in ,

Luas Banget, Ternyata Banyak Tempat Indah Tak Berpolusi di Cina

Wisata bebas polusi di Cina
Wisata bebas polusi di Cina

China merupakan salah satu negara dengan udara paling kotor di dunia. Tingginya industri di Negeri Tirai Bambu ini ternyata tak dibarengi dengan pengolahan limbah yang canggih. Polusi udara dan air di Cina termasuk parah. Namun, masih ada lho tempat indah yang sejuk dengan udara bersih. Di mana saja?

Baca juga : Aneka Ragam Candi di Angkor Wat, Yuk Jelajah Satu Persatu

Jiuzhaigou

Danau 5 warna di Jiuzhaigou
Danau 5 warna di Jiuzhaigou [image source]
Lembah Jiuzhaigou disebut danau tercantik di dunia. Memiliki 5 warna yang dikarenakan kandungan mineral, seperti kalsium karbonat dan hidrofita (tumbuhan air) yang hidup di dalam air. Penduduk setempat pun percaya lembah ini adalah rumah para peri karena airnya selalu hangat dan tak beku di musim dingin.

Jiuzhaigou Valley, Cina
Jiuzhaigou Valley, Cina [image source]

Kota Suzhou

Kuil di Suzhou
Kuil di Suzhou [image source]
Kota paling sejuk di Asia ternyata ada di Cina, yaitu Suzhou. Ada sekitar 60 taman yang ditumbuhi berbagai tanaman di kota ini. Sejuk dan damainya Suzhou sudah ada sejak tahun 540 SM atas prakarsa Raja Helu dari Kerajaan Wu. Serunya, ada sungai yang disebut sebagai Italia-nya Cina.

Shan Tang - Suzhou Old Town
Shan Tang – Suzhou Old Town [image source]

Yangshuo

Yangshuo, Cina
Yangshuo, Cina [image source]
Yangshuo disebut sebagai kota wisata yang tak pernah tidur. Namun, yang ditawarkan adalah keindahan alam dan juga berbagai atraksi yang dipersembahkan untuk para turis, seperti opera yang menceritakan legenda Suku Zhuang, penghuni Yangshuo ini. Meski dikenal sebagai kota seribu bukit, yang paling terkenal ada 3, yaitu Moon Hill, Mural Hill, dan Schoolboy Hill.

Yangshuo
Yangshuo [image source]

Yuanyang Rice Terraces

Yuanyang Rice Terraces
Yuanyang Rice Terraces [image source]
Indonesia memiliki Ubud yang terkenal sebagai salah satu kota yang terbaik di dunia, dengan keindahan sawahnya yang menjadi daya tarik para wisatawan asing. Cina juga punya Yuanyang yang terasiringnya seindah lukisan. Komplek persawahan yang disebut ‘Tangga Menuju Surga’ ini sudah dimiliki penghuninya, Suku Hani sejak 2500 tahun yang lalu. Sejuk banget, kan?

Sunset Yuanyang Rice Terraces
Sunset Yuanyang Rice Terraces [image source]
Nah, itu tadi beberapa tempat indah dan bebas polusi yang bisa dijadikan destinasi saat berkunjung ke Negeri Tirai Bambu. Jangan lupa untuk meluangkan waktu ke Chegdu untuk memeluk panda yang lucu. Bagaimana, tertarik kan? Next

ramadan
Turis-mengejar-antelop

Lakukan Ini Demi Foto, Wisatawan Cina Didenda 200 Juta

Belanja Oleh-oleh Thailand di Sini Murah, Kaus Rp 30 Ribu Masih Bisa Ditawar Lagi