in ,

Selain Cendol, Ini Inspirasi Kuliner Mahar yang Bisa Jadi Usaha Setelah Nikah

Viral Mahar Es Cendol, Inilah Inspirasi Lain yang Bisa Juga untuk Mas Kawin Pernikahanmu

mahar es cendol
mahar es cendol

Beberapa waktu terakhir, viral di media sosial mengenai pernikahan dua sejoli di Lampung Timur lantaran memanfaatkan es cendol lele sebagai maharnya. Ternyata, sebenarnya maharnya bukan itu saja. Dilansir dari Detik.com, mahar lainnya adalah ada surat Al-Ikhlas dan juga uang tunai Rp100 ribu. Untuk pemilihan es cendol sebagai kuliner mahar ternyata ada alasan yang cukup mengharukan di baliknya.

Baca juga : Sehari di Mataram, 8 Tempat Wisata Ini Wajib Dikunjungi

Cicih, pengantin perempuan menjelaskan jika sang suami merupakan penjual es cendol lele sejak mereka sama-sama menimba ilmu di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung. Cicih terkesan dengan perjuangan Muhammad Rohman yang tak malu berjualan cendol meski jadi mahasiswa. So sweet bukan?

Nah, kali ini Travelingyuk akan memberikan inspirasi mahar makanan lain yang mungkin bisa jadi usaha setelah menikah. Apa saja?

Gudeg Khas Jogja

Gudeg khas Jogja, via Instagram/streetfoodstories
Gudeg khas Jogja, via Instagram/streetfoodstories

Gudeg merupakan kuliner asli dari Jogja yang bisa dibilang pamornya tidak pernah turun. Buat kamu yang mungkin warga Jogja ataupun juga luar kota, gudeg bisa jadi inspirasi kuliner mahar lho. Sekarang sudah banyak yang dalam bentuk kaleng, bisa sedikit tahan lama.

Rasanya enak dan gudeg bisa menjadi ladang bisnis yang menggiurkan. Siapa tahu saja setelah menikah kamu membutuhkan lebih banyak uang lagi untuk masa depan buah hati, bisnis kuliner gudeg tidak ada salahnya. Bagaimana, apakah tertarik?

Sambal Pecel

Sambal pecel, via Instagram/anugerahlimpahcatering
Sambal pecel, via Instagram/anugerahlimpahcatering

Sambal pecel yang merupakan masakan khas Madiun ini juga masuk dalam inspirasi lainnya yang bisa kamu pilih sebagai mahar. Tanggal expired sambal pecel bisa sampai 1 bulan jika pengolahannya dengan cara tradisional, dengan disangrai. Cara pengolahannya juga mudah, bisa jadi pilihan sarapan yang simple dan tidak terlalu banyak usaha. Tinggal seduh saja dengan air hangat lalu dipadukan dengan sayuran rebus, gampang deh.

Selain jadi pasokan makanan, sambal pecel ini juga bisa jadi ide bisnis setelah menikah lho. Kamu bisa menjual sambal pecelnya saja ataupun membuka warung nasi pecel. Terutama buat kamu warga Jawa Timuran dari Madiun, Kediri, Blitar, sambal pecel ini bisa jadi inspirasi bukan?

Ayam Geprek

Ayam geprek, via Instagram/r47natjan
Ayam geprek, via Instagram/r47natjan

Ada juga yang lainnya, kamu bisa memilih ayam geprek sebagai kuliner mahar. Ayam geprek beberapa tahun terakhir memang jadi pilihan makanan yang sangat mudah didapatkan. Dengan inovasi-inovasi baru, kamu akan bisa menciptakan ayam geprek buatanmu sendiri. Olahan ayam ini bahannya juga sangat gampang untuk didapat.

Ide mahar ini bisa ditiru terutama buat kamu yang selama ini gemar mengonsumsi ayam geprek ya. Setelah proses pernikahan kamu bisa menjadikan ayam geprek sebagai ide untuk berbisnis. Bisa jadi ini menjadi salah satu semangatmu dalam mencari rezeki, teringat mahar untuk istri.

Kopi Susu

Kopi Susu, via Instagram/eatandclicks
Kopi Susu, via Instagram/eatandclicks

Yang sedang booming saat ini adalah keberadaan kopi susu. Cendol yang terbuat dari santan dan sebenarnya bukan makanan tahan lama saja bisa jadi mahar, apalagi kopi susu bukan? Ini merupakan ide bisnis yang sekarang ini menjanjikan. Jika belum memiliki tempat untuk berjualan, kamu bis menjajakannya dari rumah dan memanfaatkan ojek online. Apa sih yang nggak bisa jika kamu berusaha?

Itulah ada empat kuliner mahar yang bisa jadi inspirasi untuk menikah nanti. Ya namanya juaga ide ya, diterima syukur tidak juga tidak masalah. Apakah kamu memiliki saran mahar makanan yang lain? Next

ramadan
Green Kubu Cafe Bali

GreenKubu Cafe Bali, Resto Tengah Sawah nan Instagenic

Pecel Gudeg Bu Har

Pecel Gudeg Bu Har, Cita Rasa Khas Arek Suroboyo yang Melegenda