in , ,

Perjalanan Hemat Lintas Batas Negara Kamboja – Thailand

Perjalanan lintas negara dari Kamboja ke Thailand atau sebaliknya bisa ditempuh dengan murah meriah.

Perjalanan Kamboja Thailand

Siem Reap (Kamboja) dan Bangkok (Thailand) adalah dua kota yang sama-sama menjadi ikon pariwisata di kawasan Asia Tenggara. Setiap tahunnya jutaan orang dari seluruh dunia, termasuk dari Indonesia datang ke dua kota di kawasan ini untuk berlibur ataupun backpacker-an. Kedua kota ini memang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Siem Reap adalah kota kecil nan ramah dengan Angkor Wat sebagai maskotnya, dan juga Bangkok sebagai kota metropolitan yang tidak melupakan kebudayaan Thai itu sendiri.  

Baca juga : Tari Kecak Uluwatu, Wajib Nonton Sekali Seumur Hidup

Matahari Terbit di Angkor Wat (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Secara geografis, Siem Reap dan Bangkok berjarak kurang lebih 400 km atau setara dengan 6 jam perjalanan darat. Jarak ini sangat memungkinkan bagi kamu yang hanya memiliki sedikit waktu cuti namun tetap ingin menikmati liburan di dua kota tersebut. Apalagi sejak beberapa tahun lalu, sudah tersedia bus langsung yang menghubungkan Siem Reap dan Bangkok maupun sebaliknya. Tarif international bus ini berkisar antara $25-35, tergantung operator bus yang dipilih.

Siam Center, Bangkok (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Namun bagi kamu yang menganggap tarif bus tersebut cukup mahal sehingga cukup membebani budget, masih ada pilihan lain yang jauh lebih murah bagi kamu yang ingin ke Bangkok dari Siem Reap.

Mencari Bus Lokal ke Poipet

Poipet merupakan sebuah kota kecil di utara Kamboja, kota terakhir di Kamboja sebelum kamu memasuki wilayah Thailand. Kota ini berbatasan langsung dengan kota Aranyaprathet, wilayah Thailand. Di sini nantinya kamu harus melakukan pengecekan imigrasi untuk keluar dari wilayah Kamboja.

Pub Street, salah satu pusat keramaian di Siem Reap (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Untuk mendapatkan bus ke Poipet, kamu bisa berkeliling ke banyak travel agen di Siem Reap yang menyediakan tiket-tiket bus antar kota. Dari para agen ini, bisa bandingkan dan memilih tarif bus yang paling murah. Bus dari Siem Reap ke Poipet berkisar antara $7-9, tergantung fasilitas bus tersebut. Sebagian besar agen dapat ditemukan di sekitaran Night Market dan Pub Street, Siem Reap.

Setelah memiliki tiket bus yang kamu beli dari travel agent tersebut, cukup tunggu mereka akan menjemput anda di penginapan pada waktu keberangkan.

Perjalanan ke Poipet

Perjalanan ke Poipet dari Siem Reap normalnya akan memakan waktu 2,5 jam. Selama perjalanan, kamu akan melihat bentang alam Kamboja yang rupanya tidak berbeda jauh dengan di tanah air. Kamu akan banyak melihat sawah-sawah warga lokal dan juga perbukitan hijau.

Perjalanan Kamboja Thailand
Salah satu agen bus via Listyan Putri

Satu pengalaman yang akan asing bagi orang Indonesia adalah ketika posisi setir bus di Kamboja yang berada di kiri. Memang Kamboja merupakan salah satu dari beberapa negara ASEAN yang menggunakan setir mobil kiri. Bus akan berhenti sekali dalam perjalanan menuju Poipet di salah satu warung lokal. Kamu bisa buang air sejenak ataupun membeli snack.

Imigrasi Kamboja dan Jalan Kaki Masuk Thailand

Ketika bus memasuki kota Poipet, mereka akan menurunkan seluruh penumpang di sebuah jalan yang dekat dengan perbatasan. Jangan lupa bawa turun seluruh barang bawaanmu.

Suasana Poipet, otw ke Imigrasi (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Berikutnya, kamu harus berjalan ke imigrasi Kamboja untuk pengecekan dan juga cap paspor keluar Kamboja. Setelah itu, melanjutkan dengan berjalan kaki meninggalkan Kamboja menuju perbatasan dan imigrasi Thailand. Oh iya, di sekitar wilayah perbatasan ini terdapat beberapa bangunan casino yang cukup megah.

Kondisi Perbatasan Kamboja – Thailand (c) Arief Kurniawan/Travelingyuk

Setelah selesai proses imigrasi, maka berarti kamu sudah berada di kota Aranyaprathet, Thailand. Proses cap paspor masuk Thailand ini memakan waktu sekitar 1-2 jam karena antrean yang sangat panjang di counter imigrasi.

Menuju Stasiun Kereta Api Aranyaprathet dan Naik Kereta ke Bangkok

Setelah keluar kantor imigrasi, berikutnya tukarkan uang terlebih dahulu ke dalam mata uang Baht. Ada banyak money changer yang bisa ditemukan di sekitar kantor imigrasi tersebut. Kereta ke Bangkok dapat kamu naiki dari stasiun Aranyaprathet. Untuk menuju stasiun kereta dari perbatasan ini adalah dengan menggunakan tuk-tuk (kendaraan lokal di Thailand). Kamu bisa nego terlebih dahulu dengan supir tuk-tuk tersebut mengenai tarifnya.

Perjalanan Kamboja Thailand
Stasiun Kereta Api Aranyaprathet via Baolau

Tiket kereta api dari Aranyaprathet menuju Bangkok ini dapat dibeli langsung sesampainya di stasiun. Kereta menuju Bangkok memiliki gerbong yang sangat banyak sehingga tidak perlu takut untuk kehabisan tiket. Tapi ingat, kereta dari Aranyaprathet ke Bangkok hanya berangkat 1 kali sehari, yaitu pukul 13.55 dan sampai sekitar pukul 21.00 di stasiun Hua Lamphong, Bangkok. Maka itu penting agar anda menyesuaikan waktu keberangkatan dari Siem Reap agar sampai di Aranyaprathet tepat waktu.

Tiket kereta dari Aranyaprathet ke Bangkok hanya 45 Baht atau kira kira setara $2. Berarti jika ditotalkan, dengan uang kurang lebih hanya $10 kamu sudah dapat menikmati perjalanan lintas batas negara Kamboja – Thailand, dan sampai di Bangkok pada hari yang sama! Next

ramadan
Omah Pedes Jogja

Omah Pedes Jogja, Perpaduan Lauk dan Aneka Pilihan Sambal yang Nikmat di Dekat Malioboro

Paket Bukber Murah Cafe Malang

Paket Bukber Murah Meriah di Cafe Malang, Ada yang Nggak Sampai Rp 20 ribu Per Orang!