in , ,

Kulineran di Bogor, Empat Tempat Makan Ini Bisa Bikin Lidah Bergoyang

Rekomendasi Kulineran di Bogor, Asyik untuk Habiskan Pekan

Sensasi ngopi di tengah hutan
Sensasi ngopi di tengah hutan (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Tak hanya punya sederet wisata alam indah, Bogor juga dikenal sebagai surganya kuliner. Hampir di tiap sudut kota, Teman Traveler bisa temukan banyak tempat makan unik dan beragam. Nggak heran kalau warga Jakarta sering kulineran di Bogor untuk melepas penat di akhir pekan. 

Baca juga : Kafe Ala Bali di Bandung, Sekali Masuk Serasa Dibawa Ke Pulau Dewata

Saya sendiri termasuk salah satu yang paling senang mengunjungi Kota Hujan. Nggak perlu menginap, dalam sehari saja saya sudah bisa kulineran di Bogor dengan asyik dan puas. Lantas mana saja tempat yang perlu disambangi? Berikut daftarnya.

Villa Aman D’Sini

Nuansa Ubud-nya terasa banget (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Berlokasi di Sentul, Villa Aman D’Sini tawarkan sensasi makan menyenangkan. Pengunjung bisa bersantap sambil melihat pemandangan Gunung Pandar dan Curug Bidadari yang menyejukan mata.

Akomodasi unik ini juga mengusung konsep modern dan vintage, berpadu apik dengan pepohonan rindang di sekitarnya. Suasana ala Bali terasa cukup kental. Kehadiran infinity pool bikin pemandangan di sini makin canatik dan kerap jadi spot foto favorit pengunjung.

Makan sambil nikmati panorama Gunung Pandar (c) Gema Ziqru Gemilang/Travelingyuk

Jika ingin mampir ke sini, Teman Traveler harus siapkan uang Rp50.000 untuk tiket masuk. Tenang saja, lembaran tiket tersebut bisa ditukar dengan minuman atau makanan kok. Kalian bisa pesan sop buntut, lidah goreng, sop iga, nasi goreng, mie goreng, dan masih banyak lagi.

Popolo Coffee Sentul

Ngopi di tengah hutan (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Turun dari Villa Aman D’Sini, Teman Traveler bisa mampir ke Popolo Coffee di Taman Budaya Sentul. Letaknya nggak begitu jauh dari Pasar Ah Poong. Kedai kopi ini hadir dengan konsep rumah kaca, dikelilingi vertical garden di sekitarnya. Tanaman hijau hadir di tiap sudut ruangan, menambah nuansa alam yang memanjakan. Kalian bakal rasakan nikmatnya menyesap kopi ditemani suasana ala hutan belantara. Mantap!

Menu non-coffee based juga ada di sini (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Aneka ragam kopi seperti espresso, latte, piccolo, dan cappuccino bisa Teman Traveler temukan di sini. Selain itu ada minuman lain seperti yoghurt, green tea, serta teh sebagai menjadi alternatif buat kalian yang kurang suka kopi. Bagi yang ingin ngemil, tinggal pesan brownies, tortilla chip, atau pastry sebagai teman santai.

Soto Bogor Pak Salam 

Eksis sejak 1980an (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Dari Sentul kita beranjak ke pecinan Bogor, di Jalan Suryakencana. Saya akan mengajak Teman Traveler menikmati soto paling tersohor di Kota Hujan, Soto Bogor Pak Salam. Saking terkenal enaknya, pembeli biasanya rela antre sebelum warung buka pukul 16.00. Dagangannya pun langsung ludes hanya dua jam berselang. Bisa dibayangkan kan, betapa enaknya soto ini.

Pembeli wajib antre (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk
Bisa pilih jeroan sesuka hati (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Lantas apa sih yang bikin Soto Bogor Pak Salam istimewa? Pertama, pembeli boleh pilih sendiri jeroan yang diinginkan, mulai dari otak, daging sapi, limpa, kikil, usus, babat, hingga paru. Potongan jeroan tersebut lantas disiram kuah santan kuning yang gurih dan segar. Harganya relatif murah, berkisar Rp20.000 untuk satu porsi. 

Klappertaart Huize & Resto

Klappertaart yang pas jadi pencuci mulut (c) Gema Ziqri Gemilang/Travelingyuk

Sebagai pencuci mulut, saya rekomendasikan Teman Traveler untuk mampir ke Klappertaart Huize & Resto di Jalan Pangrango. Klappertaart sendiri merupakan kue khas Manado berbahan dasar kelapa. Resepnya merupakan warisan dari zaman Belanda dan rasanya manis serta sedikit gurih. 

Di sini Teman Traveler bisa temukan klappertaart dengan rasa original, susu, bahkan varian modifikasi seperti pandan, green tea, blueberry, oreo, sampai ketan. Rasanya pas, tak terlalu manis. Begitu juga dengan harganya yang cukup bersahabat dengan kantong. Kalian bisa mencicipi jajanan ini dengan modal mulai dari Rp12.000-an.

Tunggu apa lagi Teman Traveler, segera kulineran di Bogor dan buktikan sendiri kelezatannya. Jangan lupa share pengalaman kalian di platform kontributor Travelingyuk ya. Next

ramadan

Seafood-based Dishes from West Kalimantan

Danau di sekitar Gletser Briksdal

Gagahnya Briksdalsbreen, Cabang Gletser Terbesar Dunia