in , , ,

Kuala Kencana, Kota Masa Depan di Tengah Hutan Papua

Kota ini dibangun di tengah hutan belantara di Papua. Punya fasilitas yang begitu lengkap dan teknologi yang menjadikan Kuala Kencana ramah lingkungan.

Kuala Kencana

Bila biasanya kota masa depan hanya ada di negara maju, kini ternyata ada sungguhan di Indonesia lho. Disebut kota masa depan lantaran struktur bangunannya sudah semakin maju. Julukan kota masa depan ini bernama Kuala Kencana.

Baca juga : Siapkan Seribu Gaya Selfie Jika Menginap di Hotel Warna-warni Ini

Bukan di Jakarta yang merupakan ibu kota Indonesia. Kota yang begitu modern ini berada di Papua. Bagaimana akhirnya kota ini bisa semakin maju dan apa saja yang menarik dari kota ini? Berikut informasinya.

Kota modern di tengah hutan

Kuala Kencana terletak di Distrik Kota Timika, Kabupaten Timika, Papua. Kota ini dibangun untuk mendukung kegiatan operasional PT Freeport Indonesia. Kota ini kemudian menjadi kota mandiri dan berkonsep modern. Walaupun terkesan modern, namun kota ini masih tetap dikelilingi oleh hutan rimbun yang masih alami. Kuala Kencana masuk dalam kawasan dataran rendah dan jauh dari pantai.

Kota modern di Papua
Foto via IDN Times

Kota modern ini berada di ketinggian 200 hingga 1.600 mdpl dan didominasi oleh hutan primer dan sekunder, serta memiliki luas area sebesar 860,74 kilometer persegi. Ada berbagai macam hal menarik di sini, mulai dari sistem pengolahan air kotor, ramah lingkungan, serta memiliki fasilitas yang lengkap.

Keistimewaan Kuala Kencana

Hal menarik yang patut dibahas adalah bagaimana masyarakat di sini mengelola air kotor dan menjadi satu-satunya kota yang memiliki sistem tersebut. Ternyata sistem tersebut dibangun pada 1993, saat pembangunan kota yang memiliki STP (Sewage Treatment Plant). Ialah tempat pengolahan dan penampungan air kotor yang dihasilkan dari perumahan yang ada di sini.

Per harinya, STP dapat menampung air kotor sekitar 2.000 meter kubik. Hal tersebut merupakan upaya untuk pembatasan dan penghematan cadangan air bawah tanah.

Kuala Kencana
Foto via Tribun Jateng

Selain memiliki STP, Kuala Kencana juga terbilang ramah lingkungan karena menggunakan sistem underground utilities. Hal ini merupakan saluran kabel listrik, komunikasi, serta saluran air bersih dan pengolahan limbah semua berada di dalam tanah. Jadi tidak akan ada yang namanya kabel listrik bergantungan di pinggir jalan.

Punya beragam fasilitas yang begitu lengkap

Walaupun berada di antara hutan yang rimbun, namun Kuala Kencana memiliki sejumlah fasilitas memadai. Mulai dari klinik kesehatan, tempat ibadah, pusat perbelanjaan, pusat kebugaran, perpustakaan, alun-alun, hingga salon. Tak hanya itu, ada juga sarana olahraga, seperti lapangan sepak bola, badminton indoor, kolam renang standar olimpiade, futsal indoor, sampai lapangan golf.

Kuala Kencana
Foto via jiahjava.com

Dan yang mengejutkan lagi, kota ini pernah digunakan untuk PON XX/2021 perlombaan jalan cepat 20 kilometer putra dan putri serta lari marathon. Para atlet banyak yang mengaku senang karena sepanjang trek terlihat banyak pepohonan yang membuat susananya sejuk dan indah.

Kota modern di Papua
Foto via Portal Purwokerto

Sayangnya, Kuala Kencana bukan merupakan kota wisata yang dapat dikunjungi siapa saja. Di kota ini, terdapat 489 rumah dan juga apartemen yang dikhususkan untuk karyawan dari PT Freeport Indonesia. Bila ingin berkunjung ke Kuala Kencana, kamu harus memiliki izin tertentu karena tidak dibuka untuk wisatawan.

Tak heran jika dijuluki kota modern. Melihat betapa lengkapnya fasilitas yang dimiliki, disertai teknologi yang digunakan untuk menjadi kota ramah lingkungan. Next

ramadan
Musim durian menjadi waktu paling ditunggu-tunggu bagi penggemarnya

Musim Durian Saatnya Berburu Durian, Ini Peta Perburuan Durian Jalur Yogyakarta – Semarang

Oleh oleh khas salatiga hadir sejak tahun 1930 dari bangsa Tiongkok

Oleh-Oleh Khas Salatiga Ini Berawal Dari Sajian Tamu Klenteng Era Tahun 1930-an