in , ,

Kolam Renang Museum Panji, Lepas Gerah Sambil Belajar Sejarah

Rekreasi dengan Nuansa Lampau di Kolam Renang Museum Panji

Kolam Renang Museum Panji
Kolam Renang Museum Panji (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Bagi sebagian orang, berenang merupakan olahraga yang menyenangkan. Terlebih lagi jika dilakukan dengan suasana berbeda, seperti di kolam renang Museum Panji. Destinasi di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini hadirkan kolam dengan nuansa kuno ala zaman kerajaan.

Baca juga : Tempat Menginap Murah di Prawirotaman Jogja, Hanya 100 Ribuan

Jauh dari Hiruk Pikuk Kota

Anak-anak bermain di kolam (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Kolam renang unik ini merupakan bagian dari komplek Museum Panji, buah karya Dwi Cahyono, seorang pemerhati sejarah dan budayawan Malang. Lokasinya ada di sisi timur Kota Malang dan butuh perjalanan sekitar 30 menit untuk menuju sini.

Museum Panji berada di kawasan pedesaan. Hal ini membuat suasana di sekitarnya terasa sangat nyaman dan tenang. Jauh dari hiruk pikuk kota.

Ada Banyak Kolam Renang

Ada banyak pilihan kolam renang (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Kolam renang Museum Panji terdiri ada yang khusus digunakan untuk anak-anak dan pengunjung dewasa. Teman Traveler tak perlu khawatir jika berkunjung ke sini bersama si kecil.

Area museum sendiri bisa dikatakan cukup luas, mencapai sekitar tiga hektar. Namun hingga tulisan ini dibuat, baru separuhnya digunakan untuk bangunan kolam renang dan juga museum sejarah.

 Cocok untuk Wisata Sejarah

Area dalam museum (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Museum Panji memiliki beberapa koleksi seputar kerajaan kuno di Pulau Jawa. Di sini Teman Traveler bisa mempelajari beragam kisah menarik seputar cinta dan kepahlawanan. Buat kalian yang menyukai kisah sejarah, sangat cocok datang ke sini.

Di bagian depan museum, Teman Traveler akan menemukan diorama peperangan antara Kerajaan Kediri dan Tumapel. Masuk lebih dalam, kalian akan disuguhi sederet koleksi benda antik dengan nilai sejarah tinggi. Mulai dari gerabah era Majapahit, wayang kuno, kendi berusia ratusan tahun, hingga lukisan yang menggambarkan kehidupan zaman dulu.

Deretan koleksi wayang (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Pengunjung kebanyakan datang ke sini bersama keluarga. Tak jarang Teman Traveler akan melihat sejumlah ibu mengenalkan warisan budaya Nusantara pada anaknya. Namun demikian, tak jarang pengunjung usia remaja maupun kalangan akademisi terlihat hilir mudik di sini.

Tiketnya Murah

Patung koleksi Museum Panji (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Sebelum memasuki museum ini, Teman Traveler diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000 untuk dewasa. Sementara pengunjung anak-anak dan balita hanya perlu membayar tiket Rp20.000 saja.

Anak-anak di dalam museum (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Lokasi museum ini juga cukup mudah dijangkau. Teman Traveler bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Tak perlu khawatir soal tempat parkir. kareana destinasi ini memiliki halaman cukup luas.

Salah satu koleksi museum (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Itulah sedikit pengalaman saya berenang di kolam Museum Panji dan belajar sejarah di dalamnya. Jika Teman Traveler masih bingung menentukan tempat liburan di Malang pekan ini, tak ada salahnya menyambangi destinasi ini. Next

ramadan
Pemandangan di Coban Sewu, Salah satu wisata Lumajang

Asyiknya Jelajah Wisata Lumajang, Sekali Dayung Dua Pulau Terlampaui

Pemandangan senja di Pulau Berhala

Mengunjungi Pulau Berhala di Sisi Terluar Selat Malaka, Indah dan Bersejarah