in , ,

Keseruan Dijembatan Gantung Situ Gunung Lereng Gede Pangrango yang Menakjubkan

Sukabumi merupakan wilayah dengan wisata alam yang sungguh menawan. Dengan latar belakang dan panorama gunung Gede dan Pangrango menjadikan kota tersebut sangat sejuk dan asri. Deretan wisata alam yang disuguhkan menjadikan kota tersebut ramai dikunjungi banyak wisatawan dosmestik hingga mancanegara. Salah satu wisata yang paling terkenal adalah jembatan gantung Situ Gunung (Situ Gunung Suspension Bridge).

Baca juga : Healing Terasa Sempurna Saat Menikmati Pantai Muara Kasih Situbondo

Jembatan Gantung Situ Gunung menjadi jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Foto via @canro.simarmata

Jembatan yang berada di ketinggian 107 meter, ini merupakan jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Panjang jembatannya mencapai 243 meter dan lebar 1,2 meter. Jembatan gantung atau Suspension Bridge ini telah mendapat sertifikat standarisasi keselamatan dan kenyamanan, serta lulus uji beban dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Tiket masuk wisata situ gunung suspension ini bervariasi tergantung paket yang akan diambil. Untuk reguler harganya Rp50.000 mendapatkan asuransi, jungle tracking, wisata Curug Sawer (air terjun), jembatan gantung, teater sunda, welcome drink, dan masker gratis. Untuk paket VIP dan VVIP, tarifnya Rp. 100.000 dan Rp. 125.000. Paket didapat sama seperti reguler, hanya saja ada tambahan fasilitas shuttel transportasi, VIP access, minuman selamat datang yang beraneka macam, dan makan siang gratis khusus VVIP.

Jembatan suspensi dengan hutan lumut yang lebat. Foto via ksdae.menlhk.go.id

Saat berjalan menuju jembatan gantung, pengunjung bisa menikmati lebatnya hutan dengan pepohonan yang super tinggi serta kicauan burung dan binatang binantang liar memberikan ketenangan yang luar biasa. Jembatan ini sangat unik dimana membentang di tengah hutan TNGGP (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango). Sensasi berjalan di atasnya sangat menantang dan cukup menguji nyali. Tapi jangan khawatir, karena kamu akan mendapatkan sabuk pengamanan dari petugas sehingga kamu bisa bermanuver diatas jembatan dengan sesuka hati. Berada di sepanjang jembatan tersebut, kamu bisa menikmati pemandangannya menakjubkan di sekitarnya yang dipenuhi pepohonan lebat.

Curug Sawer yang menakjubkan. Foto via @relixapip

Setelah menikmati keindahan dari tengah suspension bridge, anda akan diarahkan menuju Curug Sawer. Sejuk, damai, dan rileks saat sudah tiba dan mendengar gemericik air yang jatuh ke permukaan. Tapi sayangnya di sini tidak bisa berenang hinga ke bawah air terjunnya ya, hanya boleh di tepian saja. Next

ramadan

Manisan Buah, Makanan Olahan Khas Kota Cianjur Yang legendaris

fi tips wisata keluarga

Tips Liburan Bersama Keluarga Saat Pandemi