in , ,

Nikmati 6 Kuliner Gorontalo yang Tak Boleh Kamu Lewati!

Gorontalo memang terkenal dengan nuansa alam yang masih natural dan sangat menawan. Tak jarang banyak pelancong yang sengaja berdatangan untuk menikmati keindahan alamnya, hal ini membuat pasar wisata kuliner menjadi naik daun. Tanpa kamu sadari Gorontalo juga memiliki segudang kuliner yang sangat lezat dan unik. Nah, teman traveler jangan lupa mencoba kuliner lezat khas Gorontalo tersaji dibawah ini.

Baca juga : 4 Kuliner Khas Nusantara yang Serupa tapi Beda Nama

Kuliner khas Gorontalo yang wajib kamu nikmati seperti Binte Biluhuta. Foto via shopback.com

Es Brenebon

Es ini juga disebut es kacang merah yang sangat cocok menjadi teman perjalanan selama di Gorontalo. Meski bahan dasar hanya dari kacang merah namun kesegaran es ini jangan ditanya lagi, rasa yang sangat manis dan lezat membuat mu ingin menambah satu porsi lagi.

Es brenebon sang Cang Merah khas Gorontalo yang melegenda. Foto via republika.com

Namanya memang unik, es ini disajikan dengan sirup dan campuran susu kental manis. Tidak lupa serutan es batu di atasnya untuk menambah kesegaran saat menyantapnya. Harganya sangat terjangkau dan kamu bisa mendapatkan dengan mudah diberbagai pinggir jalananan.

Ayam Iloni

Masakan satu ini berbahan dasar dari daging ayam. Sekilas sama dengan ayam kebanyakan tapi ayam ini dibumbui dengan rempah yang cukup banyak seperti jahe, kemiri, kunyit, bawang merah, bawang putih, dan beberapa rempah khas Indonesia lainnya.

Ayam iloni dengan bumbu bakar yang lezat. Foto via youtube.com

Cara memasaknya cukup mudah yaitu dengan memanggang ayam dengan lumuran bumbu yang telah dihaluskan. Setelah dirasa bumbu meresap dan ayam berubah warna, lumuri ayam dengan bumbu lagi. Proses ini biasanya dilakukan beberapa kali sehingga ayam akan terasa nikmat. Setelah matang, kuah santan berbubu kuning atau merah biasanya menjadi teman makan bersama nasi. Sungguh lezat!

Ilabulo

Tak kalah lezat dari Ayam Iloni, ke Gorontalo juga wajib cicipi kuliner bernama Ilabulo. Kuliner ini sekilas nampak seperti pepes tapi rasanya cukup berbeda karena bahan dasar kuliner ini terbuat dari sagu dan hati ampela ayam. Dalam pengolahannya, kuliner ini dimasak menggunakan santan.

Ilabulo tampak seperti pepes namun berbahan dasar sagu dan hati ampela ayam. Foto via cookpad.com

Masyarakat Gorontalo memilih kuliner ini sebagai lauk makan siang. Biasanya dimasak dengan cara dibakar ataupun dikukus. Kadang ada juga yang memberi isian telur rebus di dalam ilabulo ini.

Bilenthango

Bumbu berwarna merah di atas ikan adalah ciri khas hidangan bernama Bilenthango ini. Kuliner khas Gorontalo yang telah ada sejak dulu ini terbuat dari olahan ikan mujair.

Ikam mujair dengan bumbu khas rempah rempah gorontalo yang nikmat. Foto via roofpark.com

Biasanya diolah dengan dimasak setengah digoreng serta dipanggang dengan bumbu yang banyak berwarna merah dengan beberapa helai daun kemangi di atasnya. Tak lupa ikan dialasi dengan daun pisang agar tidak gosong dan rasanya makin nikmat.

Sayur Putungo

Sayur Putungo terbuat dari jantung pisang. Biasanya kuliner ini disajikan dengan macam-macam kesukaan masyarakat Gorontalo seperti disantan, ditumis, atau hanya untuk lalapan saja. Masakan Sayur Putungo ini biasanya disantap bersama milu rebus atau milu bakar. Bisa juga dijadikan lalap mentah yang diiris kecil dan dicampur sambal, lalu disantap deh dengan jagung.

Binte Biluhuta

Gorontalo memang dikenal dengan penghasil jagung terbesar ditanah air. Masyarakat pun memanfaatkan hasil pertaian ini untuk menciptakan kuliner bernama Binte Biluhuta. Binte berarti jagung, sedangkan biluhuta artinya disiram. Jadi jika diartikan, Binte Biluhuta adalah jagung yang disiram.

Binte Biluhuta berbahan dasar jagung dengan toping suir ayam yang lezat. Foto via Phinemo.com

Dalam kenyataannya, kuliner Gorontalo ini memang disajikan dengan kuah berbumbu yang sedap. Biasanya jagung dicampur dengan kelapa udang, dan suwiran ikan cakalang. Tak lupa bawang goreng tomat, dan kemangi menjadi pelengkap kuliner satu ini. Jika melihat Binte Biluhuta mungkin Teman Traveler akan mengiranya dengan bubur Manado. Memang hampir mirip tapi rasanya berbeda.

Itulah beberapa menu andalan khas Gorontalo yang harus kamu icipi. Tetaplah berlibur dengan senang agar beban kerjaan dan kuliah segera terobati. Next

ramadan

Menilik Al Madam, Misteri Desa Terkubur Pasir

Gultik Kuliner Legendaris Blok M Jakarta Selatan