in , , ,

Kemegahan Masjid Salman Al Farizi Dau, Miniatur Taj Mahal Versi Malang

Kota Malang merupakan salah satu kota di Jawa timu yang tak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan domestik bahkan mancanegara. Tak hanya wisata alam yang disuguhkan oleh kota pendidikan satu ini. Banyak destinasi wisata dengan arsitektur unik nan megah dapat dijumpai di kota tersebut. Bangunan bangunan kuno bersejarah hingga arsitektur modern membuat kagum para traveler yang menikmatinya. Salah satunya adalah wisata religi, masjid Salman Al Farizi.

Baca juga : Indahnya Pulau Kelagian Kecil yang Tersembunyi di Teluk Lampung

Arsitektur masjid Salman Al Farizi yang menawan. Foto via gurusinau.com

Masjid Salman Alfarisi Malang berada tepat di jalan Karangampel timur, Desa Karang Widoro, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Karena warna dan rancangannya yang megah ini maka banyak warga sekitar atau warga yang melintas seringkali menyebut Masjid Salman Alfarisi sebagai Taj Mahal nya Malang. Masjid ini adalah sebuah masjid megah yang berada ditengah pedesaan dan area perkebunan atau persawahan yang ada di kabupaten Malang. Ditambah lagi dengan background gunung arjuna, kawi dan panderman sehingga tampak asri dan natural. Keberadaannya pun cukup unik, selain berada di pedesaan dan diarea persawahan juga bentuknya yang cukup megah dan mewah menjadikanya sebagai bangunan paling keren disekitarnya.

Masjid megah ditengah hamparan sawah dan gunung. foto via localguidesconnect.com

Kemegahan, keunikan kubah dan interiornya sangat menarik untuk dijadikan latar foto dan spot foto instagenik. Dikatakan mirip Taj Mahal karena Masjid ini memiliki kubah yang berbentuk bulat dan beberapa kubah lainnya sebagaimana Taj Mahal yang merepresentasikan pengaruh Hindu dan Islam. Disisi luar, Masjid Salman dipercantik dengan 8 menara di masing-masing sisi serta tiga kubah besar di tengahnya. Begitu juga dengan pintu utamanya yang menghadap selatan, bukan menghadap barat sebagaimana masjid umumnya.

Pada sisi lainnya terdapat sebuah pintu masuk dari sisi utara dan timur. Untuk interior masjid pun sangat unik dan artistik. Kemegahan interior tampak gagah dengan adanya empat pilar berukuran besar sebagai penyangga atap masjid yang berkubah besar ini. Pilar tersebut sering kali dijadikan spot foto bagi para jemaah yang datang ke Masjid Salman Alfarisi. Sementara jarak antara lantai dengan atap bangunan cukup tinggi. Sehingga menimbulkan kesan luas dan megah. Tak hanya itu, masjid tersebut tak perlu lagi dengan pendingin ruangan, karena ketinggian bangunan membuat suhu ruang tetap sejuk dan dingin.

Salah satu sisi interior depan pintu masjid Salman. Foto via brisik.id

Masjid Salman Alfarisi dibangun sejak 2012 dan berakhir dipertengahan 2017 yang artinya pembangunannya sendiri cukup lama yakni hampir 5 tahun. Masjid megah ini memiliki luas 1.600 meter persegi dengan belasan kubah yang cantik disekitar kubah utama. Tak heran, hampir setiap hari banyak pengunjung yang datang untuk beribadah sekaligus berwisata dengan berfoto di berbagai area masjid. Bangunan masjid mulai dari tiang sampai kubah didominasi oleh warna putih yang membuatnya semakin terlihat mewah dan mahal. Next

ramadan

Sensasi Mendaki Puthuk Gragal Pacet Mojokerto, Bukit Indah Dengan Treking Yang Terjal

fi sumur neraka

Sumur Neraka di Yaman, Konon Terkutuk dan Dihuni Roh Jahat