in ,

Dongdaemon, Lokasi Jokowi Blusukan Bareng Presiden Korea Selatan

Keliling Kawasan Perbelanjaan Dongdaemoon Yuk! Tempat Jokowi Diajak Blusukan Presiden Korea Selatan

Keramaian di Kawasan Perbelanjaan Dongdaemoon

Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Korea Selatan beberapa hari lalu menjadi berita yang menarik perhatian. Kegiatan Jokowi selama di sana, menjadi sorotan. Mulai dari memberikan kuliah umum di Hankuk University, Goyang Dayung bersama para personel Suju hingga diajak blusukan oleh Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in. Kawasan perbelanjaan Dongdaemoon adalah lokasi yang dituju kedua Presiden tersebut. Untuk menjawab rasa penasaran Teman Traveler, intip yuk bagaimana surga belanja di Korea Selatan ini.

Baca juga : Wisata di Jepang untuk Melihat Musim Gugur, Indahnya Luar Biasa

1. Salah Satu Destinasi Belanja Terbesar di Korea

Salah Satu Kawasan Belanja Pakaian Terbesar di Korea Selatan
Salah Satu Kawasan Belanja Pakaian Terbesar di Korea Selatan via Instagram/nining_wahyoe

Dongdaemoon Market atau Dongdaemun Sijang atau Pasar Dongdaemun, merupakan salah satu kawasan perbelanjaan terbesar yang ada di Distrik Dongdaemun, Korea Selatan. Dibuka sejak 1905, pasar ini mulai menemukan “jati diri” sebagai salah satu pusat fashion Korea pada tahun 1970-an. Nah, sejak saat itu hingga kini, Dongdaemoon berkembang semakin besar dan lengkap! Bersama dengan Pasar Gwangjang, Dongdaemun siap memenuhi hasrat Teman Traveler dalam berbusana.

2. Tanah Abang ala Korea

Tanah Abang ala Korea
Tanah Abang ala Korea via Instagram/silbaramtextile

Fashion Korea menjadi kiblat baru dalam dunia mode. Desainnya yang lucu, sederhana tapi manis mulai menjadi selera berpakaian baru bagi kaum wanita muda. Kalau Teman Traveler jalan-jalan ke Korea Selatan dan ingin cari baju-baju casual ala drama Korea, bisa datang ke kawasan ini. Dongdaemun Market menyediakan beragam keperluan busana, persis seperti Tanah Abang di ibu kota. Di sini, Teman Traveler bisa menemukan model pakaian terkini, kain-kain berkualitas hingga aksesori dengan harga terjangkau. Menggiurkan!

3. Tempat Terbaik di Dongdaemoon, dari Pasar Loak Hingga Departement Store

Keramaian di Kawasan Perbelanjaan Dongdaemoon
Keramaian di Kawasan Perbelanjaan Dongdaemoon via Instagram/corsomotion_tour

Karena merupakan pusat mode Korea Selatan, kawasan perbelanjaan Dongdaemoon ramai dengan macam-macam pedagang pakaian. Teman Traveler bisa menemukan baju-baju berkualitas, dari tangan para pegadang di pasar loak sampai departemen store. Kios-kios tradisional sampai outlet yang menjual merek terkenal pun ada di sini. Semua ada dan lengkap! Kebutuhan grosir juga siap dilayani oleh Dongdaemoon! Jadi, jika Teman Traveler berniat membuka usaha di bidang pakaian ala-ala Korea, bisa langsung belanja di sini sebagai pusatnya!

4. Tips Belanja di Dongdaemoon

Harus Pintar Menawar!
Harus Pintar Menawar! via Instagram/jungyeon_seoulcloset

Agar wisata belanja Teman Traveler ke Kawasan Dongdaemoon berjalan dengan menyenangkan, ada beberapa tips yang bisa dicoba! Tips pertama adalah sediakan uang tunai dibanding kartu kredit atau tipe pembayaran lain. Selanjutnya, tentukan lebih dulu, apakah Teman Traveler akan berbelanja secara grosir atau ecer. Karena, di Dongdaemoon, toko-toko yang melayani penjualan ecer dan grosir memasang harga berbeda.

Hal yang tidak kalah penting untuk membuat wisata belanja Teman Traveler di kawasan ini menyenangkan adalah menentukan waktu belanja. Jika ingin belanja secara ecer, sebaiknya datang siang hari. Namun, jika Teman Traveler ingin belanja secara grosir, datang di malam hari.

Tips terakhir dan paling penting saat belanja di kawasan perbelanjaan Dongdaemoon adalah berani menawar! Apalagi terhadap wisatawan asing, para pedagang bisa membandrol sebuah pakaian dengan harga yang lumayan. Nah, agar tidak terjebak, berani menawar adalah keharusan ya, Teman Traveler!

Jelajah ke desa-desa wisata di Korea Selatan, jajan foodstreet­-nya lalu belanja di kawasan Dongdaemoon adalah satu paket yang tidak boleh dilewatkan saat liburan ke Korea Selatan! Jadi kapan?! Next

ramadan

Indonesia Jadi Country of Honor di IFTM Top Resa ke 40 Tahun, Keren!

Padepokan Soko Langit Wonogiri

Padepokan Soko Langit, Wisata Alam Cantik di Perbukitan Wonogiri