in , ,

Wisata Kota Tua Jakarta, Kunjungi Museum Hingga Keliling Naik Onthel

Aktivitas Liburan Seru di Kawasan Kota Tua Jakarta

Museum Fatahillah
Museum Fatahillah (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Nuansa masa lalu terasa begitu kental di kawasan ini. Tak heran jika orang lantas menjulukinya sebagai Kota Tua Jakarta. Deretan gedung berarsitektur Belanda tampak berdiri kokoh di tiap sudut, seolah tak lekang digerus waktu.

Baca juga : Pantai Selingkuh, Laut yang Bermula dari Cerita Nakal

Meriam hingga Museum

Museum Fatahillah (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa melihat beberapa benda peninggalan yang jadi bukti kehadiran VOC di Batavia. Salah satu yang paling terkenal tentu saja adalah Meriam Jagur.

Padatnya suasana di sekitar Museum Fatahillah (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Jika tertarik mempelajari sejarah Jakarta lebih dalam, Teman Traveler bisa menyambangi Museum Fatahillah. Tempat ini menyimpan beragam koleksi yang terkait riwayat perjalanan Ibu Kota, mulai masa pra-sejarah hingga sekarang. Semuanya bisa kalian nikmati dengan lengkap di dalam museum.

Ondel-ondel dan Pertunjukan Seni

Ondel-ondel (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Di sudut lain, Teman Traveler bisa menemukan ondel-ondel, boneka raksasa yang tak terpisahkan dari budaya Betawi dan telah jadi ikon Jakarta. Ondel-ondel di Kota Tua jadi salah satu spot foto favorit para pengunjung, terutama mereka yang berasal dari luar kota. Tidak ada tarif atau tiket, cukup membayar seikhlasnya saja.

Tak hanya itu, Kota Tua Jakarta masih menyimpan banyak pesona menarik untuk wisatawan. Di sini Teman Traveler juga bisa melihat manusia patung, pertunjukan cosplay, serta sederet hal menarik lain seperti seniman tato, pelukis jalanan, hingga penyewaan sepeda.

Keling Naik Onthel

Pengunjung berkeliling naik onthel (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Siang hari, Teman Traveler bisa berkeliling kawasan Kota Tua naik sepeda onthel sewaan. Kendaraan jadul ini juga kerap jadi properti foto pre-wedding atau sesi foto lainnya. Bagi para penggemar fotografi, aktivitas pengunjung bersepeda bisa jadi objek menarik untuk diabadikan lewat bidikan lensa.

Sepeda onthel di kawasan Kota Tua Jakarta hadir dalam warna beragam, mulai dari pink, biru, hingga kuning. Biaya sewanya cukup murah, hanya sekitar Rp20.000 untuk 30 menit. Teman Traveler wajib coba, lantaran kendaraan antik ini sudah mulai langka dan jarang ditemukan.

Itulah beberapa hal menarik yang bisa Teman Traveler lakukan di kawasan Kota Tua Jakarta. Bagaimana, adakah di antara kalian yang tertarik menghabiskan liburan di sini? Next

ramadan
Arco Della Pace

Menjelajah Wisata Milan, Gereja Gotik Hingga Pemakaman Artistik

Mengenal Beda Kopi Arabica dan Robusta

Ngaku Coffe Addict? Yuk, Intip Bedanya Kopi Arabica dan Robusta