in ,

5 Kuliner di Cirebon Terfavorit, Enaknya Menggiurkan

Sudah coba yang mana?

kuliner cirebon
kuliner cirebon

Saat traveling ke suatu tempat tentunya tak terasa lengkap jika tidak mencoba kulinernya. Salah satu kota yang wajib dicoba kulinernya yaitu Kota Cirebon. Rasanya yang enak dan bikin perut kenyang, berikut ini deretan kuliner di Cirebon.

Baca juga : Sudestada Jakarta, Spot Baru Tawarkan Interior Industrial-Rustic ala Argentina

1. Sego Jamblang

Created by Meta Tiara
Nasi jamblang (c) meta tiara/Travelingyuk

Nasi jamblang atau sego jamblang memiliki ciri khas yaitu sejakan menyajikan nasi dengan dibungkus daun jati. Biasanya nasi ini disajikan dengan paru goreng, sate telur puyuh, daging kecap, dan sebagainya. Apalagi kuliner ini semakin nikmat jika ditambah sambal.

Beberapa rekomendasi kuliner nasi jamblang di Cirebon yaitu Nasi Jamblang Bu Nur, Nasi Jamblang Mang Dul, dan Nasi Jamblang Pelabuhan. Jika Teman Traveler berkunjung ke Cirebon sangat wajib untuk mencoba salah satu makanan khas Kota Cirebon ini.

2. Nasi Lengko

Created by Meta Tiara
Nasi lengko (c) meta tiara/Travelingyuk

Nasi lengko merupakan nasi yang terdiri dari potongan tahu dan tempe goreng, toge, timun, kecap manis, taburan daun kucai, dan bawang goreng. Nasi lengko biasanya diberi lauk seperti telur dadar, telur ceplok, maupun telor asin.

Nasi lengko merupakan salah satu makanan yang wajib dicoba. Kamu pun bisa menemukannya di berbagai warung di Kota Cirebon.

3. Tongseng

Tongseng created (c) meta tiara/Travelingyuk

Tongseng biasanya dibuat dari daging sapi atau daging kambing. Daging ini nantinya akan digoreng dan dibumbui bumbu kuning atau kecap. Penyajiannya nanti akan ditambah kol, tomat, taburan kacang, dan bawang goreng. Apalagi tongseng ini semakin nikmat jika disajikan dengan nasi hangat.

4. Tahu Gejrot

Created by meta tiara
Tahu gejrot (c) meta tiara/Travelingyuk

Tahu gejrot merupakan cemilan yang berasal dari Kota Cirebon. Makanan ini terdiri dari tahu yang disiram dengan kuah sambal. Sambalnya sendiri terbuat dari cabe, bawang merah, dan air gula. Sambal ini terjamin kesegarannya karena dibuat langsung setelah pembeli memesan.

Setiap penjual tahu gejrot biasanya memiliki ciri khas gerobaknya sendiri. Biasanya gerobaknya berwarna hijau dan terbuat dari anyaman. Kamu bisa menikmati seporsi tahu gejrot dengan harga Rp 5 ribu – 10 ribu per porsi.

5. Empal Gentong

Empal gentong (c) meta tiara/Travelingyuk

Empal gentong merupakan makanan yang terbuat dari daging dan jeroan sapi yang dibumbui dengan kuah kuning. Makanan ini semakin nikmat jika dimakan dengan nasi atau lontong serta kerupuk kulit.

Kamu pun bisa menjumpai makanan ini di setiap sudut kota Cirebon. Seporsi empal gentong dengan nasi biasanya dihargai sebesar Rp 15 ribu sampai 25 ribu.

Deretan kuliner di Cirebon ini tentunya sangat direkomendasikan untuk Teman Traveler. Dijamin bikin ketagihan dan pingin nambah lagi. Jadi mau coba kuliner yang mana dulu? Next

ramadan
Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong, Sensasi Bertualang di Alam Banten

Pura Giri Saloka

Alas Purwo, Hutan Tertua Jatim yang Simpan Sejuta Misteri