in

Korean Fried Chiken Tidak Dianggap Kuliner Khas oleh Warga Negeri Ginseng

Banyak muncul di drakor dan video street food Korea, ternyata ayam goreng Korea Selatan yang terkenal itu malah tak diakui oleh warganya. Hal ini terungkap dalam sebuah survei oleh Korean Food Promotion Institute. 

Baca juga : Meski Maju, Negara Tujuan Wisata ini Antrian Kereta Apinya Bikin Ngeri

Sebanyak 63,9 % partisipan yang mengisi survey itu menganggap ayam goreng Korea yang sudah ‘mewabah’ ke berbagai negara itu malah bukan makanan asli dari negeri mereka. Untuk jenis makanan marinated chiken juga dijawab bukan makanan asli Korea oleh 45,1% pengisi survey lainnya. 

Ini yang diakui sebagai makanan asli Korea

Makanan asli Korea
Makanan sehari-hari yang diakui asli dari Korea Selatan. Foto via: CNN

Dari 30 jenis makanan yang disebutkan, beberapa daftar nama makanan asli mereka di antaranya adalah kimchi, gimbap, japchae, rebusan pasta kedelai (doenjang-jjigae) hingga panekuk gurih (buchimgae). Polling untuk menu makanan tersebut bahkan mencapai 90% ke atas. 

Tak dimungkiri bahwa makanan tersebut memang merupakan makanan tradisional dan asli Korea Selatan. Bahkan, sekalipun ada street food Korea Selatan atau kuliner fusion lainnya, warga asli sendiri pun tak akan meninggalkan menu asli mereka dan menyajikannya bersamaan. 

Demam Korean Fried Chiken 

Korean Fried Chicken. Foto via Youtube, Kirbie’s Cravings

Korean fried chiken memang menjadi makanan fenomenal selain ramyeon dan tteopokki yang ‘menular’ dari Korea Selatan ke negara lainnya. Hal ini akibat maraknya K-waves dari sisi pariwisata dan entertainment (K-Pop dan drakor) yang mengekspose makanan tersebut sehingga memberikan foodgasm pada warga negara lain yang melihatnya. 

Selain itu, hal tersebut menyebabkan makanan berupa ayam marinasi dengan coating pedas manis, atau ayam berbalut tepung renyah dengan baluran saus Korea itu jadi identik dengan Korea Selatan. Bila kita ngetrip virtual lewat Youtube dan menelusuri street food Korea, makanan satu ini juga pasti ada di antaranya. 

Jangan kecewa, ayam goreng tersebut masih tergolong K-Food

Profesor studi cerita rakyat di Akademi Studi Korea, Joo Young-ha, menyebut kalau hasil survey ini tidak perlu dipermasalahkan. Bagaimanapun bila berfokus pada K-Food, artinya adalah makanan yang diproduksi dan dibuat oleh orang Korea atau disajikan di berbagai wisata kuliner Korea Selatan. 

Bila bicara mengenai makanan tradisional atau makanan khas, mungkin ada jawaban yang spesifik. Tapi, tentang makanan dari Korea, bisa mengikuti perubahan dari masa ke masa. Jadi, kalau teman traveler lagi ke Korea Selatan, tak perlu ragu dan galau mau jajan apa saja yang dijajakan oleh orang warga di sana. Karena, masih bisa dikategorikan Korean Food.

Aaah… jadi ngiler ingin makan Korean Fried Chicken ya. Next

ramadan

Mengenang Kolam Renang Plaza Marina Favorit Anak Sekolah di Surabaya

Bikin Takjub Akan Keindahan Air Terjun Langkuik Tinggi