in ,

Parade Kuliner Khas Pangkal Pinang, Ada Kue Favorit Bung Karno

Ragam Kuliner Khas Pangkal Pinang yang Menarik untuk Dicoba

Tahu Kok ala Pangkal Pinang
Tahu Kok ala Pangkal Pinang via Instagram indonesiafoodjourney

Sebagai ibu kota dari provinsi Bangka Belitung, Pangkal Pinang punya banyak destinasi wisata alam memukau. Namun dari sisi keragaman kuliner, kawasan ini juga tidak kalah menarik. Sejumlah kuliner khas Pangkal Pinang kerap diburu para wisatawan dan bahkan tak jarang menjadikannya oleh-oleh.

Baca juga : Bukan Gosong! Si Hitam Ini Siap Disantap dengan Kuah yang Panas

Variasinya pun bermacam-macam, mulai dari hidangan rebusan, makanan berbahan dasar mie, hingga kue kecil menggoda selera, semua ada di Pangkal Pinang. Sayang sekali jika berada di Bangka Belitung, namun tak mencoba beberapa di antaranya. Sebagai inspirasi, berikut Travelingyuk sajikan daftar sejumlah kuliner khas Pangkal Pinang yang layak dijajal.

1. Tahukok

Tahukok khas Pangkal Pinang
Tahukok khas Pangkal Pinang via Instagram dapoermakocot

Tahukok cocok dimakan untuk para penggemar tahu. Hidangan ini terdiri dari tahu yang dipotong diagonal, diberi isian adonan ikan plus sagu, kemudian direbus. Tahukok biasanya disajikan dengan kuah dan sangat nikmat disantap selagi hangat.

Untuk semakin menambah selera, biasanya ditambahkan lauk lain seperti bakso ikan goreng, bakso tahu ikan goreng, dan juga fukian. Sepintas penampilannya mirip dengan bakso biasa, namun begitu terasa di lidah bakal ada sensasi lezat yang sulit digambarkan dengan kata-kata.

2. Kue Pelite

Kue Pelite
Kue Pelite via Instagram belangaindonesia

Kue Pelite adalah camilan khas Pangkal Pinang yang hadir dalam bentuk kue basah. Dari segi penampilan, kue ini tak jauh beda dengan kebanyakan kue sejenis di daerah lain. Berwarna putih dan berbalut pembungkus tradisional dari daun.

Punya nama yang lumayan unik, Kue Pelite memiliki rasa manis. Cocok untuk mengganjal perut atau sebagai teman minum kopi maupun teh di sore hari. Konon kue ini merupakan hidangan favorit Bung Karno saat sempat diasingkan ke Bangka Barat.

3. Mie ikan Toboali

Mie Ikan Toboali
Mie Ikan Toboali via Instagram nonarheb

Hidangan berbahan dasar mie termasuk salah satu yang populer di Pangkal Pinang. Jika kebetulan sedang berada di Bangka, pantang melewatkan kesempatan menjajal langsung Mie Ikan Toboali.

Sajian kuliner khas Pangkal Pinang ini sudah begitu dikenal oleh masyarakat setempat. Selain ‘aktor utama’ mie, masakan ini juga diramaikan daging ikan giling, tauge, irisan daun seledri, bawang goreng, plus kuah berwarna sedikit kecoklatan. Nikmat dan jangan sampai terlewat.

4. Otak-otak

Otak-otak
Otak-otak via Instagram lenkuliner

Tak cuma di Jawa, otak-otak ternyata juga termasuk hidangan istmewa di daerah Pangkal Pinang. Bahan dasarnya menggunakan daging ikan, dihancurkan hingga halus, diberi bumbu, dan kemudian dibalut bungkusan daun. Otak-otak harus dikukus atau dibakar dulu hingga matang, sebelum kemudian disajikan.

Masyarakat Pangkal Pinang mengenal beberapa macam jenis otak-otak. Mulai dari otak-otak satai goreng, otak-otak ikan, dan masih banyak lagi. Semuanya lezat dan tentu saja sangat cocok jika ingin dijadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah.

5. Sambal Rusip

Sambal Rusip
Sambal Rusip via Instagram sianglingaling

Para penggemar sambal pantang melewatkan nikmatnya Sambal Rusip. Sambal satu ini merupakan sajian khas Pangkal Pinang yang kerap diburu para wisatawan. Banyak yang menikmatinya di tempat, namun tak sedikit yang membeli dalam bentuk kemasan untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Sambal Rusip sendiri merupakan produk hasil fermentasi selama sebulan. Bahan-bahan yang digunakan adalah ikan bilis segar, cabai, garam, serta gula aren. Jangan sampai tak mencoba jika tengah berkunjung ke Bangka.

Itulah tadi beberapa rekomendasi kuliner khas Pangkal Pinang yang layak untuk dicoba. Tak hanya dari kondisi alamnya, kawasan Bangka Belitung ternyata punya sejumlah keragaman kuliner yang juga menarik disimak. Next

ramadan
Via Instagram gultomdedi

Pilihan Tempat Ngopi Enak di Madiun, Nongkrong Asyik Bikin Melek

Pecak Bandeng

Berburu Kuliner Khas Banten? Jangan Lewatkan Rekomendasi Ini