in , ,

Rekomendasi Kuliner Banjarmasin, Dijamin Bikin Merem Melek

Deretan Kuliner Banjarmasin Nikmat yang Patut Dicoba

Lontong Orari
Lontong Orari (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Banjarmasin miliki beragam sajian kuliner menggugah selera. Mulai dari olahan ikan hingga sayuran, semua ada. berikut ini adalah beberapa rekomendasi kuliner Banjarmasin yang dijamin lezat dan bakal bikin merem melek saking nikmatnya. Yuk, simak ulasannya.

Baca juga : Ridwan Kamil Hibahkan Bus Wisata Mirip Bandros, Makin Permudah Wisatawan Tuk Keliling Kota

Soto Banjar Bang Amat

Soto Banjar Bang Amat dan Sate Ayam (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Dibanding soto khas Jawa yang hanya berisi ayam, kuah sajian ini mengandung cita rasa rempah khas. Hal tersebut karena pembuatannya menggunakan unsur kayu manis, pala, dan cengkeh. Bahkan ada beberapa penjual yang menambahkan susu agar rasanya lebih gurih.

Salah satu kedai soto banjar yang terkenal adalah Depot Soto Bang Amat. Alamatnya ada di Jl. Banua Anyar no. 6. Mereka buka tiap hari kecuali Jumat, mulai pukul 08.00 hingga 16.00. Seporsinya ditawarkan seharga Rp25.000. Jika ingin menambah sate ayam, cukup rogoh kocek Rp20.000.

Lontong Orari

Lontong Orari Kinibalu (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Lontong berbentuk segitiga besar ini biasanya disajikan bersama siraman kuah kental sayur nangka. Sementara isiannya menggunakan daging ayam, telur, atau ikan haruan. Sebagai pelengkap, ditambahkan sambal khas dan taburan bawang goreng.

Salah satu olahan lontong orari yang cukup recommended ada di RM Lontong Orari. Alamatnya ada di Jl. Sungai Mesa. Mereka biasanya buka tiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 03.00. Seporsinya dibanderol sekitar Rp20.000, tergantung lauk yang dipilih. 

RM Sambal Acan Raja Banjar

Hidangan patin bakar, mandai goreng dan gangan (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Sajian ini pada dasarnya merupakan sayur rebung yang dimasak dengan kuah santan. Biasanya diberi pelengkap kacang panjang dan labu. Sementara mandai sendiri adalah kulit cempedak goreng yang rasanya manis.

Kedua hidangan tersebut bisa Teman Traveler cicipi di RM Sambal Acan Raja Banjar di Jl. RE. Martadinata no. 3-1. Posisi bangunannya tepat di depan Hotel Victoria. Mereka buka tiap hari, mulai pukul 09.30 hingga 21.00.

Selain kulit cempedak dan mandai, mereka juga tawarkan sambal kemasan merek Acan Raja Banjar yang terkenal. Satu buahnya dibanderol sekitar Rp15.000 per botol.

Pondok Patin H.M. Yunus

Hidangan ikan seluang goreng (c) Tri Vevandi/Travelingyuk

Banjarmasin juga terkenal dengan sajian ikannya lho. Selain patin bakar, Teman Traveler juga wajib mencicipi seluang goreng. Ukurannya kecil-kecil dan bentuknya pipih. Rasanya enak sekali ketika digoreng kering, benar-benar gurih. Tak jarang wisatawan membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Teman Traveler bisa cicipi ikan seluang goreng di Pondok Patin H.M. Yunus di Jl. Ahmad Yani Raya KM 27, Banjarbaru. Mereka buka tiap hari, mulai pukul 10.00 hingga 22.00. Harga menu di sini sangat ramah kantong, rata-rata ditawarkan tak lebih dari Rp30.000.  

Itulah beberapa kuliner Banjarmasin recommended yang patut Teman Traveler coba. Semuanya enak dan dijamin bakal bikin lidah bergoyang. Jangan lupa cicipi jika sedang liburan di Negeri Seribu Sungai ya. Next

ramadan

4 Zebra Cross Unik di Dunia, Ada yang Berdesain Kentang Goreng

5 Tradisi Lokal di Indonesia Yang Mirip Thanksgiving Minus Kontroversi