in , ,

Buat Jatuh Cinta! 4 Kedai Batagor dan Siomay Terenak di Yogyakarta

Cemilan Batagor dan Siomay Lezat di Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu kota wisata yang menawarkan keindahan alam serta budaya untuk Teman Traveler jelajahi. Begitupula kuliner, ada yang cukup terkenal dan legendaris loh di DI Yogyakarta, Apa itu? Yup, Batagor. Terdapat beberapa tempat di Yogyakarta yang bisa banget Teman Traveler kunjungi dan coba, agar penjelajahanmu di Kota Gudeg. Simak rekomendasi batagor dibawah ini ya!

Baca juga : Jelajah Wisata di Solok, Mampir Setelah Hadiri Baralek Gadang Festival

1. Batagor Sempurna

Batagor Sempurna via Instagram @gilamakanofficial

Tempat pertama yang wajib banget Teman Traveler kunjungi adalah Batagor Sempurna yang lebih sering disebut dengan nama batagor sagan karena lokasinya yang terletak di Jalan Colombo, Caturtunggal, Depok dan terletak di depan SPBU Sagan. Batagor yang cukup legendaris ini telah hadir sejak tahun 1993. Terbuat dari ikan tenggiri asli yang dicampur dengan tepung tapioka dan dibumbui menjadi satu adonan yang siap digabungkan dengan tahu lalu digoreng. Setelah itu, batagor kemudian disiram dengan bumbu kacang khas.

Rasa yang ditawarkan juga cukup unik berpadu antara gurih, asin, dan renyah dalam satu gigitan.  Buat Teman Traveler yang doyan pedas, bisa meracik sendiri sambal yang disediakan. Kedai ini juga menjual bubur ayam dan siomay. Bagi Teman Traveler yang ingin makan batagor dan siomay, bisa memesan menu campur yang terdiri dari siomay dan batagor dalam satu piring. Satu porsi siomay, batagor, bubur ayam ataupun batagor campur siomay dibanderol dengan harga Rp10.000/porsi. Murah banget kan?

2. Siomay & Batagor ‘1512’ Kang Is

Siomay dan Batagor Kang Is 1512 via Instagram @kulineryogya

Kedua, ada siomay & batagor ‘1512’ Kang Is yang terletak di Jalan Magelang Km 5,5, Kabupaten Sleman. Menu yang ditawarkan yaitu siomay dan batagor. Ketika Teman Traveler sampai di sana, pelayan akan menyambut dan mempersilahkan pengunjung untuk memesan. Jika memesan siomay, Teman Traveler dapat memilih agar hidangan siomay itu digoreng terlebih dahulu atau langsung disajikan. Penyajian siomay atau batagor akan dipotong-potong dan disiram dengan bumbu kacang serta diberi irisan jeruk limau pada tepi piring.

Sambal dan kecap manis disediakan di tiap meja dan dapat Teman Traveler gunakan sesuai selera. Untuk harga per item dibanderol dengan harga mulai Rp3.000 untuk siomay, kol, kentang, tahu, pare dan telur. Sedangkan, Rp4.000 untuk batagor. Jika ingin mencicipi siomay dan batagor ini pastikan datang pada hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 10:00 – 21:00 WIB.

3. Es Doger, Batagor, Siomay Balai Yasa

Batagor Balai Yasa via Instagram @javafoodie

Ketiga ada batagor yang berlokasi di Jalan Kusbini, Demangan, Kecamatan Gondokusuman. Dalam satu porsi batagor terdiri dari tahu, kentang, serta siomay goreng yang disiram menggunakan bumbu kacang serta kecap manis. Rasa yang ditawarkan cukup unik dan menggugah selera lho.

Teman traveler juga dapat menyantap satu porsi siomay. Tidak hanya itu, kedai ini juga menjual es doger yang dapat menemani santapan batagor dan siomay Teman Traveler. Untuk satu porsi batagor dan siomay, Teman Traveler perlu membayar sebesar Rp13.000/porsi dan es doger hanya dibanderol Rp10.000/gelas. Kedai ini mulai buka pada pukul 09:00 hingga 16:00 WIB.

4. Batagor Putra Abimanyu

Batagor Siomay Putra Abimanyu via Instagram @batagor_abimanyuu

Terakhir adalah batagor yang terletak di Jalan DI Panjaitan No 100 – 101, Mantrijeron. Kuliner ini menjadi salah satu favorit masyarakat Yogyakarta bagian selatan. Gerobak pink yang terletak di pinggir jalan ini menjual batagor dan siomay dengan harga mulai dari Rp9.000 hingga Rp10.000. Jika Teman Traveler ingin mencoba, kuliner satu ini buka mulai jam 08:30 hingga 17:00.

Batagor digoreng sedikit demi sedikit, sehingga ketika Teman Traveler memesan menu ini, sajiannya terbilang masih hangat. Satu porsi batagor dilengkapi dengan irisan timun dan jeruk limau serta sambal di tepi piring. Teman Traveler juga dapat menyantap batagor dan siomay dalam satu porsi lho tapi jangan kesiangan ya, karena siomay di kedai ini biasanya sudah habis saat siang.

Itulah 4 kuliner batagor yang recommended di Jogja. Pastikan Teman Traveler cicipi ya ketika berada di Kota Pelajar dan jangan sampai melewatkan kesempatan emas ini! Next

ramadan

Wing Heng, Kuliner Dim Sum Terbaik di Jakarta Utara yang Bikin Ngiler!

Miris Tapi Kocak Abis! 8 Pengalaman Unik Work From Home di Indonesia