga tidak boleh terlalu banyak terhirup dan masuk ke dalam tubuh.

whatsapp_image_2020_01_23_at_23_ktp.jpeg
Kawah Gunung Papandayan (c) Reza Zahrotul/Travelingyuk

Oleh karena itu, selalu sedia dan pakai masker saat berkunjung ke gunung-gunung yang memiliki kawah. Kemudian, selalu usahakan jangan terlalu dekat dengan bibir kawah karena biasanya kondisi tanah di sekitar kawah mayoritas berupa pasir yang licin, dan dikhawatirkan jika terlalu dekat bisa tergelincir ke dalam kawah.

Itulah 3 kawah gunung yang ada di Jawa Barat. Semuanya memiliki pesona indah masing-masing yang membuat kalian takjub. Bagaimana, apakah kalian berencana untuk menjelajahinya? Next

ramadan

Koperasi Susu SAE Pujon, Kafe Sekaligus Sentra Oleh-oleh Segala Susu

Kopi Gober, Kafe Mewah Terbaru Surabaya dengan Harga Menu Murah