in , , , , , , ,

Suguhan Kemewahan Wisata Dengan Kereta Panoramic Jakarta-Yogyakarta

Belakangan ini banyak sekali perbincangan mengenai kereta api panoramic dikalangan pecinta railfan. Salah satu kereta api dengan model kemewahan kompartemen dibanding kereta api dapa umumnya. Kereta api panoramic menyuguhkan sebagian besar interiornya menggunakan kaca. Sehingga akan terlihat dengan jelas lingkungan luar kereta. Beberapa pemandangan indah sepanjang jalan akan tersuguhkan semakin luas dan jelas dibanding didalam gerbong kereta biasa.

Baca juga : Secret Garden Village, Wisata Indah nan Kekinian Bali

Kereta api panoramic terlihat dari luar
Kereta api panoramic terlihat dari luar. Foto via keretapaikita.com

PT. Kertea Api Indonesia ini mulai mencoba mengkomersilkan kereta api panoramic pada 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Dengan tujuan memperkenalkan kepada masyarakat luas dan menyemarakkan ketika liburan Natal dan Tahun baru 2023. Namun, kereta api panoramic ini hanya tersedia dirangkaian kereta api Raksaka dengan tujuan Jakarta-Yogyakarta PP.

Rangkaian kereta api ini hanya tersedia dua gerbong saja yang diselipkan dibagian belakang rangkaian kereta api Taksaka. Ketika masuk melewati bordes, kamu akan disuguhkan langsung kemewahan kereta api panoramic yang dapat memanjakan mata semua penumpang.

Keindahan Kereta Api Panoramic

Kemewahan interior kereta api ini terlihat dengan sajian kaca yang lebih lebar. Tak hanya itu, atap kereta juga terpasang kaca sehingga lebih terlihat elegan. Pemasangan kursi juga disusun hanya 6 set kursi sehingga privasi dan kenyamanan para penumpang tetap terjaga. Kursi juga didesain dengan kulit sintesis coklat yang terasa lembut dan nyaman.

Interior kereta api panoramic dengan pemandangan alam sekitar jalur kereta yang terlihat leluasa. Foto via radartasik.com

Uniknya, kursi ini bisa diputar kearah jendela yang lebar. Kamu akan merasakan keleluasaan untuk menikmati suasana keindahan alam selama perjalanan Jakarta-Yogyakarta PP dengan sajian kaca lebar yang lebih lebar dari konsep kereta satwa. Atap kereta panoramic ini juga terbuat dari kaca yang bisa dibuka tutup menggunakan remote kontrol.

Kursi rangkaian kereta api panoramic dapat disetting menghadap ke jendela. Foto via instagram @wulanwulan0

Selain itu fasilitas mewah tetap kamu dapatkan seperti toilet yang luas serta wangi, televisi, dan rak bagasi diujung kereta seperti kereta sleeper train. Tak cukup disitu, setiap penumpang akan mendapatkan snack dan minuman serta bantal dan selimut. Nah, selama masa promo liburan tahun baru 2023 ini KA Panoramic dipatok dengan harga mulai dari Rp. 750.000 hingga Rp. 1.000.000 per tiket.

Fasilitas Kereta Panoramic

interior toilet di gerbong kereta api panoramic yang luas dan bersih. Foto via travelkompas.com

Selama perjalanan Jakarta-Yogyakarta dapat menikmati fasilitas menarik yang disediakan PT. Kereta Api Indonesia seperti, kursi yang nyaman, Tirai jendela dapat dioperasikan dengan remote kontrol, kenyamanan dan keindahan toilet dengan sensor otomatis, televisi di kedua ujung dinding kereta, Rak bagasi khusus di ujung kereta, snack, makanan, minuman, dan selimut dengan cuma-cuma, juga fasilitas protokol kesehatan seperti masker dan tissue basah untuk wajah.

Jadwal Perjalanan Kereta Api Panoramic

Kereta Api Panoramic ini hanya beroperasi pada 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 dengan jadwal perjalanan Kereta Api Panoramic seperti berikut.

Jadwal relasi Jakarta Gambir – Yogyakarta tersedia 2 kali pemberangkatan:

  1. Berangkat dari Stasiun Gambir Jakarta pukul 10.40 WIB dan Tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 18.39 WIB.
  2. Berangkat dari Stasiun Gambir Jakarta pukul 23.45 WIB dan Tiba di Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 07.50 WIB.

Jadwal relasi Yogyakarta – Jakarta Gambir tersedia 2 kali keberangkatan:

  1. Berangkat dari Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 12.00 WIB dan Tiba di Stasiun Gambir Jakarta pukul 19.30 WIB.
  2. Berangkat dari Stasiun Tugu Yogyakarta pukul 21.40 WIB dan tiba di Stasiun Gambir Jakarta pukul 07.50 WIB.

Cara Memperoleh Tiket Kereta Api Panoramic

Kereta Api Panoramic ini sangat terbatas dan hanya tersedia di relasi Kereta Api Taksaka, dan Taksaka Tambahan melalui beberapa aplikasi seperti KAI Access, Website KAI, dan beberapa channel penjualan resmi KAI lainnya. Berikut cara pemesan tiket kereta api panoramic di laman aplikasi KAI Access: Next

  1. Unduh Aplikasi KAI Access di Play Store
  2. Jika belum memiliki akun, segera mendaftarkan diri akun baru.
  3. Login jika sudah memiliki akun
  4. Pilihlah stasiun asal dan stasiun tujuan
  5. Tentukan tanggal keberangkatan dan jumlah tiket untuk penumpang
  6. Klik “Car” dan pilih kereta “Taksaka Tambahan Panoramic”
  7. Klik Pesan
  8. Isi data penumpang kemudian pilih kursi yang diinginkan sesuai keinginan.
  9. Lakukan pembayaran
  10. Pemesanan selesai, dan kamu akan mendapatkan tiket resmi dari email.
ramadan
Jenis Kelas dalam Pesawat

5 Jenis Kelas dalam Pesawat, Sudah Pernah Coba yang Mana?

Noboribetsu Onsen Pemandian Air Panas di Jepang

Noboribetsu Onsen, Sumber Mata Air Panas Alami di Hokkaido Jepang