in ,

Parade Kuliner Khas Jambi, Kelezatannya Bikin Nambah Lagi dan Lagi

Deretan Kuliner Khas Jambi yang Patut Dicoba

Nasi Gemuk khas Jambi
Nasi Gemuk khas Jambi via Instagram mimitio

Jambi ternyata merupakan daerah yang cukup menarik dari sisi kuliner. Ada beberapa makanan khas kota Tanah Pilih Pesako Betuah yang menawarkan cita rasa unik dan tiada duanya. Jika kebetulan sedang berada di Sumatra, tak ada salahnya menyisihkan waktu untuk menjajal beberapa kuliner khas Jambi.

Baca juga : Santai di Tulip Cafe Jogja, Suasana Bali-nya Bikin Enggan Pulang

Sama seperti masakan Sumatra pada umumnya, kuliner Jambi kaya kandungan rempah-rempah dengan rasa tajam. Namun selain itu ada juga beberapa kue-kue kecil yang cocok disantap sebagai camilan. Penasaran? Berikut Travelingyuk berikan daftar sejumlah kuliner khas Jambi yang layak dicoba.

1. Daging Masak Itam

Daging Masak Itam
Daging Masak Itam via Instagram marbellaanis

Dilihat dari tampilannya, Daging Masak Itam sangat mirip dengan semur – hidangan yang cukup populer di Jawa. Namun dari segi proses memasak dan rasa, dua masakan tersebut punya ciri khas masing-masing.

Masyarakat Jambi biasa menggunakan daging has dalam untuk membuat Daging Masak Itam. Bumbu dan bahan lain yang digunakan antara lain kelapa, adas manis, kecap, kayu manis, jintan, dan pala bubuk.

2. Nasi Gemuk

Nasi Gemuk
Nasi Gemuk via Instagram lynxinyi

Jika Daging Masak Itam punya penampakan mirip semur, lain lagi dengan Nasi Gemuk. Dari segi plating atau penataan, kuliner khas Jambi ini hampir sudah dibedakan dengan nasi lemak atau nasi uduk Betawi.

Nasi Gemuk dimasak dengan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti beras, daun pandan, santan, daun jeruk, dan daun salam. Lauk pelengkapnya bisa ditentukan sesuai selera, namun warga Jambi biasanya sering menyajikan makanan ini bersama telur atau ayam goreng.

3. Sup Tulang

Semangkuk Sup Tulang
Semangkuk Sup Tulang via Instagram thaqifnor

Bagaimana jadinya jika tulang dijadikan sup? Tentu akan nikmat karena kuahnya bakal terasa gurih, berkat kaldu dari sisa-sisa daging yang masih menempel. Begitu pula dengan sup tulang khas Jambi ini. Aroma kaldunya begitu harum dan menggugah selera. Sup tulang termasuk salah satu hidangan asli Jambi yang hingga kini punya banyak penggemar setia.

4. Gandus

Gandus
Gandus via Instagram nakula_cookies

Bahan utama untuk membuat Gandus adalah sagu, tepung beras, santan, bawang putih, plus garam. Bentuknya ada bermacam-macam; bulat maupun persegi. Biasanya di bagian atas akan diberi pelengkap berupa taburan abon, udang, maupun ayam.

Gandus termasuk kue yang cukup populer di Sumatra. Selain di Jambi, kita juga bisa menemuinya di daerah Palembang.

5. Tempoyak

Tempoyak disajikan bersama ikan
Tempoyak disajikan bersama ikan via Instagram sini.english

Gemar menyantap buah durian? Maka jangan sampai melewatkan kelezatan tempoyak jika sedang berkunjung ke Jambi. Di sana, warga sekitarnya sering mengonsumsi durian bersama nasi putih. Bagaimana bisa?

Well, tempoyak sendiri adalah kuliner khas Jambi dengan bahan dasar durian yang sudah difermentasi. Biasanya dicampur dengan ikan, namun ada juga tempoyak yang hadir tanpa tambahan apapun. Rasanya cukup unik dan tentunya wajib dicoba.

6. Jus Pinang

Segelas Jus Buah Pinang
Segelas Jus Buah Pinang via Instagram balifoodtime

Dibuat dari kombinasi bahan-bahan seperti buah pinang, jahe merah, gula merah, cengkeh, pandan, serai, dan madu, jus pinang diyakini punya manfaat luar biasa. Warga Jambi percaya jus pinang memiliki khasiat seperti melancarkan peredaran darah, menghilangkan masuk angin, dan juga membuat tubuh semakin fit.

Namun berbeda dari jus pada umumnya, jus pinang konon jauh lebih nikmat jika diminum dalam keadaan hangat. Begitu airnya membasahi kerongkongan, dijamin stamina yang tadinya menghilang akan pulih kembali.

Itulah tadi sejumlah kuliner khas Jambi yang layak untuk dicoba. Tentunya para petualang rasa jangan sampai melewatkan kesempatan menjajal minuman dan makanan tersebut, jika kebetulan sedang berada di Sumatra. Next

ramadan
Kecelakaan Pesawat

Mengingat Kembali 12 Kecelakaan Pesawat di Indonesia

Kopi dengan 3D Latte Art

Kofitiere Kafe, Tempatnya 3D Art Coffee di Semarang