in ,

Mengenal 10 Kuliner Khas Lebaran Nusantara, Nikmatnya Tiada Tara!

Berbeda-beda Tapi Tetap Makanan Lebaran yang Berkesan, Setuju?

Negara Indonesia dibagi menjadi berbagai bagian pulau yang tersebar luar di area perairan. Adat istiadat, budaya hingga kuliner yang berbeda serta beragam membuat cita rasa nusantaranya pun berbeda. Begitu pula suguhan kuliner saat Lebaran, setiap daerah pasti memiliki makanan wajib yang jika tidak ada kuliner ini, Hari Raya Idul Fitri akan terasa kurang lengkap. Penasaran apa saja? Simak ulasannya ya!

Baca juga : Waroeng D’Carik Bali, Bukber BBQ All You Can Eat Cuma 75 Ribu-an!

1. Rendang – Padang

Rendang Daging via Instagram @rendangabangku

Tidak lengkap rasanya Lebaran di Padang kalau tidak ditemani Rendang. Makanan khas Indonesia yang dicintai dunia ini menjadi salah satu kuliner Lebaran yang wajib ada di meja makan rumah di Padang.

2. Gulai Nangka – Medan

Gulai Nangka via Instagram @fiorentza

Gulai Nangka yang menjadi makanan khas Lebaran Medan ini merupakan sajian buah nangka muda yang diolah dengan santan serta lengkap dengan tambahan udang serta telur membuatnya terasa lebih nikmat!

3. Semur Daging – Jakarta

Semur Daging via Instagram @susie.agung

Jakarta punya Semur Daging yang biasanya disajikan pada meja makan saat Lebaran. Cita rasa gurih manisnya semakin nikmat disantap dengan ketupat, sayur dan sambal godok. Ngiler gak tuh?

4. Opor Ayam – Jawa

Ketupat Opor via Instagram @indryhapsari914

Lebaran memang identik dengan Opor Ayam, makanan khas jawa ini biasanya selalu tersaji di seluruh pelosok Indonesia saat Hari Raya Idul Fitri. Opor Ayam akan semakin nikmat jika disantap dengan ketupat. Lebaran banget kan?

5. Lodeh Terung – Pekalongan

Lodeh Terong via Instagram @bypiszaj

Pekalongan menyajikan Lodeh Terung sebagai makanan khas saat Lebaran. Bahannya sama seperti lodeh pada umunya yakni jagung, daun salam, melinjo dan terung sebagai bahan utama lodeh ini.

6. Ayam Woku – Manado

Ayam Woku via Instagram @intankarinaijo

Ayam Woku dimasak khusus dalam kuali besar. Ciri khas rasanya terlampir dalam balutan kemiri dan pedasnya cabai. Gurih serta pedasnya selalu ditunggu saat Lebaran di Manado.

7. Ayam Gagape – Makassar

Ayam Gagape via Instagram @amrii_g2

Terbuat dari ayam kampung asli membuat makanan khas Makassar, Ayam Gagape menjadi santapan wajib saat lebaran. Rembah khas Sulawesi yang meresap dalam ayam sangat cocok disantap dengan ketupat.

8. Uve Mpoi – Palu

Uve Mpoi via Instagram @hana_hardian

Dimasak menggunakan cara yang khas yakni dalam daun pisang, membuat makanan khas Palu, Uve Mpoi tersaji dengan rasa yang segar. Sop tulang rusuk sapi dengan rempah yang khas pasti tidak akan mengecewakan!

9. Soto Banjar – Banjarmasin

Soto Banjar via Instagram @acilpur.sotobanjar

Tidak pernah absen saat lebaran di Banjarmasin, Soto Banjar yang lengkap dengan suiran daging, telur rebus, perkedel, sohun tersaji dalam balutan kuah soto yang sangat lezat dan selalu dirindukan!

10. Lemang Lepat – Pontianak

Lemang Lepat via Instagram @mungha88

Mirip dengan lontong membuat Lemat Lepat khas Pontianak ini sangat pas dipadukan bersama serundeng atau rendang saat Lebaran tiba. Rasanya tidak akan mengecewakan deh, malah nagih banget loh!

Itulah beberapa makanan khas Lebaran di masing-masing daerah yang ada di Indonesia. Berdasarkan list di atas, Opor Ayam menjadi makanan yang sangat identik dengan Lebaran. Bahkan hampir di seluruh pelosok Indonesia menyajikan kuliner ini untuk menambah kesan Idul Fitri di rumah. Bagaimana dengan rumahmu? Next

ramadan

Waspada! Kenali 4 Modus Pencurian Ditengah Pandemi yang Begitu Mengkhawatirkan

Potret Bromo Buat Jiwa Bergetar Ingin Menyambar!