in , ,

Menyatu dengan Alam di Kawasan Ekowisata Tangkahan, Kabupaten Langkat

Kawasan Ekowisata Tangkahan di Sumatera Utara

Kawasan Ekowisata Tangkahan
Kawasan Ekowisata Tangkahan (c) Bang Harlen/Travelingyuk

Keindahan alam Indonesia membuat siapapun terbuai. Meski awalnya hanya tahu dari foto, tapi siapapun bakal langsung jatuh cinta. Begitu pula keindahan Tangkahan yang tak hanya menarik karena pemandangan asri, tapi juga udara sejuk dan menyegarkannya. Lalu seperti apa sih istimewanya kawasan ekowisata Tangkahan di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara ini? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Bang Harlen yang sudah berkunjung ke sana.

Baca juga : Cold Brew di Kota Malang, Sajian Es Kopi Segar

1. Memandikan Gajah

Sumber : https://www.instagram.com/bang_harlen/
Memandikan Gajah di Kabupaten Langkat (c)Bang Harlen/Travelingyuk

Hewan besar dengan belalai panjang ini bisa ditemukan di Tangkahan. Tidak hanya melihat, Teman Traveler juga punya kesempatan untuk memandikan satwa yang populasinya mulai terancam ini. Sebelum itu, pastikan terlebih dahulu untuk merogoh kocek sebesar Rp100.000/orang untuk melakukan berbagai hal seru bersama gajah. Sedikit info tambahan, kegiatan memandikan gajah tersebut dimulai sekitar jam 3.30 sore, karena waktu siang Gajahnya masih bermain di dalam hutan.

2. Menunggangi Gajah

Sumber : https://www.instagram.com/bang_harlen/
Menunggangi Gajah di Langkat (c)Bang Harlen/Travelingyuk

Tidak hanya memandikan gajah, kawasan ekowisata Tangkahan ini juga menyajikan pengalaman seru menunggangi kuda. Biaya yang dikeluarkan untuk merasakan pengalaman ini adalah Rp35.000 per orangnya. Jika ingin sekalian jelajah kawasan hutan Taman Nasional Gunung Leuser dengan menggunakan hewan bernama latin Elephas Maximus Sumatranus ini, Teman Traveler harus mengeluarkan uang lebih lagi.

3. Jelajah Sungai yang Jernih

Sumber : https://www.instagram.com/bang_harlen/
Jelajah sungai jernih (c)Bang Harlen/Travelingyuk

Kawasan Ekowisata yang berada di Kabupaten Langkat ini ternyata dibelah oleh Sungai Batang Serangan. Jadi, tidak heran jika Tangkahan ini memiliki banyak anak Sungai. Hal ini bisa menjadi spot menarik untuk Teman Traveler jelajahi. Ada dua alternatif yang bisa dipilih untuk menjelajahi area sungai berwarna hijau tosca tersebut. Pertama, dengan melakukan tubing, yaitu meluncur di atas permukaan sungai dengan menggunakan ban dalam mobil. Nah, aktivitas seru ini dikenai biaya sebesar Rp80.000/orang.  Ada juga menggunakan perahu boat dengan biaya Rp10.000 saja. Terjangkau banget kan?

4. Panorama Alam yang Indah

Panorama alam yang Indah
Panorama alam yang Indah (c)Bang Harlen/Travelingyuk

Hal menarik selanjutnya yang bisa dilakukan saat liburan di Tangkahan adalah menikmati alam. Seperti yang diketahui, kawasan ekowisata ini merupakan area Taman Nasional Gunung Leuser. Sehingga, hampir setiap sudutnya menyajikan panorama alam yang menakjubkan. Pepohonan hijau, sungai jernih, suara hewan, hingga gemericik air bikin pikiran terelaksasi. Tempat ini juga direkomendasikan untuk Teman Traveler yang hobi fotografi. Banyak spot-spot keren yang dapat diabadikan lewat lensa kamera. Dijamin liburan makin berkesan ketika sampai di sini.

Itulah empat alasan kalian wajib berkunjung ke kawasan ekowisata Tangkahan. Masih banyak hal-hal menarik lainnya di sini, lho. Kalau Teman Traveler penasaran, silahkan datang sendiri untuk membuktikannya. Next

ramadan

Written by Bang Harlen

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Kedaton Kutai Kertanegara

Jelajah Objek Wisata di Tenggarong, Kota Cantiknya Kutai Kartanegara

Via Instagram/mario_mm38

Begini Gaya Travelingnya Mario Maurer, Rajanya Film Thailand yang Tak Lekang oleh Zaman