in ,

Ketahui 10 Kuliner Jepang Paling Enak, Dari Sushi hingga Kaiseki

Kaiseki
Kaiseki

Kuliner Jepang adalah salah satu cita rasa yang enak di dunia. Dari segi rasa hingga penyajian memiliki karakter tersendiri. Bisa dibilang unik dan ragamnya juga banyak. Tidak hanya sushi lho, ternyata ada kuliner Jepang lain yang mendunia. Jika Teman Traveler punya kesempatan untuk liburan di Jepang, bisa coba untuk berburu sepuluh kuliner berikut ini.

Baca juga : Gugusan Terumbu Karang Terbesar di Dunia Kondisinya Semakin Memprihatinkan

Meski sebagian besar juga ada di Indonesia, tentu merasakan kuliner langsung di tempat asalnya akan memberikan pengalaman seru yang berbeda. Langsung saja, berikut ini adalah daftar kuliner Jepang Paling enak yang harus kamu tahu.

1. Sushi

Sushi
Sushi via Pexels Rajesh TP

Jepang seperti tidak bisa dipisahkan dengan sushi. Untuk jenis makanan ini sebenarnya memiliki ragam yang banyak. Sushi yang paling populer di dunia saat ini adalah hidangan khas Tokyo yang disebut juga dengan nigiri sushi. Kuliner Jepang ini biasanya terdiri dari irisan seafood seukuran gigitan yang digulung dengan nasi. Memakannya pun bisa barengan dengan acar jahe atau gari,

2. Kaiseki

Kaiseki
Kaiseki via savorjapan.com

Kaiseki adalah kuliner mewah dan biasanya di makan saat acara formal di Jepang. Bahan-bahan, proses memasak, hingga penyajian diatur sedemikian rupa untuk menciptakan pengalaman bersantap yang begitu khidmat dan nikmat. Bahkan tidak jarang, seni menyantap kaiseki dianggap sebagai ritual yang estetis. Kaiseki sendiri terdiri dari banyak hidangan tradisional Jepang yang enak-enak dan mewah.

3. Ramen

Ramen
Ramen via Pexels T-nguyen

Ramen sebenarnya berasal dari China, Namun popularitas makanan ini di Jepang sangat luar biasa. Hampir di setiap kota terdapat kedai ramen dengan berbagai rasa dan keunikan. Ramen sendiri merupakan kuliner yang berupa mie telur yang dimasak dengan kaldu. Penyajiannya pun ditambah dengan berbagai macam topping seperti daging, telur, tauge hingga rebung. Tempat yang harus kamu datangi untuk mencoba ramen adalah Fukuoka.

4. Shōjin-ryōri

Shōjin-ryōri
Shōjin-ryōri via pexels arigatojapan.co.jp

Shojin-ryori adalah hidangan vegetarian di Jepang yang tidak memiliki unsur daging hingga ikan. Kuliner ini merupakan sajian yang biasanya disantap oleh para biksu penganut Agama Budha. Penyajiannya dan jenisnya pun beragam. Untuk mencobanya tempat yang direkomendasikan adalah Koya-san.

5. Street Food / Jajanan

Japan Street Food via thebesttravelplaces.com

Jepang adalah surganya kuliner, termasuk jajanan. Ada banyak sudut di kota-kota besar yang menjadi pusat kuliner dan menyajikan berbagai jenis jajanan dari yang kekinian hingga tradisional. Dari siang hingga malam, kamu tingga jalan dan membeli santapan yang sesuai dengan selera. Kamu bisa mencoba kaisen-don yaitu ikan mentah yang disajikan dengan nasi di beberapa street food terkenal seperti Toyosu market atau Hakodate di Hokkaido

6. Teh

matcha
matcha via pexels Nipanan

Teh sudah menjadi budaya tersendiri di Jepang. Menyajikan dan minum teh ada ritualnya, dan tidak boleh sembarangan dilakukan. Teman traveler mungkin sering mendengar teh o-cha, ini adalah satu sajian yang memang terkenal dan mendunia. Namun sebenarnya masih ada banyak sekali jenis teh lain di Negeri Sakura ini. Secara umum teh hijau Jepang terdiri dari dua jenis. Yang pertama adalah ryokucha (daun teh diseduh) dan yang yang kedua adalah Matcha yang membuatnya dengan menggiling daun teh kering hingga menyatu dengan air hingga membentuk buih. Rasa dari matcha memang pahit, sehingga sering disajikan dengan manisan saat upacara minum teh.

7. Mie Soba dan Udon

Mie Soba via Pexels Polina

Soba adalah nama mie yang memiliki ukuran tipis dan biasanya berwarna coklat. Sedangkan udon adalah mie gandum putih dengan tekstur yang kenyal. Beberapa restoran di Jepang secara khusu menjual menu ini dengan berbagai macam topping yang nikmat. Secara umum, Jepang di bagian timur lebih suka makan soba, sedangkan Jepang barat lebih suka menyantap udon.

Itulah beberapa menu makanan di Jepang yang umum diburu oleh para Traveler. Dari semua menu itu apakah Teman Traveler pernah mencoba salah satunya? Mana nih yang paling favorit? Next

ramadan

Perbedaan Galungan dan Kuningan, Sudah Tahu?

D’goendoe Cafe di Batu, Hidden Garden-nya Bikin Betah!